Nggak Mau Debat Yang Tak Bermanfaat Kalau Hanya Habiskan Waktu Yang Seharusnya Bisa Digunakan Untuk Berbuat

Sahabat Edukasi berbahagia... Ada-ada saja dalam hidup ini, kalau menurut hemat saya namanya debat. Yah mungkin dalam beberapa hal, debat ini penting juga sih, khususnya dalam kontestasi ataupun dalam rangkaian proses kepemimpinan, tapi juga harus memiliki dasar ataupun landasan yang kuat dan akurat tentunya. Namun, secara umum, berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, dalam beberapa kesempatan, terlebih kita tidak dalam rangka ikut lomba atau adu argumentasi untuk sesuatu yang baik sepertinya waktu berharga ini jadi sia-sia deh, terlebih kalau debatnya hanya dalam rangka menunjukkan persepsi pribadi, dan tentu antarpribadi memiliki persepsi yang bisa saja berbeda walaupun diberikan sesuatu hal yang sama untuk dijadikan objeknya.


Namun khusus dalam pergaulan sehari-hari yang mana kita akan bersinggungan dengan berbagai elemen masyarakat yang berbeda-beda, maka alangkah bijaknya jika kita tidak memperdebatkan sesuatu yang jelas-jelas akan sulit disamakan, contohnya tentang pemilihan seorang pemimpin, kecenderungan cara berpikir dalam menyelesaikan sesuatu permasalahan sosial sebaiknya dibicarakan secara bersama bukan dengan adu argumentasi namun bermusyawarah untuk mufakat.

Kesimpulannya, dalam kehidupan sehari-hari, sebaiknya sudut pandang yg berbeda dikesampingkan dan tak perlu diperdebatkan, karena bagaimanapun hasil pandangan itu akan sulit disamakan dan justru akan menimbulkan perpecahan. Yg sama saja yg diuraikan dan dioptimalkan demi kebaikan dan masa depan bersama yang lebih baik... Nikmati proses, nantinya semakin dominan kesamaan akan semakin meminimalisir perbedaan... Salam Edukasi... !

0 Response to "Nggak Mau Debat Yang Tak Bermanfaat Kalau Hanya Habiskan Waktu Yang Seharusnya Bisa Digunakan Untuk Berbuat"

Post a comment