Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada Pembelajaran

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Asesmen Nasional merupakan upaya untuk memotret secara komprehensif mutu proses dan hasil belajar satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh Indonesia. Informasi yang diperoleh dari asesmen nasional diharapkan digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar murid.

Salah satu komponen hasil belajar murid yang diukur pada asesmen nasional adalah literasi membaca serta literasi matematika (numerasi). Asesmen ini disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) karena mengukur kompetensi mendasar atau minimum yang diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat.

Berbeda dengan asesmen berbasis mata pelajaran yang memotret hasil belajar murid pada mata pelajaran tertentu, AKM memotret kompetensi mendasar yang diperlukan untuk sukses pada berbagai mata pelajaran.

Buku saku ini disusun untuk memberikan informasi dan wawasan mengenai soal-soal AKM serta implikasinya dalam pembelajaran lintas mata pelajaran. Penjelasan mengenai tingkat kompetensi dari hasil AKM juga diharapkan memantik beragam strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan murid: “teaching at theright level”. Kami berharap buku saku ini menjadi inspirasi untuk terbentuknya kultur belajar yang memposisikan murid sebagai fokus utama, menggeser paradigma dari mengajarkan materi menjadi menumbuhkan kompetensi secara konstruktif dan adaptif. (Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Asrijanty, Ph.D)

Daftar isi dari Buku Saku AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran ini terdiri atas:

Daftar Isi

Pengantar

1. Tentang AKM Tujuan AKM

2. Komponen Instrumen AKM

2.1. Contoh Soal Literasi Membaca

2.2. Contoh Soal Numerasi

3. Bagaimana Hasil AKM Dilaporkan

4. Pemanfaatan Hasil AKM untuk Menguasai Konten: Implikasi Pembelajaran Lintas Mata Pelajaran

4.1. Contoh Strategi Penguasaan Konten di Mata Pelajaran IPS

4.2. Contoh Strategi Penguasaan Konten di Mata Pelajaran Fisika

5. Pemanfaatan Hasil AKM untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Membaca dan Numerasi: Implikasi Pembelajaran Lintas Mata Pelajaran

5.1. Contoh Strategi Meningkatkan Kompetensi Literasi

Membaca di Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya

5.2. Contoh Strategi Meningkatkan Kompetensi Numerasi di Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

6. Penutup

Download/unduh selengkapnya Buku Saku Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada Pembelajaran silahkan klik di sini. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam Edukasi..!

0 Response to "Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada Pembelajaran"

Post a comment