Cara Mengetahui Data Penerima dan Nama Bank Penyalur PIP Tahun 2018, Tahun 2019, dan Tahun 2020 di https://pip.kemdikbud.go.id

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Di semester II (genap) tahun ajaran 2020/2021, setiap peserta didik pemegang KIP (Kartu Indonesia Pintar) yang sudah tercatat aktif dan valid di Dapodik dapat mengetahui langsung status penerimaan dana PIP (Program Indonesia Pintar) melalui laman https://pip.kemdikbud.go.id/.

Adapun tujuan dari Program Indonesia Pintar (PIP) yakni PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal SD sampai SMA/SMK dan jalur non formal Paket A sampai Paket C dan Pendidikan Khusus. melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Kriteria Peserta Didik Prioritas Sasaran Penerima PIP (Program Indonesia Pintar), yaitu:


1.   Peserta Didik pemegang KIP

2.   Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:

3.   Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan

4.   Peserta Didik dari keluarga pemegang KartuKeluarga Sejahtera

5.   Peserta Didik yang berstatus yatimpiatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan

6.   Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam

7.   Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah

8.   Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah

9.   Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya

Berikut cara mudah cek status penerima dana PIP (Program Indonesia Pintar) di tahun 2021 untuk mengetahui progres pencairan dan bank penyalur dana PIP dari masing-masing individu peserta didik, sebagai berikut:


1.   Kunjungi tautan https://pip.kemdikbud.go.id/home/cek_nisn


2.   Masukkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang aktif dan valid sebanyak 10 digit angka, kemudian masukkan Tahun/Bulan/Tanggal Lahir dengan benar, dan nama ibu kandung. Untuk ketiga elemen data ini harus sama dengan yang sudah dimasukkan oleh sekolah melalui aplikasi Dapodik satuan pendidikan masing-masing. Selanjutnya, klik tombol “Cari”.

3.   Setelah itu akan ditampilkan status penerima PIP dari peserta didik bersangkutan yang ditampilkan juga nama bank penyalur dana PIP dari peserta didik tersebut. Terdapat beberapa keterangan di antaranya dikembalikan ke Negara dikarenakan tidak dicairkan di tahun 2018. Ditampilkan data tahun penyaluran PIP, yakni status pada nama Bank Penyalur Dikembalikan ke Negara untuk PIP yang tidak dicairkan pada tahun 2018, rincian data PIP tahun 2019 dan rincian data PIP tahun penyaluran 2020.


Demikian panduan cara mudah cek data penerima PIP pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam Edukasi..!

0 Response to "Cara Mengetahui Data Penerima dan Nama Bank Penyalur PIP Tahun 2018, Tahun 2019, dan Tahun 2020 di https://pip.kemdikbud.go.id"

Post a comment