Panduan De-Mikroskop SMP/MTs dan SMA/MA Untuk Laboratorium IPA, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, dan Laboratorium Biologi Tahun 2020

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Di awal tahun pelajaran 2020/2021, Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) Pusat telah merilis sebuah aplikasi berbasis web yakni Aplikasi Sistem Informasi Laboratorium IPA De-MIKROSKOP.

Untuk saat ini aplikasi hanya diperuntukkan bagi SMP/MTs dan SMA/MA di seluruh Indonesia. De-MIKROSKOP merupakan suatu portal data laboratorium IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) sekolah. Portal ini memuat Profil Laboratorium IPA, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Biologi di semua jenjang pendidikan, termasuk di dalamnya berisi Profil Kepala Laboratorium, Tenaga Laboran dan Teknisi Laboratorium, berikut sarana dan prasarana yang dimiliki. De-MIKROSKOP dikelola oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) Bandung, Jawa Barat.


Pengguna De-MIKROSKOP adalah semua stakeholder pendidikan, mulai dari pemangku kepentingan di tingkat pusat maupun di tingkat daerah, serta sekolah dan badan usaha di sektor pendidikan.

Pengguna dapat memahami alasan De-MIKROSKOP dengan membaca referensi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Laboratorium Sekolah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 26 tahun 2008 tentang Standardisasi Tenaga  Laboratorium Sekolah.
Halaman awal Aplikasi De-MIKROSKOP

Pengguna De-MIKROSKOP terbatas dan hanya dibatasi oleh lokasi dan hierarki penggunaan berdasarkan kepemilikan akun. Jadi berdasarkan hierarki dan kepemilikan akun tersebut pengguna dibatasi oleh fitur-fitur tertentu dari De-MIKROSKOP.
Halaman Registrasi dan Login De-Mikroskop

- Tombol Registrasi : Registrasi untuk pertama kali, pengguna akan mendapatkan akun untuk login.
- Tombol Login : Isikan Username dan Password yang sudah didapat, dan tekan tombol Login.
-   Tombol Klaim : Apabila terjadi penyalahgunaan oleh pihak lain, gunakan tombol ini.
-   Tombol Lupa Password : Digunakan apabila terjadi penyalahgunaan akun oleh pihak lain.


Tampilan halaman navigasi Aplikasi De-MIKROSKOP

Selanjutnya, untuk Kepemilikan Akun dan Hierarki diberikan dan dimiliki oleh UPT (PPPPTK IPA) sebagai pengelola De-MIKROSKOP. Akun ini memiliki kewenangan untuk mereset akun Dinas Pendidikan dan akun sekolah, merekapitulasi data laboratorium yang masuk kedalam De-MIKROSKOP.

1. Akun Dinas

Diberikan oleh UPT (PPPPTK IPA) dan dimiliki oleh Dinas Pendidikan di daerah. Akun ini memiliki kewenangan merekapitulasi data laboratorium sekolah di wilayahnya.

2. Akun Laboratorium Sekolah

Diberikan oleh UPT (PPPPTK IPA) dan dimiliki oleh sekolah (Kepala Laboratorium Sekolah). Akun ini memiliki kewenangan untuk mendata sarana dan prasarana laboratorium di sekolahnya, membuat dan mereset akun dibawahnya (Akun Laboran).

3. Akun Laboran

Diberikan oleh pemegang Akun Laboratorium Sekolah (Kepala Laboratorium Sekolah). Akun ini dimiliki oleh tenaga laboran/teknisi laboratorium sesuai dengan kewenangan dan tugasnya sebagai laboran/teknisi laboratorium di sekolahnya.

Download/unduh selengkapnya Panduan De-Mikroskop PPPPTK IPA Untuk Laboratorium IPA, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Biologi Semua Jenjang Pendidikan Tahun 2020 silahkan klik pada tautan di bawah ini:

Download/unduh Panduan Aplikasi De-MIKROSKOP SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2020 yang selengkapnya dapat diunduh pada tautan berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi..!

0 Response to "Panduan De-Mikroskop SMP/MTs dan SMA/MA Untuk Laboratorium IPA, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, dan Laboratorium Biologi Tahun 2020"

Post a comment