Panduan Belajar Dari Rumah (BDR) Untuk Guru SD Kelas 1 – 6 Bersama Orang Tua di Rumah

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Sebagai referensi guru SD mulai dari kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 5, dan kelas 6, berikut Panduan Belajar Dari Rumah Untuk Guru SD Dalam Mendampingi Kegiatan Belajar Peserta Didik Kelas 1 - 6 Bersama Orang Tua di Rumah. Panduan BDR untuk guru SD kelas 1 sampai dengan kelas 6 dapat digunakan sebagai acuan agar pelaksanaan PJJ dapat terlaksana dengan baik di awal tahun pelajaran 2020/2021 ini.

Belajar dari Rumah Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020  

1.   Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan  seluruh capaian kurikulum kenaikan kelas maupun kelulusan.
2.   Memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid 19.
3.   Memberikan variasi aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah antarsiswa, sesuai minatdan kondisi masing masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dari rumah.
4.   Memberikan umpan balik terhadap bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah yang bersifat kualitatif dan berguna bagi guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kualitatif.

Download/unduh selengkapnya Panduan Belajar Dari Rumah (BDR) Untuk Guru SD Dalam Mendampingi Kegiatan Belajar Peserta Didik Kelas 1 - 6 Bersama Orang Tua di Rumah, selengkapnya pada tautan di bawah ini:


Suplemen Belajar Dari Rumah (BDR) Bersama Orangtua Untuk SD

Panduan Belajar Dari Rumah Bersama Orangtua Untuk Sekolah Dasar - Learning from home atau secara konseptual adalah pembelajaran dari rumah termasuk baru untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) sehingga berimplikasi pada proses pelaksanaannya. Perubahan ini dirasakan oleh guru/pamong belajar/tutor Paket A, peserta didik, orangtua, sehinggadibutuhkan strategi untuk efektivitas komunikasi dalam pengelolaan pembelajaran.

Interaksi orangtua/keluarga dalam proses kegiatan belajar peserta didik membutuhkan strategi yang dapat menyesuaikan karakteristik peserta didik, orangtua/keluarga, yang memenuhi kriteria Belajar dari rumah.

Makna Pendampingan orangtua terhadap anak belajar di rumah

Pendampingan dilakukan agar anak dapat melakukan aktivitas secara optimal, memperoleh pengawasan dari orangtua/orang dewasa di sekitarnya, dan mendapatkan motivasi untuk belajar dengan efektif.

Kurikulum yang terpenting dari anak-anak kita dalam masa Pandemi Covid-19 adalah TELADAN semua orang dewasa yang ada disekitar mereka. Berilah teladan terbaik karena itulah kurikulum yang berbekas dan berdampak disepanjang hidup anak-anak kita! (Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan)

Prinsip Pembelajaran Dari Rumah adalah sebagai berikut:

1. Tidak Membahayakan

Sebagaimana orangtua di seluruh dunia mencoba untuk mengurangi kemungkinan kerugian dalam belajar karena gangguan sekolah, keselamatan, dan kesejahteraan peserta didik (students well-being) harus menjadi hal terpenting untuk dipikirkan. Upaya penyampaian kurikulum secara jarak jauh tidak menciptakan lebih banyak stress dan kecemasan bagi peserta didik dan keluarganya.

2. Realistis

Orangtua hendaknya memiliki ekspektasi yang realistis mengenai apa yang dapat dicapai dengan Belajar dari rumah, dan menggunakan penilaian profesional untuk menilai konsekuensi dari rencana pembelajaran tersebut.

Peran Orangtua Saat Belajar dari Rumah salah satunya adalah berkomunikasi dengan pihak sekolah, sebagai berikut:

a.   Memperoleh informasi tentang program dan tata tertib sekolah pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
b.   Memperoleh nomor-nomor penting yang dapat dihubungi (termasuk nomor sesama orangtua untuk membuat group, misalkan menggunakan WhatsApp, dll.)
c.   Sesama orangtua dapat membuat kesepakatan cara berkomunikasi yang akan digunakan dan menetapkan ketua
d.   Menyepakati langkah-langkah kegiatan Belajar dari Rumah (BDR) untuk pendampingan kepada putra/putrinya
e.   Mendapatkan informasi dari guru/pamong belajar/tutor Paket A putra/putrinya tentang materi atau tugas setiap harinya melalui alat komunikasi yang telah disepakati bersama.
f.    Apabila masih belum memahami tugas /pembelajaran yang harus dikerjakan putra/ putrinya, dapat meminta waktu untuk bertemu langsung dengan guru/pamong belajar/tutor Paket A kelas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan
g.   Membangun komunikasi intensif dengan guru kelas, peserta didik, dan sesame orangtua.

Download/unduh selengkapnya Panduan Belajar Dari Rumah Bersama Orangtua Untuk SD pada tautan di bawah ini:


0 Response to "Panduan Belajar Dari Rumah (BDR) Untuk Guru SD Kelas 1 – 6 Bersama Orang Tua di Rumah"

Post a comment