Cara Mudah Agar 1 Komputer/Laptop Bisa Untuk 2 Sekolah Atau Lebih Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

Sahabat Operator Sekolah yang sedang berbahagia... Alhamdulillah… Sambil beristirahat di tengah-tengah antrian data-data PTK yang harus diinput pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini, saya akan berbagi sedikit tips/cara mudah dan efektif (karena pengalaman pribadi) agar dalam 1 (satu) buah komputer/laptop dapat mengakomodir lebih dari 1, 2, atau bahkan lebih banyak lagi untuk beberapa sekolah yang berbeda tentunya. Sebelum melanjutkan artikel ini, santai sejenak dulu Sob, ayo kita minum kopi dulu… (bagi yang sudah tersedia dan mau) biar mata nich gak terlalu berat berkedipnya… 

Okey….??? Alhamdulillah… setelah minum, mata pun sudah mulai enakan dan berangsur fresh kembali, langsung ambil posisi dan kembali ke materi. Lanjuuuttt….

Pada dasarnya file prefill yang telah diletakkan pada drive “C” sebelum proses instalasi sedikit banyak mempunyai persamaan dengan database (DB) pada aplikasi Dapodik 2012/2013 yang lalu, dan salah satu perbedaannya adalah jelas formatnya berbeda, yang file prefill ==> *.prf, sedangkan yang file DB ==> *.db, dan persamaannya ada pada konten dan isinya : sama-sama berisi database dari sekolah. Sudah tidak perlu diperpanjang lagi, malah semakin jauh dari topik malahan nanti.

Inti sarinya, bahwa dalam 1 komputer/laptop bisa digunakan untuk mengelola lebih dari 1 sekolah, buktinya…??? laptop saya sendiri ini sekarang sedang saya gunakan untuk mengelola 2 sekolah sekaligus yakni untuk 1 SD dan 1 SMP = 2 sekolah, dua-duanya dapat aktif dan progress secara sempurna dalam 1 buah laptop yang sama.

Langsung saja, nggak pake’ mampir, cara menggunakan 1 komputer/laptop untuk 2 atau lebih aplikasi Dapodikdas 2013. Dikarenakan dalam membuat artikel ini saya sangat fokus dan penuh antusias, mohon disimak dengan penuh perhatian ya kawan, agar tidak salah paham, berikut tips/cara beserta langkah-langkahnya :
1.      Pastikan bahwa dalam folder “Prefill_dapodik” pada drive “C” telah terdapat file *.prf (prefill) yang valid dari 2 atau lebih dari masing-masing sekolah yang akan diregistrasikan ke dalam 1 aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pada 1 buah komputer/laptop yang sama pula.


2.      Instalasi aplikasi Dapodikdas 2013 versi 2.0.2 hanya 1 x (sekali) saja.
3.      Siapkan dahulu Username/Email masing-masing yang akan digunakan untuk registrasi dalam aplikasi Dapodikdas 2013 (berbeda-beda pada setiap sekolahnya), Kode Registrasi Dapodikdas 2013 juga berbeda, lebih baik lagi juga passwordnya berbeda (demi keamanan bosss… tapi harus diingat, kalau perlu dicatat dalam kertas lalu dilipat rapi, dan masukkan ke dalam dompet, aman bener khan…???, guyon Sob…biar enjoy kita). Untuk nama OPS sama, jika memang kita sendiri yang menjadi OPS-nya.
4.      Setelah aplikasi Dapodikdas 2013 terinstall dengan sempurna, klik pada ikon aplikasi Dapodikdas 2013, sesaat kemudian akan tampil aplikasi Dapodikdas di browser dengan URL “localhost”, setelah muncul gambar ini registrasikan satu-persatu Dapodikdas seluruh sekolah tersebut hingga berhasil (ingat…! klik Registrasi bukan Login). Kemudian lanjutkan dengan melengkapi isian formulir registrasi OPS lalu klik Simpan.



5.      Coba masuk melalui klik pada aplikasi, setelah berhasil masuk ke aplikasi dan sudah dipastikan bahwa aplikasi Dapodikdas 2013 yang sedang kita buka ini benar-benar data pendidikan sekolah yang kita kelola Dapodikdas-nya. (ingat…! Klik Login bukan Registrasi). 


     Berikut tampilan awal Dapodikdas 2013/2014 dari SD yang saya kelola Dapodikdasnya)


6.      Logout.
7.   Selanjutnya ulangi kembali, klik pada ikon aplikasi Dapodikdas, lalu masukkan kembali melalui Username/Email dan Password sekolah lainnya. (ini tampilan Dapodikdas 2013/2014 SMP yang saya kelola Dapodikdasnya juga).


Demikian cara menggunakan 1 komputer/laptop untuk 2 atau lebih aplikasi Dapodikdas 2013/2014 lebih dalam rangka mewujudkan satu data berkualitas Dapodikdas “Dua Ribu Tiga Belas”.Semoga bermanfaat… Terimakasih.

12 Responses to "Cara Mudah Agar 1 Komputer/Laptop Bisa Untuk 2 Sekolah Atau Lebih Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014"

  1. Mohon pencerahan, Terus Bagaimana dengan Prefill nya apakah harus dua sekolah, apa satu, sedangkan prefill itu kan data dari sekolah, sekali lagi mohon pencerahan terimakasih

    ReplyDelete
  2. @ Yeti Susilawati : Tergantung berapa sekolah yang akan diinput datanya dengan menggunakan 1 aplikasi Dapodikdas 2013 yang berada pada 1 buah komputer/laptop yang sama juga. Pastinya setiap sekolah, prefilled-nya berbeda-beda Bu, setiap prefill dijadikan satu tempat dalam folder "prefill_dapodik" pada drive "C". Ini contoh penempatan prefill untuk 2 sekolah Bu ==> Gambar Penempatan 2 Prefill Dalam 1 Folder “prefill_dapodik” Terimakasih...

    ReplyDelete
  3. Pak, bagaimana kalo pakai laptop 2 buah dan cara menyatukan datanya semua pak. karena perlu 2 orang.

    ReplyDelete
  4. @ Waru II SDN : Untuk mengetahui secara detail bagaimana cara menghubungkan 2 komputer/laptop dalam 1 aplikasi Dapodikdas 2013 yang sama (Multi user)”, silahkan baca selengkapnya di link ini Terimakasih…

    ReplyDelete
  5. sy msh kurang ngerti tentang 2 sekolah yg dikerjakan dlm 1 laptop,apakah kita membuat dua prefiil_dapodik di "C" atau gimana karena dlm satu folder tdk bisa 2 nama yg sama mohon pencerahanx krn sy mengerjakan 2 sekolah semuax SD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok Pak, yang penting prefillnya jadi satu dalam arti ada dalam sebuah folder yang sama pada folder "prefill_dapodik" pada drive C, silahkan kembali dibaca dengan seksama tahap demi tahap pada tutorial saya di atas Pak. Terimakasih...

      Delete
  6. saya operator sekolah yayasan, di data rinci sekolah ada tab yayasan, saya sudah isi data yayasan dan muncul pemberitahuan data yayasan berhasil dibuat, tapi setelah logout data yayasan jadi kosong kembali. padahal kalo validasi harus ada data yayasan, kira2 gimana yah solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dengan patch yang baru nanti, masalah ini bisa teratasi Pak, Amiin... Thanks....

      Delete
  7. bagaimana cara memasukan data backup dapodik dalam 1 aplikasi untuk 2 sekolah atau lebih

    ReplyDelete
  8. maaf kang dadang mau tanya ? saya kan menginput data 2 sekolah sesuai petunjuk di ats tetAPI SETELAH SINKRONISASI DATA SMPNYA MASUK DI SD SEBALIKNYA SD KE SMP!BAGAIMANA MENGATASINYA

    ReplyDelete
  9. Sy kerja 2 sekolah dalam 1 laptop, bagaimana cara mengathui data dari masing2 sekolah itu, soalnya sy mau pindahkan ke laptop yg satunya......tolong solusinya donk..

    ReplyDelete
  10. Salam Pak, Bagaimana cara sinkron untuk masing-masing sekolah, karena pada saat mau sinkron muncul di layar "sinkron semua" padahal cuma satu sekolah dulu yang mau disinkronkan.? mohon petunjuk

    ReplyDelete