Pentingnya Belajar Bahasa Arab di Zaman Modernisasi Saat Ini Oleh Resya Permatasari Prodi dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri Salatiga

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Sebagai seorang muslim tentu kita sudah tidak asing dengan bahasa Arab, karena bahasa Arab merupakan bahasa agama Islam,  juga bahasa dalam Al-Qur’an. Akan tetapi masih banyak orang yang  lalai dan merasa bahwa belajar bahasa arab itu tidaklah penting, apalagi di era modern ini, kebanyakan orang lebih tertarik untuk mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris, Korea, Jepang, dan bahasa asing lainnya.

Bahasa Arab memiliki keutamaan dan keunggulannya tersendiri dalam agama islam, karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas, dan ketika seorang muslim membaca Al-Qur’an dengan bahasa arab yang fasih itu akan menjadi obat yang paling mujarab untuk  menenangkan jiwa pembaca dan juga pendengarnya. Oleh karena itu seorang muslim seharusnya lebih mencintai dan semangat untuk mempelajari bahasa Arab.



Adapun beberapa alasan lain mengapa bahasa Arab penting untuk dipelajari yaitu:

1) Bahasa Arab adalah bahasa yang mulia

Rasulullah   diutus oleh Allah untuk menyampaikan firmannya menggunakan bahasa Arab. Jadi sudah pasti bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang mulia, karena Allah  telah memilih bahasa Arab untuk menyampaikan firman-firmannya.

2) Bahasa Arab membantu dalam memahami Al-Qur’an dan Sunnah Nabi

Karena Al-Qur’an dan Sunnah Nabi menggunakan bahasa Arab, maka kita sebagai orang muslim seharusnya bisa memahami bahasa arab dengan baik agar kita bisa memahami isi kandungan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi.

3) Indahnya kosa kata bahasa Arab

Orang yang menguasai bahasa Arab akan merasakan betapa indahnya susunan-susunan kalimat dalam bahasa Arab.

4) Bahasa Arab mempengaruhi dalam pembinaan akhlak

Seseorang yang memahami bahasa Arab akan memiliki pemahaman agama yang lebih baik, sehingga mampu mengamalkan amalan-amalan baik yang telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Sunnah Nabi.

Setelah uraian di atas tentang betapa pentingnya mempelajari bahasa Arab terutama bagi seorang muslim. Maka kita harus mulai mempelajari bahasa arab dengan sungguh-sungguh agar kita bisa memahami dan mengamalkan apa yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Sunnah Nabi.

Pengirim : Resya Permatasari (resyapermatasari24@gmail.com) - Pangkah Kulon-Ujungpangkah-Gresik - Pendidikan Terakhir : MA Al-fathimiyah Lamongan. Mahasiswa Prodi            Bahasa dan Sastra Arab, Universitas Islam Negeri Salatiga.


Ingin karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com GRATIS,  

info lebih lanjut silahkan klik di sini.


0 Response to "Pentingnya Belajar Bahasa Arab di Zaman Modernisasi Saat Ini Oleh Resya Permatasari Prodi dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri Salatiga"

Post a Comment