FOPPSI Berduka, Selamat Jalan Pak Basuki Rakhmad, Ketua Umum FOPPSI Pusat Pertama Masa Bakti 2016 – 2019

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Pada hari Sabtu, 9 Januari 2021 tepatnya pukul 22.36 WIB saya mendapatkan kabar duka dari Ketua FOPPSI Kab. Tebo, Pak Haryoto yang disampaikan melalui Whatsapp bahwasannya Pak Basuki Rakhmad meninggal dunia pada hari tersebut. Rasanya jantung saya pun lambat berdetak seraya mengucap inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un dan memanjatkan do’a allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu. Semoga  husnul khotimah. aamiin

Pengurus Pusat FOPPSI Ke-I Masa Bakti 2016-2019. Ketua Umum, Pak Basuki Rakhmad (Seragam FOPPSI) dan 
Sekretaris Umum, Pak Gunawan (Batik FOPPSI). Sumber : FB Pak Andi Irfandiari Syair.

Entah kenapa dengan adanya kepergian beliau yang selama-lamanya ini, saya benar-benar kehilangan salah satu sosok pemimpin yang saya anggap telah mampu memberikan contoh dan teladan yang nyata dalam memperjuangan aspirasi dari -keluarga besar atau anggota organisasi yang ia pimpin. Bukan hanya sebagai sosok pemimpin istimewa yang dalam kehidupan sehari-harinya cukup sederhana sehingga almarhum pun telah saya anggap seperti seorang kakak yang telah banyak memberikan motivasi dan arahan khususnya dalam membina saya dari awal pengabdian kepada organisasi FOPPSI yakni menjadi Ketua FOPPSI Kabupaten Tebo Masa Bakti 2016-2019 yang lalu. Saya pun tak kuasa membuat artikel yang semestinya saya tulis dan publish pada hari yang sama, tapi tak mampu saya lakukan. Karena ternyata tak semua isi hati dan pikiran dapat saya utarakan dalam suasana berduka yang mendalam ini.

Bagi Rekan-rekan anggota FOPPSI di manapun berada yang mungkin belum sempat bertemu langsung dengan almarhum atau bagi Rekan-rekan yang sudah belum mengenal beliau secara langsung, berikut saya mencoba menguraikan tentang profil almarhum sebagaimana yang saya saksikan, Bapak Basuki Rakhmat berdasarkan pengetahuan saya sejak kenal dengan almarhum, beliau terlahir di Malang, Jawa Timur pada tanggal 22 Juni 1971 dan meninggal di Madiuan, Jawa Timur pada tanggal 9 Januari 2021 sehingga dalam usia hampir 50 tahun ini, beliau telah dipanggil kehadirat Allah SWT. Beliau adalah seorang PTK yang sudah berstatus PNS yang bertugas di salah satu SMP negeri di kabupaten Madiun. Pak Basuki Rakhmad adalah salah satu tokoh yang berperan penting sebagai inisiator dalam proses berdiri dan berkembangnya organisasi FOPPSI yang sudah tersebar hampir di seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia. Secara struktur organisasi FOPPSI, almarhum Pak Basuki Rakhmad adalah sebagai Ketua Umum FOPPSI Pusat Ke-1 Masa Bakti 2016-2019. Sebagai Ketua Umum FOPPSI kala itu, telah banyak usaha dan upaya yang beliau lakukan dalam rangka memperjuangkan dan mewujudkan Visi, Misi, dan Tujuan FOPPSI ke Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia hingga ke DPR-RI bersama-sama dengan Rekan-rekan Pengurus FOPPSI Pusat, oleh karena itu, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. 

Untuk memberikan gambaran secara lebih jelas terkait FOPPSI, berikut uraian Sejarah, Visi, Misi, dan Tujuan Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI), sebagai berikut:

Sejarah Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI)

Sejarah singkat lahirnya FOPPSI di Indonesia yakni pada tanggal 12 Oktober 2015 dalam Musyawarah Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia di Jakarta, telah didirikan satu organisasi Operator Pendataan Pendidikan dengan nama Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia disingkat FOPPSI yang telah dikukuhkan dengan Akta Notaris Iis Anita Puspitasari, SH Nomor 2283 tanggal 29 Desember 2015 dan SK Kemenkumham Nomor : AHU-0033876.AH.1.07.TAHUN 2015.

FOPPSI sebagai tempat terhimpunnya segenap Operator Pendataan Pendidikan semua jenjang satuan pendidikan merupakan organisasi perjuangan, organisasi profesi, dan organisasi ketenagakerjaan yang berdasarkan Pancasila, bersifat unitaristik, independen, dan tidak berpolitik praktis, secara aktif menjaga, memelihara, mempertahankan, dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa yang dijiwai semangat kekeluargaan, kesetiakawanan sosial yang kokoh serta sejahtera lahir batin, dan kesetiakawanan organisasi baik nasional maupun internasional.

FOPPSI beserta seluruh anggotanya secara terus-menerus akan berupaya mewujudkan pengabdiannya melalui pembinaan profesi Operator Pendataan Pendidikan, membina serta mengembangkan keahlian bagi pembangunan Indonesia dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

FOPPSI sebagai organisasi perjuangan mengemban amanat cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, menjamin, menjaga, dan mempertahankan keutuhan dan kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan membudayakan nilai-nilai luhur Pancasila.

Operator Pendataan Pendidikan sebagai salah satu pilar pelaksana pembangunan pendidikan dituntut memiliki integritas dan kemampuan profesional yang tinggi agar mampu melaksanakan darma baktinya dalam mencerdaskan kehidupan. FOPPSI bertujuan dan berupaya membina, mempertahankan, dan meningkatkan harkat dan martabat Operator Pendataan Pendidikan melalui peningkatan kemampuan profesionalnya dan kesejahteraan Operator Pendataan Pendidikan beserta keluarganya.

FOPPSI adalah organisasi yang bersifat :

1.   Unitaristik tanpa memandang perbedaan Ijazah, Tempat Kerja, Kedudukan, Agama, Suku, Golongan, Gender, dan Asal-Usul.

2.   Independen yang berlandaskan pada prinsip kemandirian organisasi dengan mengutamakan kemitrasejajaran dengan berbagai pihak.

3.   Non partai politik, bukan merupakan bagian dari dan tidak berafiliasi kepada partai politik.

FOPPSI memiliki dan melandasi kegiatannya pada semangat demokrasi, kekeluargaan, keterbukaan dan tanggung jawab etika, moral serta hukum.

Arti dan Makna Lambang FOPPSI

FOPPSI memiliki dan melandasi kegiatannya pada semangat demokrasi, kekeluargaan, keterbukaan dan tanggung jawab etika, moral serta hukum. Empat warna pembentuk lingkaran adalah bentuk lingkaran menunjukan makna keterikatan (satu kesatuan) yang erat yang tidak bisa dilepas pisahkan, warna hijau untuk satuan PAUD-DIKMAS, warna merah untuk Sekolah Dasar, warna biru untuk Sekolah Menengah Pertama dan warna abu untuk Sekolah Menengah Atas/Kejuruan.

Selanjutnya arti dan makna logo/lambang FOPPSI di atas terdapat warna warna merah putih pada tulisan FOPPSI yang melambangkan (mewakili) semangat yang tertuang dalam arti bendera kebangsaan. Kemudian pada tulisan “Data Tepat dan Akurat” adalah moto FOPPSI.

Visi, Misi, dan Tujuan FOPPSI

Visi : Terwujudnya Operator Pendataan Pendidikan ( 0PP ) Seluruh Indonesia yang Profesional solid dan sejahtera dalam pelaksanaan administrasi pendidikan berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Misi :

1.   Mewujudkan Cita-cita Proklamasi. FOPPSI bersama komponen bangsa yang lain berjuang, yaitu berusaha secara konsisten mempertahankan dan mengisi kemerdekaan sesuai amanat Undang Undang Dasar 1945.

2.   Mensukseskan Pembangunan Nasional. FOPPSI bersama komponen bangsa melaksanakan pembangunan bangsa khususnya di bidang pendataan.

3.   Memajukan Pendataan Nasional. FOPPSI selalu berusaha untuk terlaksananya Sistem Pendataan Nasional, berusaha selalu memberikan masukan-masukan tentang pendataan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

4.   Meningkatkan Profesionalisme Operator. FOPPSI berusaha dengan sungguh-sungguh agar operator menjadi profesional sehingga pendataan pendidikan di Indonesia akurat dan terpercaya.

5.   Meningkatkan Kesejahteraan Operator. Agar operator dapat profesional maka operator harus mendapatkan imbal jasa yang baik, ada perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas sehingga ada rasa aman, ada pembinaan karir yang jelas. Operator harus sejahtera, Porfesional, dan terlindungi.

FOPPSI bertujuan :

1.   mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Berdasarakan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945

2.   berperan serta aktif mencapai tujuan Nasional dalam mencerdaskan bangsa dan membentuk manusia Indonesia seutuhnya

3.   berperan serta dalam mengembangkan sisten dan pelaksanaan pendataan pendidikan nasional

4.   mempertinggi kesadaran dan sikap Operator Pendataan Pendidikan, meningkatkan mutu dan kemampuan profesi Operator Pendataan Pendidikan, dan

5.   menjaga, memelihara, memperjuangkan, membela serta meningkatkan harkat dan martabat Operator Pendataan Pendidikan melalui peningkatan kesejahteraan, serta solidaritas anggota.

Berikut beberapa dokumentasi dan kegiatan FOPPSI (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia), yang almarhum Pak Basuki Rakhmad ada di dalamnya, di antaranya adalah Rakernas FOPPSI Tahun 2016, Musker dan Muskerprov Tahun 2017, selanjutnya Training of Trainer FOPPSI Regional, dan Muskerkab FOPPSI:

1. Rakernas FOPPSI Tahun 2016

Almarhum Bapak Basuki Rakhmad hadir dalam rapat Koordinasi Nasional Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (Rakornas FOPPSI 2016) dilaksanakan di Yogyakarta, 29 s.d. 30 Oktober 2016 dengan tema "Melalui RAKORNAS FOPPSI 2016, Kita Wujudkan Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia Yang Tumbuh Berkembang dalam Satu Kesatuan Demi Suksesnya Program Data Tepat dan Akurat". Kegiatan Rakornas FOPPSI Tahun 2016 ini dilaksanakan bertempat di Hotel Grage Jogja, Yogyakarta (sumber dokumentasi : FOPPSI Keritang).

Dalam beberapa momen penting dalam perjalanan kontribusi terhadap organisasi FOPPSI dari almarhum, selain dalam Rakornas FOPPSI Tahun 2016 ini, kegiatan selanjutnya di mana saya telah mulai diamanatkan sebagai Ketua FOPPSI Kabupaten Tebo saat itu, otomatis saya harus mengikuti beberapa kegiatan organisasi dan mulai saat itulah saya mulai kenal dan bertemu langsung dengan sosok Ketua Umum FOPPSI almarhum, Bapak Basuki Rakhmad yang hadir dalam beberapa kegiatan organisasi FOPPSI baik pada tingkat regional, provinsi hingga kabupaten/kota dalam uraian selanjutnya di bawah ini.

2. Muskerprov FOPPSI Provinsi Jambi

Dalam kegiatan Musyawarah FOPPSI dan Muskerprov Jambi yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu s/d Minggu pada tanggal 27 s/d 28 Januari 2016 di Jambi yang saat itu juga dihadiri langsung oleh Pak Basuki Rakhmad yang pada sesi pembukaan dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Bapak H. M. Thabri, yang dilanjutkan dengan Sambutan oleh Ketua Umum FOPPSI, Bapak Basuki Rakhmad serta dilanjutkan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi. 

Dalam sambutannya, Bapak Basuki Rakhmad selaku Ketua Umum FOPPSI (Forum Operator Pendatan Pendidikan Seluruh Indonesia) menyampaikan kepada seluruh peserta Musprov (Musyawarah Provinsi sekaligus Muskerprov (Musyawarah Kerja Provinsi) FOPPSI Provinsi Jambi, bahwasannya seluruh OPP (Operator Pendataan Pendidikan) harus memahami akan pentingnya untuk selalu meningkatkan profesionalismenya, meningkatkan solidaritas antara sesama OPP, dan terus meningkatkan kerjasama yang baik dengan seluruh stake holder pendidikan maupun pemerintah daerah di wilayah kerjanya masing-masing. Selain itu, beliau menyampaikan agar Operator Pendataan Pendidikan berkontribusi dalam pembangunan pendidikan dan kebudayaan di daerahnya masing-masing, misalnya dengan mengenalkan dan mempublikasikan potensi wisata maupun potensi daerahnya yang lain melalui media sosial masing-masing.

3. Training Of Trainer (TOT) Dapodik FOPPSI Regional Sumatera

Selanjutnya, setelah kegiatan Musker dan Muskerprov Provinsi Jambi tahun 2016 digelar, sekitar 1,5 tahun kemudian tepatnya pada hari Sabtu s.d. Minggu pada tanggal 19 s.d. 20 Agustus 2017, Bapak Basuki Rakhmad kembali hadir langsung dalam kegiatan Training Of Trainer (TOT) Dapodikdasmen 2018, Dapopaudikmas, Verval PTK & PD serta Aneka Tunjangan dalam lingkup FOPPSI Regional Sumatera yang diikuti oleh Pengurus FOPPSI Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera yang dilaksanakan di Hotel Azza Palembang yang berada Jl. Kapten Anwar Sastro No.1296, Sungai Pangeran, Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. 

4. Muskerkab FOPPSI Kabupaten Tebo

Bukan hanya di dalam kegiatan di pusat, regional, provinsi saja, sampai ke tingkat kabupaten/kota pun beliau selaku Ketua Umum siap hadir dalam kegiatan organisasi FOPPSI yakni di kabupaten Tebo di mana saat itu kebetulan saya selaku Ketua FOPPSI Kabupaten Tebo. Saat itu, Ketua Umum FOPPSI Pusat, Bapak Basuki Rakhmad hadir pada kegiatan organisasi FOPPSI Kabupaten Tebo yakni Muskerkab FOPPSI Kabupaten Tebo Ke-I Tahun 2018 Sekaligus ToT Dapodik, ToT PMP, Pengelolaan Data Aset dan Pelatihan Pemanfaatan TIK yang dilaksanakan mulai pada hari Sabtu s.d. Minggu pada tanggal 28 s.d. 29 Juli 2018 di Gedung Pertemuan Sari Raos dan Melissa Hotel Rimbo Bujang, Tebo, Jambi.

Selain ulasan singkat terkait perjalanan almarhum yang saya pandang dari sisi keorganisasian sudah saya sampaikan tersebut di atas, secara pribadi yang sudah mengenal beliau langsung, alhamdulillah pada tanggal 19 Juni 2018 sebelum kegiatan Muskerkab FOPPSI Kabupaten Tebo digelar yang kebetulan saya pulang ke Jawa saat musim liburan semester II (genap) di tahun ajaran 2017/2018, saya berkesempatan bertemu secara langsung dengan almarhum di rumah tempat tinggal beliau. Saya berkunjung ke tempat kediaman Pak Basuki Rakhmad di Madiun, Jawa Timur yang saat itu sempat bertemu dengan Ibu (isteri almarhum) juga saat itu dan sempat ngobrol singkat dengan ibu tentu isinya sedikit guyonan untuk bahas almarhum yang tentu saja sering meninggalkan rumah bukan hanya ke luar kota tapi ke luar provinsi bahkan antarpulau, dan ibu sangat mengerti akan hal ini. Dari pandangan saya saat itu, beliau adalah pemimpin dari sebuah keluarga yang harmonis dan bahagia dalam rumah yang berada di area padat penduduk namun nyaman saya rasakan saat itu dan alhamdulillah pada momen spesial dan khusus ini, kami sempat berfoto bersama dalam satu frame dengan almarhum saat itu yang dijepret oleh adhik saya yang menemani saya ke rumah pribadi dari Ketua Umum FOPPSI Pusat kala itu.

Akhir kalimat, Almarhum Bapak Basuki Rakhmad orang baik selama saya kenal dengan beliau kurang lebih 3 tahunan ini baik dari pandangan pribadi maupun sebagai pengurus organisasi. Selamat jalan Bapak Basuki Rakhmad, semoga Allah SWT mengampuni segala dosa dan menerima segala amal ibadah Bapak serta menempatkan Bapak di surga-Nya yang abadi. aamiin

Selain itu, kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan ketabahan atas meninggalnya kepala keluarga yang sangat dicintai dan dibanggakan ini, bukan hanya oleh keluarga tapi oleh kita semua merasa sangat kehilangan, seluruh anggota FOPPSI se-Indonesia. Aamiin… Salam FOPPSI - Data Tepat dan Akurat..!

0 Response to "FOPPSI Berduka, Selamat Jalan Pak Basuki Rakhmad, Ketua Umum FOPPSI Pusat Pertama Masa Bakti 2016 – 2019 "

Post a comment