Paling Lambat 20 Januari 2021, Status Verifikasi Rekening BOS Sekolah Harus Sudah Berhasil Verifikasi / Sudah Verifikasi Untuk Penyaluran BOS Tahap I Tahun 2021, Ini Cara Cek dan Perbaikannya

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Dalam rangka persiapan pencairan dana BOS Tahap I Tahun 2021, melalui laman resmi Bantuan Operasional Sekolah pada laman https://bos.kemdikbud.go.id/ telah disampaikan bahwasannya untuk seluruh sekolah telah memastikan bahwasannya status verifikasi rekening sudah aktif dengan status Sudah atau Berhasil Verifikasi.

Untuk melakukan dan memastikan tindak Pengumuman dalam laman https://bos.kemdikbud.go.id/


Untuk melakukan dan memastikan tindaklanjut dari informasi resmi tersebut, berikut panduan langkah-langkah yang dapat dilakukan sekolah, sebagai berikut:


1.   Login pada laman https://bos.kemdikbud.go.id/session kemudian pilih Type Login “Sekolah”.


2.   Kemudian pilih salah satunya, jika klik pada tombol “Login SSO Dapodik” silahkan masukkan email dan password Dapodik dengan benar kemudian klik tombol “Masuk”, namun jika klik pada tombol “Login Alternatif Sekolah”, silahkan masukkan email Dapodik, NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan Kode Registrasi Dapodik, kemudian klik pada tombol “Sign In”.


3.   Setelah berhasil masuk, silahkan klik menu “Dashboard”, maka akan ditampilkan status verifikasi rekening BOS sekolah Anda. Data Sekolah yakni NPSN dan Nama Sekolah, Nama Bank, No. Rekening BOS, Status Rekening, dan Status Verifikasi Rekening.



4.   Pada bagian ini pastikan status verifikasi rekening “Sudah Diverifikasi” sebagaimana gambar di atas. Jika status Berhasil Verifikasi berarti sudah tidak ada kendala dalam penyaluran karena sudah sama dengan verifikasi Bank.


5.   Untuk memastikan bahwasannya memang sudah diverifikasi, silahkan pilih menu “Konfirmasi Rekening”. Jika sudah berstatus “Berhasil Verifikasi”, berarti sudah aman, tinggal menunggu pencairan BOS Tahap I melalui rekening sekolah yang tercantum tersebut.

Berikut beberapa keterangan terkait dengan status verifikasi rekening BOS, di antaranya:


1.   Sudah  Verifikasi atau Berhasil Verifikasi: Sudah tidak ada kendala dalam penyaluran karena sudah sama dengan verifikasi Bank.


2.   Belum Verifikasi: Bank belum melakukan verifikasi, mohon tunggu update verifikasi Bank di BOS Salur.



3.   Gagal Verifikasi: Data rekening yang diinput sekolah berbeda dengan hasil verifikasi Bank. Silakan koordinasi dengan Bank untuk proses verifikasi.

Jika terdapat keterangan gagal verifikasi karena perbedaan data Nomor Rekening dan data lainnya, silahkan pastikan cek terlebih dahulu ke Bank, rekening mana yang aktif, jika yang aktif adalah rekening di bank, silahkan minta untuk cetak rekening korannya, segera perbaiki data dengan klik tombol “Update Manual”, ubah data rekening sesuai dengan rekening aktif sekolah Anda yang tercantum dalam rekening koran rekening sekolah Anda untuk diproses Update Sesuai Dengan Data Bank. Kemudian tunggu hasil verifikasi bank pada beberapa waktu ke depan. Demikian cara cek dan memperbaiki status verifikasi rekening BOS pada laman BOS online pada laman https://bos.kemdikbud.go.id/ di tahun 2021 ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam Edukasi..!

0 Response to "Paling Lambat 20 Januari 2021, Status Verifikasi Rekening BOS Sekolah Harus Sudah Berhasil Verifikasi / Sudah Verifikasi Untuk Penyaluran BOS Tahap I Tahun 2021, Ini Cara Cek dan Perbaikannya"

Post a comment