Contoh Soal dan Pembahasan Geometri Transformasi oleh Karolus Sanononi Sarumaha

Transformasi geometri adalah proses pemindahan atau pembentukan hasil suatu bayangan dari suatu titik atau pada kurva. Yang dimaksud perpindahan dalam transformasi geometri adalah posisi dari suatu posisi awal (x , y) ke posisi lain (x’ , y’). Jenis transformasi geometri yaitu translasi (pergeseran), dilatasi (perkalian), transformasi bersesuaian matriks, rotasi (perputaran), dan refleksi (pencerminan).


Dalam koordinat kartesius, memindahkan satu titik atau sebuah bangun pada bidang bisa menggunakan transformasi. Artinya, transformasi geometri adalah proses merubah semua titik koordinat menjadi titik koordinat lain padasebuah bidang tertentu. Transformasi tidak berlaku pada titik saja, tetapi bisa juga berlaku pada kumpulan titik berbentuk bidang atau bangun tertentu. Maka dari itu, pemetaan yang dilakukan pada bangun geometri disebut transformasi geometri. Fungsi pada bidang V adalah padanan yang menghubungkan setiap anggota V dengan anggota V yang lain. Suatu transformasi bidang V atau bidang Euclid adalah fungsi bijektif dengan domain bidang V dan kodomain pada bidang V juga. (https://id.wikipedia.org/wiki/Transformasi_geometri)

Download/unduh selengkapnya Soal dan Pembahasan Geometri Transformasi dan Geometri silahkan klik pada tautan di bawah ini:

Pengirim : Karolus Sanononi Sarumaha (sanononi@gmail.com), Lahir di Bawolowalani tahun 1998. Sekarang ini saya sebagai mahasiswa Prodi  Pendidikan Matematika di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nias Selatan. Contoh Soal dan Pembahasan Geometri Transformasi.

Ingin karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com GRATIS,  info lebih lanjut silahkan klik di sini.

0 Response to "Contoh Soal dan Pembahasan Geometri Transformasi oleh Karolus Sanononi Sarumaha"

Post a comment