Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.c Semester II (Genap) Tahun Ajaran 2020/2021

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Sebagaimana informasi yang sudah saya share terkait dengan telah dirilisnya installer aplikasi Dapodik PAUD Dikdasmen Versi 2021 untuk input data pendidikan untuk semester II (genap) tahun ajaran 2020/2021, berikut saya share panduan penggunaan aplikasi Dapodik Versi 2021.c. Diharapkan seluruh Rekan-rekan sebelum melakukan pengerjaan awal di aplikasi Dapodik, silahkan dibaca dan dipahami terlebih dahulu petunjut teknis yang disajikan dalam buku panduan ini.

Berdasarkan pendahuluan dalam buku panduan aplikasi Dapodik Versi 2021.c bahwasannya Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bertugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah. Dalam rangka menyelenggarakan dan mengelola sistem pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu mengembangkan dan melaksanakan sistem informasi pendidikan nasional yang memuat basis data pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, untuk mewujudkan basis data pendidikan yang relasional sehingga mampu menghasilkan data untuk tiap entitas pendidikan, serta menampung dan mengintegrasikan semua data yang dihasilkan dari kegiatan pengumpulan data, perlu merancang data pokok pendidikan.

Data Pokok Pendidikan adalah salah satu sistem pendataan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, guru dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang disebut sebagai entitas data, dan terus menerus diperbaharui secara daring. Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.

Installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.c Semester II (Genap) Tahun Ajaran 2020/2021, klik di sini.

Sistem pendataan Dapodik pada tahun ajaran 2020/2021 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2021.c. Secara sistem, pembaruan versi 2021.c disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di semester genap ini. Aplikasi Dapodik versi 2021.c dikemas dalam bentuk installer.

Pembaruan yang paling menonjol pada versi 2021.c di antaranya penutupan fitur penambahan GTK di SILN, sekolah di bawah naungan Kemenag dan sekolah di wilayah khusus, pelepasan validasi lokal terkait pengecekan inputan NIK untuk peserta didik, penutupan fitur tambah peserta didik baru untuk jenjang PKBM dan SKB, penambahan variabel pernah PAUD, hobi dan cita-cita pada form registrasi peserta didik serta perbaikan-perbaikan lainnya.

Adapun di dalam panduan aplikasi Dapodik Versi 2021.c ini memuat beberapa petunjuk teknis dari tahap persiapan sampai dengan validasi, sebagai berikut:

INSTALASI APLIKASI DAPODIK

A. PERSIAPAN INSTALASI APLIKASI DAPODIK

1) Spesifikasi Komputer

2) Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan

3) Unduh Aplikasi Dapodik

4) Generate Prefill Aplikasi Dapodik

5) Kode Registrasi Aplikasi Dapodik

6) Pengaturan Waktu pada Komputer

7) Program Pengamanan Dinonaktifkan

B. LANGKAH-LANGKAH INSTALASI APLIKASI DAPODIK

1) Instalasi Menggunakan installer

2) Membersihkan Cache setelah Melakukan Instalasi Aplikasi

Tampilan halaman login aplikasi Dapodik Versi 2021.c Semester 2 (Genap) Tahun Ajaran 2020/2021

Tampilan dashboard/beranda aplikasi Dapodik Versi 2021.c Semester 2 (Genap) Tahun Ajaran 2020/2021

PEMBARUAN DAN PERBAIKAN

A. Daftar Pembaruan dan Perbaikan

B. Sarana Dan Prasarana

[Pembaruan] Penambahan tabulasi Kamar Mandi/WC pada menu Sarpras (Ruang)

C. Guru Dan Tenaga Kependidikan

[Perbaikan] Penutupan fitur tambah GTK baru bagi SILN, sekolah dibawah naungan KEMENAG dan wilayah daerah khusus

D. Peserta Didik

[Pembaruan] Penambahan isian variabel apakah pernah PAUD FormaL, apakah pernah PAUD Non Formal, hobi, dan cita-cita pada registrasi peserta didik

[Pembaruan] Penambahan validasi variabel yang wajib diisi (mandatory) pada formulir peserta didik untuk kebutuhan Asesmen Nasional

[Perbaikan] Penutupan fitur tambah peserta didik baru untuk jenjang PKBM dan SKB

E. Rombongan Belajar

[Perbaikan] Perbaikan pada isian tingkat pendidikan bagi sekolah Pratama Widya Pasraman (sekolah dibawah naungan KEMENAG)

[Perbaikan] Perubahan prosedur pemetaan anggota rombel untuk jenjang PKBM dan SKB (mengikuti jenjang formal)

[Perbaikan] Perubahan filter pemilihan ruang pada rombongan belajar daring untuk jenjang PKBM dan SKB

F. Validasi

[Perbaikan] Pelepasan validasi lokal terkait pengecekan inputan NIK untuk peserta didik

Download/unduh selengkapnya Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.c silahkan klik pada tautan yang tersedia di bawah ini:


0 Response to "Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.c Semester II (Genap) Tahun Ajaran 2020/2021"

Post a comment