Cara Ubah / Edit Data Nama dan Tempat Tanggal Lahir Peserta Didik / PTK Aplikasi Dapodikdas 2013-2014 V.2.0.6 Yang Sudah Expired

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Berhubung adanya penguncian pada versi aplikasi Dapodikdas v.2.0.7 terhadap perubahan nama, tempat, dan tanggal lahir dari Peserta Didik maupun PTK yang sudah kita inputkan pada aplikasi Dapodikdas 2013 versi 2.0.6 (bertujuan untuk menjaga konsistensi data-data pada aplikasi Dapodikdas 2014), maka pada v.2.0.6 aplikasi Dapodikdas 2013 ini, data-data terkait hal-hal tersebut harus benar-benar kita pastikan akurasi data-datanya.

Oleh karena itu, apabila kita temukan kesalahan penulisan nama maupun tempat tanggal lahir, maka kita harus membetulkan/memperbaiki data-data yang sekiranya masih belum benar (tidak sesuai dengan dokumen legal) baik dari akta kelahiran, KK, ijazah, ataupun dokumen-dokumen lain yang tersedia tentunya dengan menggunakan aplikasi Dapodikdas v.2.0.6.

Sehubungan dengan itu, berikut saya share solusi edit data PTK atau PD yang sudah terkunci pada versi v.2.0.6 yang telah expired :


1.   Putuskan koneksi internet pada komputer PC / laptop.
2.   Log out dari aplikasi Dapodikdas 2013.
3.   Ubah pengaturan tanggal default pada komputer ke tanggal sebelumnya (misal, sekarang tanggal 31 Maret 2014, ganti ke tanggal 3 Maret, untuk jam tetap).
4.   Login ke aplikasi kembali.
5.   Setelah berhasil edit data offline (tanpa terkoneksi dengan internet) sampai perbaikan data nama maupun tempat tanggal lahir dari PD / PTK selesai dilakukan.


6.   Setelah selesai ubah kembali tanggal yang telah dimundurkan tersebut ke tanggal sekarang (saat ini).
7.   Selesai, dan koneksi internet bisa dilakukan kembali.

Bila masih expired, maka perlu diuninstall aplikasi, install ulang aplikasi v.2.0.6, lalu restore database sebelumnya (bukan dari database aktif yang digunakan untuk aplikasi expired tadi, melainkan dari database yang sudah kita restore sebelumnya), kemudian ulangi dari langkah-langkah di atas.

Dan setelah perbaikan selesai 100 % dengan langkah-langkah di atas, sinkronisasi selanjutnya kita lakukan bukan dengan v.2.0.6 lagi, akan tetapi sync online menggunakan v.2.0.7, karena aplikasi Dapodikdas 2013 akan kembali “expired” (karena tanggal / waktu pada komputer sudah update ke saat ini), tapi khan perbaikan dari data-data yang perlu dibenarkan sudah berhasil dilakukan. Demikian tips singkat ini, semoga bermanfaat, terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

5 Responses to "Cara Ubah / Edit Data Nama dan Tempat Tanggal Lahir Peserta Didik / PTK Aplikasi Dapodikdas 2013-2014 V.2.0.6 Yang Sudah Expired"

  1. bagaimana cara meng update versi 2.07, sementara di aplikasinya tidak muncul versi terbarunya.
    pernah muncul sekali, setelah di instal tetap saja yang muncul versi 206 yang sudah expire, setelah itu saya instal lagi berulang kali, tetapi tida bisa karna di aplikasi tidak muncul lagi link nya. mohon bantuannya ya pak..... tims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngerusak data gak pak...ada yang bilang tar data nya jadi dobel dan tumpang tindih...

      SERAM....Uy..

      Delete
    2. Setelah pacth v.2.0.7 dilakukan, login ke aplikasi, bila muncul expired, langsung saja reload halaman dengan cara tekan "F5" 1 x saja Julianti...

      Delete
    3. Tidak Bu Darma..., hanya saja pada v.2.0.7 ada beberapa bagian data yang terkunci, yakni Nama, Tanggal, dan Tempat lahir dari seluruh PTK dan Peserta Didik. Oleh karena itu, sebaiknya dipastikan data-data tersebut pada v.2.0.6 sudah benar dengan menggunakan tips di atas. Terimakasih...

      Delete
  2. Assalamualaikum wr.wb....mohon tolong bagaimana cara mengedit nama pada dapodik yang sudah terlanjur diinstal patch versi 2.0.7

    ReplyDelete