Dampak dan Pengaruh Gadget Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Bayi Sampai Dengan Usia 5 - 6 Tahun

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Anak adalah adalah seorang lelaki atau perempuan yang belum dewasa atau belum mengalami masa pubertas. Menurut psikologi, anak adalah periode perkembangan yang merentang dari masa bayi hingga usia lima atau enam tahun, periode ini biasanya disebut dengan periode prasekolah, kemudian berkembang setara dengan tahun tahun sekolah dasar.


Di zaman yang sangat modern pada saat ini perkembangan teknologi terus berkembang. Karena perkembangan teknologi akan berjalan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin tinggi. Teknologi diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan memberikan nilai yang positif. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Di zaman yang modern ini sering kita jumpai anak-anak yang dibawah umur sudah memakai gadget yang canggih, tidak lagi bermain dengan teman sebaya untuk memainkan permainan tradisonal, anak anak searang lebih memilih berdiam dirumah da bermain gadget.

Seharusnya anak yang dibawah umur tidak diperkenalkan tentang gadget karena itu sangat berdampak buruk yang sangat besar terhadap perkembangan anak, selain itu juga membuat anak kurang bersosialisai dan lebih tertutup, anak-anak juga rentan terhadap radiasi cahaya yang ditimbulkan oleh gadget tersebut, dapat membahayakan kesehatan bagi anak, anak-anak juga akan kecanduan dala bermain gadget tersebut, dan akan membuat anak kurag bersosialisasi dan lebih tertutup, kebiasaan anak juga berpengaruh dalam kemampuan otaknya dalam menangkap pembelajaran, selain itu gadget juga dapat mempengaruhu psikologis perkembangannya karena ia melihat yang tidak seharusnya dilihat pada usianya saat ini.

Karena dampak buruk gadget terhadap anak sangatlah besar, maka peran orang tua didalam ini juga sangatlah besar, maka peran orang tua yaitu, memberi batasan terhadap anak dalam berain gadget, luangkan waktu anda terhadap anak anda dalam bermain dan mengerjakan hal-hal yang positif, agar anak-anak akan lupa terhadap gadget tersebut.

Pengirim : Heramita Risdiana (heramitarisdian@gmail.com)


Ingin karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com 
GRATIS,  info lebih lanjut silahkan klik di sini.

0 Response to "Dampak dan Pengaruh Gadget Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Bayi Sampai Dengan Usia 5 - 6 Tahun"

Post a comment