Buku PPKn Edisi Revisi 2018 Untuk Guru Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Di awal tahun pelajaran tahun pelajaran 2020/2021 ini, saya akan share links download / unduh gratis Buku Kurikulum 2013 mata pelajaran PPKn / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Guru SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII Edisi Revisi 2018.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) adalah mata pelajaran yang dirancang untuk membekali siswa dengan keimanan dan akhlak mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia yaitu Pancasila.

Melalui pembelajaran PPKn, siswa dipersiapkan untuk dapat berperan sebagaiwarga negara yang efek􀆟 f dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, dalam mata pelajaran ini membahas secara utuh materi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Materi-materi tersebut, diharapkandapat diterjemahkan oleh siswa di dalam tata cara kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat dengan tidak mengesampingkan nilai-nilaiuniversal kemanusiaan dalam implementasinya.

Sebagai bagian dari Kurikulum 2013, kompetensi yang dibentuk melalui pembelajaran PPKn untuk Pendidikan Menengah Kelas XII haruslah mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga kompetensi tersebut, diajarkan untuk membuat siswa terampil dalam menerapkan hasil pembelajaran PPKn dalam kehidupan nyata. Hal tersebut diharapkan dapat membentuk siswa menjadi seorang warga negara yang taat dan meyakini falsafah hidup bangsa Indonesia dalam kesehariannya. Dengan demikian, kompetensi lulusan pendidikan menengah mampu menjadi cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.


Untuk mencapai kompetensi seperti di atas, pembelajaran PPKn dirancang berbasis ak􀆟 vitas. Berbagai aktivitas yang dibuat, akan disesuaikan dengan tema kewarganegaraan. Hal itu diharapkan dapat mendorong siswa menjadi warga negara yang bertanggung jawab melalui kepeduliannya terhadappermasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa, negara, dan masyarakat sekitar sampai peradaban dunia. Kepedulian tersebut, ditunjukkan dalam bentuk partisipasi akti f dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan dirinya. Kompetensi yang dihasilkan bukan lagi terbatas pada kajian pengetahuan ataupun keterampilan penyajian dalam bentuk karya tulis akan tetapi, lebih ditekankan kepada keterampilan berbentuk tindakan nyatasebagai perwujudan dari sikap peduli, bertanggung jawab, dan cinta tanah air yang telah terasah dalam diri siswa.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya.

Adapun peran guru adalah meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Oleh karena itu, guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial serta alam sekitarnya.

Adapun daftar isi utama dari Buku Kurikulum 2013 mata pelajaran / bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII Edisi Revisi 2018 di antaranya adalah sebagai berikut:

BAB 1 : Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban dalam Perspektif Pancasila

BAB 2 : Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia

BAB 3 : Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

BAB 4 : Menelusuri Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks NKRI

Download/unduh Buku Kurikulum 2013 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Edisi Revisi 2018 untuk Guru SMA/MA dan SMK/MAK Kelas 12 (Dua Belas) untuk semester 1 dan semester 2 selengkapnya silahkan klik pada tautan yang tersedia di bawah ini:


0 Response to "Buku PPKn Edisi Revisi 2018 Untuk Guru Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK"

Post a comment