Buku Guru Kurikulum Prototipe Materi Pelajaran Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia SMA/SMK Kelas 10

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan jendela bagi siswa untuk belajar banyak hal, bukan hanya memahami dan mempraktikkan kaidah dan keterampilan berbahasa, bahasa adalah sarana mereka belajar hal lain.

Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Indonesia perlu didesain sedemikian rupa agar dapat membantu siswa terampil berbahasa dan bersastra. Pembelajaran bahasa Indonesia juga didesain sedemikian rupa agar siswa dapat lebih tertarik belajar banyak hal sehingga terampil berbahasa dan bersastra Indonesia.

Buku ini dirancang sebagai panduan untuk melaksanakan proses pembelajaran yang efektif, efisien, sekaligus menyenangkan. Tema-tema yang tersaji dalam buku siswa disesuaikan dengan tumbuh kembang dan minat siswa. Setiap bab memuat teks sastra, teks informasi, dan teks visual dengan tokoh dan kegiatan yang menarik. Ilustrasi dan gambar menjadi bagian penting yang bisa dieksplorasi oleh guru sebagai sumber kegiatan pembelajaran.



Bacaan dan aktivitas yang terdapat dalam buku ini meliputi kecakapan menyimak, membaca dan memirsa, berbicara dan mempresentasikan, serta menulis. Harapannya, guru dan siswa sama-sama menikmati proses belajar yang penuh dinamika. Hal yang tak kalah penting, guru memiliki ruang kreativitas seluasnya untuk mengeksplorasi proses pembelajaran karena ide dan kegiatan belajar yang kontekstual akan membantu siswa dalam menguasai setiap kecakapan yang diharapkan.


1.   Lebih lanjut lagi, pembelajaran yang dilaksanakan di kelas dapat mendorong terbentuknya Profil Pelajar Pancasila yang: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia,

2.   berkebinekaan global,

3.   bergotong royong,

4.   mandiri,

5.   bernalar kritis, dan

6.   kreatif.

Bab 1 Mengungkap Fakta Alam secara Objektif

Bab 2 Mengungkapkan Kritik lewat Senyuman

Bab 3 Menyusuri Nilai dalam Cerita Lintas Zaman

Bab 4 Belajar Menjadi Negosiator Ulung

Bab 5 Memetik Keteladanan dari Biografi Pahlawan

Bab 6 Berkarya dan Berekspresi melalui Puisi

0 Response to "Buku Guru Kurikulum Prototipe Materi Pelajaran Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia SMA/SMK Kelas 10"

Post a Comment