Tips Mencegah / Mengurangi Resiko Sakit Mata Karena Kabut Asap

Sahabat Edukasi yang berbagia...

Saat ini, di lokasi di mana saya berada yakni di wilayah Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, kabut asap masih tebal. 

Gambaran singkatnya, saat kabut asap ini, selain jarak pandang yang terbatas sekitar 100 s.d. 300 meter, sinar matahari pun tak menembus permukaan bumi karena tertutup asap tebal, sehingga antara pagi, siang dan sore pun kecerahannya nyaris sama.

Dan tentu saja tidak hanya di wilayah Provinsi Jambi, di daerah lain seperti provinsi Riau dan juga di wilayah di Kalimantan pun mengalami hal yang sama walaupun tingkat ISPU-nya berbeda.


Oleh karena itu, bagi Rekan-rekan Operator Sekolah, PTK, dan rekan-rekan lain yang masih seringkali kerja lembur hendaknya juga dapat menanajemen waktu serta berupaya semaksimal mungkin dalam menjaga kesehatan baik fisik kita.

Berikut beberapa tips / cara untuk menjaga kesehatan mata dan juga kesehatan fisik kita, agar dampak kabut asap ini tidak membuat tubuh kita sakit... aamiin, selengkapnya sebagai berikut :

1. Pola makan perlu diatur, khususnya perbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran seperti brokoli, wortel, tomat, bayam, dan juga buah-buahan yang baik untuk mata seperti tomat, jeruk, mangga, pepaya, pisang, dan lain-lain.

2.   Jika keluar rumah, jangan lupa gunakan masker yang standar (jangan yang terlalu tipis).

3.   Jangan segan untuk tidur sejenak jika mata sudah mulai terasa perih / pedih karena aktivitas di depan monitor komputer.

4.  Kurangi begadang malam di luar ruangan, karena udara malam yang dicampur dengan pekatnya asap di ruangan terbuka sangat riskan pada kesehatan kita.

5.   Jika mata sudah terasa sangat perih saat terpejam hingga seringkali sulit tidur karena hal tersebut, silahkan dicoba menggunakan obat tetes mata, jika perlu konsultasi ke dokter kepercayaan Anda.

6.   Dalam berkendara di jalan umum, silahkan hidupkan lampu kendaraan Anda. Hal ini untuk menghindari kecelakaan yang diakibatkan karena jarak pandang yang sangat terbatas akibat tertutup asap.

7.   Dan terakhir tetap gunakan kacamata ataupun helm standar untuk berkendara sepeda motor roda 2 dan gunakan sabuk pengaman untuk berkendara pada mobil.

Selain hal tersebut, tentu masih ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan dalam menjaga vitalitas kita walaupun sedang berada di area yang terkena kabut asap. Semoga segera turun hujan, kabut asap semakin menghilang, dan tentunya kesehatan kita juga tetap prima... Aamiin... Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

0 Response to "Tips Mencegah / Mengurangi Resiko Sakit Mata Karena Kabut Asap"

Post a Comment