Suplemen Belajar Dari Rumah Bersama Orangtua SMP

Belajar Belajar Dari Rumah (BDR) Bersama Orangtua SMP - Kegiatan belajar dari rumah merupakan bentuk pelaksanaan kegiatan belajar untuk siswa selama kebijakan pandemi covid-19. Hal ini diputuskan karena kebijakan sosial dan physical distancing serta tidak memungkinkan adanya pembelajaran di sekolah dan berkumpulnya siswa.

Kegiatan belajar di rumah tetap melaksanakan proses pembelajaran melalui arahan dari guru merupakan bentuk dari pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan metode pembelajaran mandiri yang sistematis meliputi interaksi dengan siswa, penyajian materi pembelajaran, dan monitoring pembelajaran dilakukan oleh guru yang berada pada waktu dan tempat yang berbeda.

Kegiatan belajar di rumah, dibutuhkan pendampingan dari orangtua/wali pada saat anak melakukan aktivitas.


Hal-hal yang harus dilakukan oleh orangtua/keluarga peserta didik dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh diantaranya menyepakati cara berkomunikasi dengan pihak sekolah yang mana kegiatan belajar mengajar yang lazimnya dilakukan di sekolah untuk sementara waktu tidak dapat dilaksanakan secara penuh waktu. Hal ini menyebabkan sebagian besar kegiatan belajar siswa lebih banyak dilakukan di rumah. Pengawasan orangtua untuk memastikan keberhasilan anak di rumah menjadi lebih penting perananya. Dalam hal ini perlu dibuat jalur komunikasi yang efektif antar guru sebagai pihak yang menyediakan instrumen pembelajaran dan orangtua sebagai partner yang memfasilitasi anak untuk dapat belajar mandiri di rumah.

Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pihak sekolah untuk melakukan jalur komukasi yang jelas:

a.   Orangtua dapat menghubungi kontak Sekolah dan menyediakan informasi kontak yang dapat dihubungi oleh orangtua siswa.
b.   Guru dan orangtua mengadakan pertemuan secara rutin misalnya satu minggu sekali, dua minggu sekali, atau satu bulan sekali untuk menginformasikan kegiatan belajar di rumah yang akan dilaksanakan oleh siswa di rumah dalam periode tersebut.
c.   Di dalam pertemuan ini guru akan menjelaskan mengenai kegiatan pembelajaran dan daftar output kegiatan setiap minggunya untuk memudahkan orangtua melakukan supervisi perencanaan kegiatan anak di rumah dan proses pembelajaran anak.
d.   Guru dan orangtua membuat grup whatsapp atau facebook untuk media mendistribusikan informasi atau medium komunikasi orangtua dan guru terkait pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Guru dan orangtua dapat menyepakati batasan waktu komunikasi penggunaan.
e.   Guru menginformasikan office hours (jam kerja) di sekolah, untuk mengakomodasi orangtua yang ingin berdiskusi secara langsung terkait kesulitan yang dihadapi dalam kegiatan PJJ di rumah.

Download/unduh Panduan Belajar Dari Rumah Bersama Orangtua SMP pada tautan di bawah ini:

0 Response to "Suplemen Belajar Dari Rumah Bersama Orangtua SMP"

Post a comment