Dampak Positif dan Negatif dari Sosial Media oleh Muhammad Adi Reksa, Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional UMM

Salamedukasi.com, Publikasikaryatulis - Pada saat ini media sosial adalah alat yang unggul untuk mencari atau  melakukan segala aktivitas seperti : berdagang, komunikasi, politik, sarana mencari ilmu pengetahuan dan lain sebagainya. Perkembangan teknologi komunikasi seiring dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, terutama sejak kemunculan internet. Kehadiran internet telah membuat perubahan besar dalam kehidupan manusia, dimana dunia berada dalam genggaman kita. Internet jugalah yang mempengaruhi perkembangan media sosial. Melalui media sosial kita dapat memberikan informasi kepada siapapun, kapanpun dan dimanapun tanpa ada batasan ruang dan waktu. Hampir semua kalangan masyarakat mengenal dan menggunakan media sosial, arus informasi di media sosial yang begitu tinggi sehingga tidak dapat dibendung lagi banyak nya orang yang menggunakan internet pada saat ini.

Di zaman sekarang, media sosial sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, dimana media sosial menjadi salah satu wadah komunikasi dan penyebaran informasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Banyaknya jejaring sosial yang tersedia seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Telegram, Instagram, dan lain sebagainya, sangat menguntungkan masyarakat, karena dapat mempercepat penyebaran informasi serta masyarakat dapat berinteraksi dengan mudah tanpa memikirkan jarak dan waktu. Pada masa pandemi saat ini orang yang interaksinya terbatas karena adanya wabah, walaupun tidak dapat berinteraksi dan bersosialiasi secara langsung kita masih bisa berkomunikasi meskipun secara virtual. Artinya, interaksi sosial baik itu antar individu atau kelompok masih dapat dilakukan. Media sosial juga dapat dijadikan sebagai penghibur di tengah kejenuhan masyarakat, salah satunya dengan memanfaatkan adanya Zoom meet, Google meet dan lain sebagainya.



Masyarakat dapat melakukan pekerjaan di rumah dengan melakukan banyak kegiatan, Bekerja dari rumah bukan berarti kita tidak dapat berkreativitas, beragam bentuk media sosial yang ada dapat digunakan untuk berkreativitas serta berekspresi, misalnya dengan menulis artikel atau cerita di blog. Banyaknya  bisnis online yang merupakan salah satu keuntungan dari hadirnya media sosial di tengah-tengah masyarakat, melalui media sosial produsen dapat menyalurkan atau memasarkan hasil karya atau barang dagangannya.

Dengan adanya media sosial banyak orang yang menyalagunakan kehadiran media sosial dengan melakukan penyebaran informasi hoax, terutama di masa pandemic Covid seperti sekarang.  Secara tidak langsung berita hoax atau bohong tersebut dapat meresahkan masyarakat umum, terutama masyarakat awam yang ketika mendapatkan informasi langsung ditelan begitu saja tanpa adanya penelusuran lebih lanjut tentang kebenarannya. Penyebaran berita-berita hoax atau ujaran kebencian melalui media sosial tidak jarang dilakukan oleh perorangan atau kelompok orang yang tidak bertanggung jawab.

Media sosial juga memiliki dampak positif dan negatif bagi para penggunanya. Dampak positif yang di timbulkan yaitu:

·       Sebagai tempat promosi dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan.

·       Ajang memperbanyak teman, Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah.

·       Sebagai media komunikasi, Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalam maupun luar negeri Tempat mencari informasi, Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan media sosial sebagai media penyeberannya.

·       Tempat berbagi, Dengan fitur yanga ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik berupa foto, dokumen, maupun pesan suara

Sedangkan, dampak negatif yang di timbulkan dari media sosial yaitu :

·       Munculnya tindak kejahatan, Banyak juga orang yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan penipuan.

·       Mengganggu hubungan antar pasangan, Media sosial juga dapat memicu kecemburuan antar pasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak wajar dengan orang lain.

·       Menimbulkan sifat candu, Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitar

Melalui peningkatan literasi, masyarakat dapat mengetahui apakah berita atau informasi yang diperoleh itu benar atau hoax. Berita atau informasi hoax biasanya dapat kita lihat melalui sumber informasi yang tidak jelas, informasi yang disebarkan menyudutkan pihak tertentu, memaksa pembaca untuk menyebarkan informasi tersebut, apabila ada gambar atau video maka gamar atau video yang muncul tidak tampak jelas dan tidak ada informasi pasti kapan kejadian itu terjadi.  

Lalu media sosial juga berperan aktif di dalam dunia politik karena politik berlomba menggunakan media sosial untuk memengaruhi opini publik. Di sejumlah negara, para pemain politik memenangi kompetisi dengan menggunakan medsos untuk meraih kemenangan. Medsos terbukti mampu memengaruhi pembentukan pendapat publik yang menentukan sikap politik masyarakat. Media sosial mempunyai karakteristik yang tidak di miliki media konvensional. Selain bisa di sebarkan ke berbagai pihak, Sementara itu, media konvensional memiliki kebebasan pers, harus memperhatikan berbagai keterbatasan seperti penyaringan berita, kode etik dan regulasi, dan tanggung jawab sosial di indonesia dirumuskan sebagai bebas bertanggung jawab. 

Awal 2021 untuk memengaruhi opini publik. Di sejumlah negara, para pemain politik memenangi kompetisi dengan menggunakan medsos untuk meraih kemenangan. Medsos terbukti mampu memengaruhi pembentukan pendapat publik yang menentukan sikap politik masyarakat. Di Myanmar, otoritas militer menutup akses internet untuk meredam gejolak aksi protes atas kudeta terhadap pemerintahan sipil pimpinan Aung San Suu Kyi. Mereka juga memburu para pemilik akun medsos yang menggalang gerakan antikudeta.

Berbagai peristiwa itu menunjukkan dengan gamblang betapa medsos merupakan alat politik yang amat strategis dan efektif untuk memengaruhi maupun membatasi opini publik. Saat ini tak ada satu pun gerakan sosial maupun perubahan momen politik yang tak melibatkan medsos. Konten politik di medsos bisa diviralkan dengan cepat sehingga dapat mengubah persepsi publik dalam tempo singkat. Pun, akun medsos dan akses komunikasi digital bisa diblokir untuk meredam opini yang berseberangan. Pada akhirnya, kendali opini ditentukan oleh siapa yang menguasai narasi di jagat maya.

Di Indonesia sendiri topik tentang politik dan medsos sedang trend, Terlebih setelah Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk lebih aktif dalam memberi masukan dan kritik pada pemerintah. Dengan adanya media sosial di harapkan pengguna dapat lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

Pengirim : Muhammad Adi Reksa (Email : madireksa123@gmail.com, Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang.

Ingin karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com GRATIS,  info lebih lanjut silahkan klik di sini.

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif dari Sosial Media oleh Muhammad Adi Reksa, Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional UMM"

Post a Comment