Pentingnya Pendidikan Untuk Menanamkan Karakter Pada Era Milenial Masa Kini

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Pendidikan adalah salah satu bekal penting untuk masa depan. Kembali lagi bahwa pendidikan itu sangat penting bagi kita semua, karena tidak hanya memaberi kita pengetahuan akan tetapi  mengajari kita pada sopan santun dan hal-hal yang benar, pendidikan memupuk kita menjadi  individu dewasa, individu yang mampu merencanakan masa depan dan mengambil keputusan yang tepat dalam hidup. Dunia butuh orang-orang yang berpendidikan agar dapat membangun negeri ini ke arah yang lebih baik, selain itu karakter pun sangat diutamakan, karena pada saat ini orang-orang tidak hanya melihat pada tingginya pedidikan atau pun gelar yang di dapat atau di raih, melainkan juga pada karakter dari pribadi setiap orang. Mendidik bukan perbuatan yang sembarangan karena menyangkut kehidupan dan nasib anak manusia untuk kehidupan selanjutnya, yaitu manusia sebagai makhluk yang  bermoral dan bermartabat dengan hak-hak asasinya. Itulah sebabnya diperlukan pendidikan untuk menanamkan karakter.

Dinamika budaya dan karakter bangsa kita sekarang menjadi pandangan tajam oleh masyarakat. Dapat kita jumpai pemuda-pemudi yang masih dijenjang pendidikan sekolah yang banyak melakukan penyimpangan karakter seperti, melawan orangtua, melawan guru, tauran, berkelahi, bolos sekolah dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena kurangnya pendidikan karakter disekolah, pada saat ini anak-anak muda sebagai tunas-tunas harapan Negara yang nantinya akan menggantikan untuk memimpin Negara ini moralnya sangat memprihatinkan. Oleh karenanya, melalui pendidikan karakter ini diharapkan generasi milenial dapat membentengi dirinya. Sebagai dari tujuan pembangunan  pendidikan salah satunya  adalah untuk meningkatkan iman, takwa, akhlak mulia, agar terbentuknya masing-masing  karakter setiap individu. Generasi milenial adalah generasi yang identik menggunakan media sosial, kita tahu dalam media sosial semua informasi bisa didapat mulai dari yang positif hingga yang negatif  maka dari itu  generasi milenial sangat butuh adanya pendidikan moral atau karakter.  Pendidikan menanamkan karakter pada era milenial masa kini merupakan aspek yang paling penting bagi generasi penerus, seorang individu tidak cukup hanya diberi bekal pembelajaran dalam intelektual tetapi juga harus diberi atau ditanamkan nya nilai, moral dan spritualnya.


Pada saat ini Indonesia sudah masuk dalam era globalisasi, dimana salah satunya ditandai dengan mudahnya  generasi milenial masa kini  mendapatkan informasi dari seluruh peloksok dunia sebagai dari akibat perkembangan tekonologi yang begitu pesat dan canggih. Hal ini membawa pengaruh positif maupun pengaruh negatif bagi generasi milenial saat ini, pengaruh positif globalisasi dapat mengembangkan pola pikir generasi milenial dan mampu menciftakan karya-karya yang inovatif  sedangkan pengaruh negatif globalisasi terhadap generasi milenial adalah menurunnya kualitas moral mereka  merasa dimudahkan dengan teknologi yang maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam berkreatifitas, dimana kadang mereka lupa  bahwa mereka adalah makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan sesamanya.

Oleh sebab itu, dalam menyikapai generasi milenial terhadap pengaruh globalisasi yang saat ini sedang berlangsung, maka sangat penting dalam sekolah-sekolah ditanamkan pendidikan karakter bagi para pelajarnya sehingga dapat bersaing dan tidak terpengaruh oleh dunia luar. Melihat besarnya pengaruh globalisasi terhadap kehidupan manusia terutama untuk bangsa Indonesia pada generasi milenial masa kini, pengarunya baik positif maupun negatif di era sekarang maka perlu adanya daya tangkal dan daya cegah masyarakat yang baik khususnya pada generasi milenial, pendidikan yang diharapkan adalah secara sadar menyiapkan peserta didik dengan kegiatan dan pengajaran yang sesuai dengan tantangan zaman dimasa depan, agar membuat generasi milenial  dapat berkompetensi dan terhindar dari pengaruh negatif globalisasi, dan  perlu mendapatkan pendidikan yang berkarakter.

Pendidikan karakter dapat dilakukan pada pendidikan formal dan informal,pendidikan karakter formal dapat di implementasikan di sekolah pada pendidikan pengembangan diri antara lain melalui kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler di sekolah seperti pengurus OSIS, PMR, Pramuka, olah raga, seni, keagamaan dan lain sebagainya, harus di berikan pemahaman dengan kegiatan ekstrakulikuler ini sangat menyentuh, mudah dipahami dan dilakukan siswa sebagai bagian penyaluran minat dan bakat yang dapat diperkembangkan sebagai perwujudan pendidikan berkarakter seharusnya di jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) harus di berikan pemahaman  dan contoh yang baik dari gurunya, khususnya Guru agama dan guru PPKn, Sedangkan dalam pendidikan non-formal pengetahuan yang dapat diperoleh dari kehidupan sehari-hari dari berbagai pengalaman baik yang dialami atau dipelajari dari orang lain.

Pendidikan karakter di Indonesia memang suda berjalan seperti dibeberapa Negara lainnya, seperti inggris dan amerika, namun bila melihat hasilnya dibandingkan dengan Negara inggris dan amerika, Indonesia masih jauh tertinggal. Hal ini disebabkan karena pendidikan di Indonesia saat ini lebih mengedepankan penguasaan aspek keilmuan kurang memperhatikan atau mengabaikan pendidikan karakter, pengetahuan tentang kaidah moral yang didapatkan dalam pendidikan moral atau etika di sekolah-sekolah saat ini semakain ditinggalkan karena kurang perhatian pemerintah terhadap pendidikan karakter. Jadi jangan heran bila generasi milenial Indonesia banyak yang terjerumus dalam kehidupan bebas. Oleh sebab itu perlu menjadi perhatian pemerintah Indonesia yang lebih terpola dan  terukur pada dunia pendidikan  untuk mensukseskan program pendidikan menanamkan karakter pada generasi milenial. salah satunya dengan cara membantu pembangunan sekolah bertaraf internasional dengan biaya sekolah yang murah dari pemerintah pada daerah-daerah yang memiliki kualitas pendidikan karakter yang dinilai masih kurang dengan dilengkapai  fasilitas penduduk yang lengkap, pemberian tenaga pendidik yang berkualitas dan masih banyak lagi lainnya serta dalam pelaksanaannya dilakukan pengawasan dan melakukan evaluasi secara  berkelanjutan.

Sehingga, bila dilakukan secara konsisten generasi milenial Indonesia dapat bersaing dan dapat berkompetensi dengan Negara-negara yang sudah maju di era globalisasi. Ketika kita pernah mengingat pesan Bung Karno, Presiden pertama RI, Bung Karno yang menyelenggarakan tema besar “ nation and character building” pernah berpesan kepada kita bangsa Indonesia, bahwa tugas berat untuk mengisi kemerdekaan adalah membangun karakter bangsa. Pernyataan Bung karno ini menunjukan pentingnya pendidikan dan pembangunan karakter demi tegak dan kokohnya jati diri bangsa agar mampu bersaing di era globalisasi sekarang ini.

Pengirim : Suntiyah (suntiyahpiyah1510@gmail.com) - Pendidikan Sosiologi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.


Ingin karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com 
GRATIS,  info lebih lanjut silahkan klik di sini.

0 Response to "Pentingnya Pendidikan Untuk Menanamkan Karakter Pada Era Milenial Masa Kini"

Post a comment