Cara Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Bagi Anak Sejak di Usia Dini Oleh Hardita Amalia, S.Pd.I ,M.Pd.I., Jakarta Utara

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Sebagai ibu dua orang anak yang jarak usianya dekat, yang pertama  kala adiknya lahir usianya 2 tahun 11 bulan. Memang terasa sekali, nano-nano mendidik anak dengan jarak yang dekat. Memang cita-cita saya ingin senantiasa menumbuhkan dan membentuk karakter Islam dan nilai-nilai positif pada anak dalam berbagai hal, tak terkecuali menumbuhkan kecintaan mereka kepada ilmu sejak dini. Maka salah satu cara yang continue saya terapkan setiap hari adalah mengajak dua buah hati saya untuk membaca sejak dini bahkan saya stimulus sejak dalam kandungan.

Saya suka membaca dan saya ajak komunikasi baik kakak maupun adek dalam kandungan. Karna selain melekatkan bonding sejak dalam kandungan. Membaca juga bisa  meningkatkan kecerdasan bayi dan kecerdasan bahasa bagi bayi dalam kandungan lho Mom…

Dan memang impact membaca sejak dini besar sekali Moms yang saya rasakan, dimana saya melihat putri saya yang pertama, selain kemampuan bahasa semakin bertambah, terlebih si kakak ini kritis sekali, alhasil saya pun harus selalu sigap menjawab semua pertanyaannya. Tak hanya si kakak yang saya ajak membaca, namun si adek yang baru berusia 3 bulan pun saya ajak membaca bersama, biasanya dengan saya sertakan gesture sesuai gambar, alhasil membaca menjadi kebiasaan menarik bagi mereka. Termasuk respon adek yang masya Allah kala saya membaca adek merespon dengan banyak mengoceh setiap kata yang saya ucapkan.


Saya memang menerapkan no gagdet pada anak, sebab gagdet membuat candu pada anak, hingga anak lebih asyik depan screen hape daripada beraktifitas lain yang melibatkan aspek kognitif, afektif dan psiomotorik anak , termasuk content hape yang di zaman now , yang sarat dengan tayangan p0rn0grafi dan keker4san misalnya bila anak mengakses aplikasi Youtube.

Sangat penting untuk anak mulai membaca buku sejak usia dini, karena ada banyak sekali manfaat dan keuntungannya. Tidak hanya sebatas kosakata anak menjadi beragam, namun masih banyak lagi yang didapatkan anak dari membaca buku menurut para ahli. Berikut ini diantaranya, meningkatnya prestasi anak. Dimana anak yang gemar membaca, maka lebih memiliki kemampuan dalam meraih prestasi , dia lebih percaya diri, lebIh memiliki responsible atas setiap hal yang dihadapi. Juga anak memliki sifat pembelajar dalam semua bidang karena membaca menstimulasi anak untuk memiliki rasa curiousty yang tinggi.

Membaca juga akan mampu meningkatkan daya berfikir logis pada anak, juga meningkatkan komunikasi anak yang lebih baik sebab terbiasa melihat sebuah cerita berimajinasi, berfikir kreatif dengan membaca buku. Maka betapa sangat besar impact membaca bagi anak sejak dini, hal tersebut yang melatarbelakangi saya membiasakan anak membaca dan menerapkan no gagdet no Tv sehingga anak bisa menikmati periode emasnya dengan banyak aktifitas yang bermanfaat . Yuk Moms mulai sekarang biasakan anak membaca buku :)

Penulis : Hardita Amalia, S.Pd.I ,M.Pd.I

Aktifitas  :

1.   Dosen Tetap Fakultas Pendidikan Islam Kampus PTDII Jakarta Utara

2.   Penulis Buku Anak Muda Keren Akhir Zaman Qibla Gramedia

3.   Aktif Menulis artikel opini di berbagai media online

4.   Redaktur  Media Online Muslimah Media

5.   Founder Komunitas Ibu Pembelajar Indonesia sekaligus aktif memberikan materi parenting secara online   dan offline juga anggotanya kurang lebi 300 orang ibu dari berbagai wilayah di Indonesia .

6.   Pemerhati Pendidikan

7.   Konsultan Parenting

8.   Pembicara Radio,  bedah buku, seminar , talk show parenting dan motivasi di berbagai wilayah di Indonesia .

No Hp/Whatsapp : 087785153655. No Rekening   : 321-000-4286 Bank Muamalat atas nama Muhammad Sunan.

Ingin karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com GRATIS,  info lebih lanjut silahkan klik di sini.

0 Response to "Cara Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Bagi Anak Sejak di Usia Dini Oleh Hardita Amalia, S.Pd.I ,M.Pd.I., Jakarta Utara"

Post a comment