Mesin Pembersih Beras Ketan Menggunakan Sistem Pengadukan Ribbon Screw Karya Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya dalam rangka Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Teknologi (PKM-T) membuat suatu karya mesin pembersih beras ketan (SI MANTAN) kelompok yang beranggotakan Reza Salfani selaku ketua tim, bersama anggotanya Achmat Soleh, Kholud Putri Nurjanah, Munjiddah Fauza, dan Aza Diananda Isna Mufidah.


Reza Salfani menjelaskan bahwa ide pembuatan mesin ini muncul ketika mereka melakukan survei di usaha kecil menengah (UKM) pembuatan brem di Madiun. Proses pencucian beras ketan dalam wadah bak menjadi sorotan utama yang mereka selesaikan, karena proses pencucian beras ketan masih secara konvensional dengan bantuan tenaga manusia dengan cara mengaduk dan menggosok-gosok menggunakan tangan dan membutuhkan waktu pengerjaan yang relatif lama.

Mesin ini menggunakan sistem pengadukan ribbon screw sebagai pengganti pengadukan menggunakan tangan, yang mampu mengaduk secara merata dan bergerak secara kontinyu. Tenaga penggerak dilakukan oleh motor listrik sebagai pengganti tenaga manusia dengan saklar on/off untuk menghidupkan mesin sehingga mudah dioperasikan. Dan pembuatan mesin pembersih beras ketan ini diharapkan dapat mempercepat proses pengerjaan sehingga lebih praktis dibandingkan dengan pencucian secara konvensional.

Pengirim : Achmat Soleh (achmatsoleh16050524017@mhs.unesa.ac.id) - Fakultas Teknik Mesin, Universitas Negeri Surabaya.

Ingin karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com GRATIS,  info lebih lanjut silahkan klik di sini.


0 Response to "Mesin Pembersih Beras Ketan Menggunakan Sistem Pengadukan Ribbon Screw Karya Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya"

Post a Comment