Panduan Cara Cek, Registrasi, dan Update Data Tapera Bagi ASN Melalui https://sitara.tapera.go.id

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Bagi ASN, perubahan Data Peserta Tapera terkait data kepegawaian dan data individu dapat dilakukan secara mandiri. Peserta ASN wajib menyampaikan perubahan tersebut secara lengkap dan benar kepada Pemberi Kerja. Data yang dapat diubah secara langsung oleh Peserta ASN adalah sebagai berikut:

a. Nomor Ponsel dan Email Peserta;

b. Nomor Rekening Bank milik Peserta ASN;

c. Data Ahli Waris Peserta (Nama, Nomor Ponsel, dan Alamat);

d. Prinsip Pengelolaan Tapera;

e. Info Kepemilikan Rumah; dan

f. Kebutuhan Pembiayaan Rumah

Yang pertama, untuk melakukan status cek kepesertaan di Tapera untuk memastikan Anda termasuk dalam peserta terdaftar, silakan terlebih dahulu cek pada tautan https://sitara.tapera.go.id/check dengan menggunakan NIP dan klik pada tombol Cek.

Setelah Anda telah terdaftar dalam kepesertaan Tapera, selanjutnya, berikut panduan untuk registrasi dan update data peserta Tapera, selengkapnya sebagai berikut:


1.   Silahkan untuk melakukan pendaftaran pada fitur Registrasi Akses Anda melalui tautan https://sitara.tapera.go.id/registrasi


2.   Silahkan masukkan Nama Lengkap, NIK, NIP, dan Tanggal Lahir sesuai dengan data yang ada pada Pemberi Kerja kemudian klik tombol kirim. Pastikan Nama Lengkap sesuai dengan nama yang terdaftar pada Instansi saat ini


3.   Masukkan alamat e-mail yang akan digunakan, kemudian beri tanda centang pada box captcha setelah itu klik tombol kirim. Pastikan untuk mengisi alamat e-mail yang masih aktif


4.   Kode OTP akan dikirim ke e-mail yang telah didaftarkan. Mohon untuk dapat dilihat pada Inbox atau folder spam dengan pengirim ”noreply@support.tapera.go.id”.


5.   Masukkan kode OTP yang dikirim melalui e-mail.


6.   Masukkan kata sandi dan konfirmasi kata sandi kemudian klik tombol kirim. Pastikan untuk mengetik kata sandi dengan benar.


7.   Jika registrasi akses telah berhasil maka tampilan pada layar akan seperti di bawah ini. Klik tombol kembali ke halaman login untuk mengakses Portal.


8.   Masukkan NIK dan Password kemudian klik tombol masuk. Pastikan untuk mengetik password dengan benar.


9.   Setelah masuk , akan muncul Persyaratan Umum Pendaftaran Program Tapera (PUPPT). Silahkan untuk dibaca dan diberi tanda centang pada box yang telah disediakan kemudian klik Setuju.


10. Pada halaman ini , silahkan mengupdate data diri dengan mengisi informasi sesuai kolom yang telah disediakan lalu klik tombol submit. Berikut list data yang perlu diupdate:

a.   Data Individu:

▪ Data alamat

▪ Nomor Ponsel

▪ Nama Ibu Kandung

▪ Status Pernikahan

▪ Nama Pasangan

▪ NIK Pasangan

▪ Jumlah Anak

▪ Tanggal Lahir Anak

▪ Prinsip Pengelolaan Dana

b.   Data Rekening Bank:

▪ Nomor Rekening

▪ Nama Pemilik Rekening

▪ Nama Bank

▪ Cabang Bank

c.   Data Ahli Waris:

▪ Nama

▪ Status

▪ Nomor Ponsel

▪ Alamat

d.   Data Manfaat:

▪ Info Kepemilikan Rumah

▪ Info Kepemilikan Tanah

▪ Minat Pembiayaan Rumah


 

Download/unduh Panduan Portal Kepesertaan BP Tapera (Peserta) dan Kemanfaatan Tapera bagi ASN selengkapnya, silakan klik di sini. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam Edukasi..!


0 Response to "Panduan Cara Cek, Registrasi, dan Update Data Tapera Bagi ASN Melalui https://sitara.tapera.go.id"

Post a Comment