Cara Registrasi Akun De-MIKROSKOP Laboratorium SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2020

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Di awal tahun pelajaran 2020/2021, Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) Pusat telah merilis sebuah aplikasi berbasis web yakni Aplikasi Sistem Informasi Laboratorium IPA De-MIKROSKOP.

Untuk saat ini aplikasi hanya diperuntukkan bagi SMP/MTs dan SMA/MA di seluruh Indonesia. De-MIKROSKOP merupakan suatu portal data laboratorium IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) sekolah. Portal ini memuat Profil Laboratorium IPA, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Biologi di semua jenjang pendidikan, termasuk di dalamnya berisi Profil Kepala Laboratorium, Tenaga Laboran dan Teknisi Laboratorium, berikut sarana dan prasarana yang dimiliki. De-MIKROSKOP dikelola oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) Bandung, Jawa Barat.


Bagaimana menggunakan aplikasi De-MIKROSKOP Dalam kondisi yang sudah ditentukan sebelumnya, aplikasi De-MIKROSKOP dimanfaatkan sebagai portal data laboratorium sekolah, dan ini yang membedakannya dengan portal data yang sudah ada sebelumnya. Basis data (database) di dalam De-MIKROSKOP digunakan oleh para pemangku kebijakan untuk menyelenggarakan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagaimana yang sejauh ini dapat disediakan oleh De-MIKROSKOP.

Keluhan dan pengaduan terhadap penyalahgunaan aplikasi De-MIKROSKOP oleh pihak yang tidak memiliki kepentingan dapat dilakukan lewat saluran komunikasi yang disediakan oleh PPPPTK IPA melalui saluran media sosial maupun yang lainnya.

Pengguna juga dapat mencoba layanan keluhan dan pengaduan yang disematkan pada fitur Help Desk di aplikasi De-MIKROSKOP.

Berikut langkah-langkah Pendaftaran/Registrasi De-Mikroskop untuk Sekolah


1.   Silahkan kunjungi laman akses alamat: https://p4tkipa.kemdikbud.go.id/demikroskopMemulai Registrasi dan Login pada tautan http://103.10.61.186/DeMikroskop/register. Data-data yang disiapkan : NPSN Sekolah (Wajib), NUPTK/No. UKG/NIK Kepala Sekolah (Wajib), NUPTK/No. UKG/NIK Kepala Laboratorium Sekolah (Wajib), Email aktif (Wajib).Registrasi terlebih dahulu sebelum login untuk pertama kalinya.


2.   Akun Pengguna Adalah Unik. Klik tombol SIMPAN, dan Selamat! Akun Pengguna sudah didapatkan. Perlakukan Akun Pengguna (username dan password) sesuai dengan tugas dan fungsi yang menjadi kewenangannya.


3.   Apa yang Tampak di Tab Tenaga Laboratorium. Pengguna dapat melihat Profil Sekolah sekaligus mengetahui siapa Kepala Laboratorium yang sudah teregistrasi ke dalam De-MIKROSKOP. Sesuai dengan kewenangan Akun Pengguna yang sudah dimiliki, silakan tambahkan sumber daya manusia (SDM) laboratorium lainnya dengan memanfaatkan fitur tombol Tambah Teknisi Laboratorium.


4.   Jaminan akurasi data di Tab Kualitas Laboratorium. Jawablah semua pertanyaan sesuai kondisi laboratorium sekolah yang ada. Data akurat akan menjamin kebijakan yang tepat, sebaliknya akurasi data lemah identik dengan ‘’data sampah’’.


5.   Upload foto, biarkan Foto yang Berbicara di Tab Foto Laboratorium. Berikan sudut pandang (angle) foto laboratorium sesuai dengan kategori yang diminta (Note: Size Picture maksimal 2 Mb).


Demikian Panduan/Cara Daftar/Registrasi Akun De-MIKROSKOP SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2020 yang selengkapnya dapat diunduh pada tautan berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi..!

0 Response to "Cara Registrasi Akun De-MIKROSKOP Laboratorium SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2020"

Post a comment