Pengalaman dan Motivasi Belajar di Masa Pandemi COVID-19 oleh Dewi Ayu Sukmawati Sugiyanto

Pengalaman belajar saya selama pandemi ini ada dampak baik dan dampak buruknya terhadap saya. Dampak positif nya saya merasa lebih aman belajar di rumah pada masa pandemi ini dan saya juga dapat banyak menghabiskan waktu bersama keluarga dan juga saya dapat lebih fokus terhadap belajar dikarenakan jika dirumah saya tidak ada yang menganggu dan tidak ada yang bisa mengajak saya berbicara seperti jika saya belajar di sekolah atau kelas. Namun menurut saya tidak enaknya belajar di rumah ini kadang saya tidak mengerti atas apa yang diajarkan oleh dosen karena jaringan atau memang sayanya yang kurang paham jika hanya diajarkan melalui tugas, kadang kuota internet atau WiFi juga bermasalah yang membuat saya kesulitan untuk mengikuti kelas.

Pembelajaran itu apa sih? Pembelajaran adalah proses belajar yang dibangun untuk mengembangkan kreativitas berpikir peserta didik. Ada dua model pembelajaran saat ini yaitu: pembelajaran daring atau pembelajaran offline yang berarti tidak bertatap muka langsung dengan guru. Ternyata bagi sebagian siswa pembelajaran tidak bertatap muka Masih dirasa sangat sulit, akibatnya banyak yang menyebabkan rasa malas belajar. Mengapa demikian? Penyebab antara lain : aktivitas yang monoton kegiatan yang sama setiap harinya sehingga merasa bosan dan jenuh, kesepian belajar sendiri tidak bersama dengan teman sekelas ada perasaan tidak memiliki teman belajar sehingga lama kelamaan akan munculrasa malas untuk belajar kembali dan minimnya fasilitas belajar di rumah seperti sinyal yang tidak bagus,kuota paket data yang tidak mencakupi dan fasilitas lain yang dibutuhkan dalam pembelajaran tidak dapat dipenuhi dari rumah.

Belajar online seperti ini justru membuat anak menjadi kurang dapat memahami pembelajaran dan juga sulit untuk berkonsentrasi bagi siswa karena tidak ada guru pembelajar yang memantau dan tidak memiliki teman sehingga rasa malas itu mucul. Karena sudah pusing dengan tugas-tugas yang diberikan membuat mereka terkadang menjadi stress dan akhirnya malas dalam mengerjakan tugas-tugasnya sehingga siswa akhirnya lebih menyukai bermain game online, membuka Instagram, Youtube, Tiktok dan media sosial lainnya. sehingga dengan begitu sulitnya berkonsentrasi ketika belajar.


Apa yang terjadi jika rasa malas itu dibiarkan ? Kita akan merasa semangat belajar menurun, semakin jenuh, stress mengikuti pembelajaran dan tugas tidak terselesaikan. Nah berikut ini tips belajar sehat selama belajar dari rumah

1. Tanamkan motivasi yang kuat

Agar semangat belajar tetap terus ada, maka setiap anak harus memiliki motivasi yang kuat dari dirinya, tidak menjadikan aktivitas tersebut menjadi beban. Tanaman pikiran positif bahwasanya jika ingin kembali belajar disekolah, maka saat ini harus bersabar untuk belajar dirumah, tetap semangat agar rantai penyebaran virus COVID-19 dapat terputus dan wabah segera hilang.

2. Kondisikan tempat belajar yang nyaman

Suasana yang nyaman dalam belajar setiap anak bisa saja berbeda, ada yang dapat belajar harus ditempat yang sunyi dan sepi, namun tak sedikit pula beberapa siswa yang suka belajar dengan iringan musik yang lembut. Suasana yang nyaman juga mencakup tentang kerapihan dan kebersihan tempat belajar. Usahakan meja belajar dan lingkungan sekitar selalu bersih, buku buku dan alat tulis tertata rapi. Karena akan sangat membantu menambah semangat dan menjadi kestabilan mood belajar.

3. Membuat jadwal belajar harian

Buatlah jadwal belajar yang sesuai dengan jadwal pembelajaran disekolah. Jangan lupa berikan waktu untuk tubuh beristirahat.

4. Jangan malu bertanya

Siswa diharapkan tidak malu untuk bertanya kepada orang yang dianggapnya mampu memecahkan kesulitan yang dihadapi. Atau berinovasi mencari media media yang dapat digunakan untuk belajar, misalnya mencari referensi tugas di internet dan sebagainya.

5. Tetap menjaga kesehatan selama belajar dari rumah

Dengan menjaga posisi yang benar ketika duduk saat menulis atau membaca, rutin minum air putih agar tidak dehidrasi dan sediakan makanan ringan dan camilan selama belajar.

Di tengah merebaknya virus covid 19 ini menerapkan pembelajaran menggunakan digital secara online seperti ini. ada kelebihan dan ada kekurangannya. Kelebihannya yaitu seperti :


(1)  Dapat diakses dengan mudah, jadi kita sudah bisa mengakses materi yang ingin dipelajari

(2)  Biaya lebih terjangkau, kita ingin menambah ilmu pengetahuan dengan bermodalkan paket internet

(3)  Waktu belajar feksibel, jadi kita bisa melakukan belajar kapan saja disaat kita mau.

Berikut kekurangan dari pembelajaran online yaitu:


(1)  Keterbatasan akses internet

(2)  Kurangnya interaksi dengan pengajar dan teman-teman yang lainnya.

(3)  Kurang pemahaman dalam materi pembelajaran serta minimnya pengawasan dalam belajar online.

Penulis : Dewi Ayu Sukmawati Sugiyanto - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta.


Ingin karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com 
GRATIS,  info lebih lanjut silahkan klik di sini.

0 Response to "Pengalaman dan Motivasi Belajar di Masa Pandemi COVID-19 oleh Dewi Ayu Sukmawati Sugiyanto"

Post a comment