Cara Verifikasi Berhasil Akun PTK Baru di Aplikasi Dapodik Versi 2021.c Semester 2 (Genap) Tahun Ajaran 2020/2021

Sahabat Operator Dapodik Satuan Pendidikan yang berbahagia di manapun Anda berada… Pada semester 2 (genap) tahun ajaran 2020/2021 untuk memverifikasikan akun PTK yang baru pindah dari satuan pendidikan lainnya masih relatif sama dengan yang sebelumnya, namun dikarenakan banyaknya pertanyaan dari Rekan-rekan operator terkait bagaimana cara menambahkan dan memverifikasikan email yang digunakan untuk akun PTK pada semester 2 tahun ajaran 2020/2021 selengkapnya sebagai berikut:


1.   Operator Sekolah membuka laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun Dapodik masing-masing. Setelah berhasil masuk, silahkan klik pada menu "Akun".


2.   Kemudian klik pada menu “Tambah Akun”.


3.   Sebelum dimasukkan alamat email yang akan digunakan untuk akun PTK, pastikan email yang digunakan sebagai akun PTK adalah email aktif dengan password yang benar dengan cara cek login terlebih dahulu, contoh jika email menggunakan domain @gmail.com silahkan dicoba terlebih dahulu login menggunakan alamat email dan password email di gmail.com. Dikarenakan nantinya kode verifikasi akan dikirim melalui alamat email tersebut. Jika sudah berhasil login ke email, silahkan lakukan langkah selanjutnya yakni pada Jenis Akun pilih PTK, kemudian pilih Nama PTK, isikan email dan password dengan benar (untuk password akun tidak harus sama dengan password yang digunakan untuk login ke email PTK), kemudian klik tombol "Simpan".


Langkah selanjutnya, bagaimana cara memverifikasikan email PTK untuk data PTK yang baru di tahun 2021 ini menggunakan email yang digunakan sebagai Akun PTK melalui laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ yang sudah ditambahkan di laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id yang sudah saya uraikan di atas, sebagai berikut:


a.   Buka pada manajemen data PTK pada laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan email dan password yang didaftarkan akun PTK sebelumnya oleh Operator Sekolah melalui laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id. Jika lupa email maupun password, dapat menghubungi operator sekolah Anda.


b.   Setelah berhasil login pada laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/, silahkan lakukan langkah-langkah untuk verifikasi akun email pendidik dan tenaga kependidikan dengan cara sebagai berikut:


c.   klik pada menu Biodata, klik menu Akun, kemudian klik menu Verifikasi Sekarang (Cek kembali alamat email pastikan sudah benar), lalu klik tombol "Lanjutkan".


d.    Login ke email yang digunakan untuk akun PTK, kemudian cek kotak masuk pada email Anda dan perhatikan ada kode verifikasi sebanyak 4 digit angka yang masuk tersebut untuk verifikasi akun di langkah selanjutnya.

e.   Entri 4 digit angka yang masuk pada email tersebut dengan benar pada kolom tersedia di bagian Kode Verifikasi kemudian klik tombol Simpan.

Selanjutnya, setelah proses verifikasi akun PTK di atas berhasil atau selesai, silahkan sekolah melakukan sinkronisasi melalui aplikasi Dapodik Versi 2021.c agar nantinya status di Dapodik sudah terverifikasi dengan ditanda checklist warna hijau atau dengan status Sudah Terverifikasi. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam Edukasi..!


0 Response to "Cara Verifikasi Berhasil Akun PTK Baru di Aplikasi Dapodik Versi 2021.c Semester 2 (Genap) Tahun Ajaran 2020/2021"

Post a comment