Buku Panduan Kerja di Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020/2021 Untuk Pengawas Sekolah

Sahabat Edukasi yang berbahagia… LPPKS (Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah) yang mana untuk website resminya dapat diakses melalui laman http://lppks.kemdikbud.go.id/ telah menerbitkan buku Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Masa Pandemi Covid-19. Di dalam panduan disebutkan bahwasannya Pandemi Covid-19, bukan hanya menjadi musibah tetapi akan menjadi tantangan yang menarik bagi tenaga kependidikan, khususnya Pengawas Sekolah Penggerak.
Mensinergikan tetap bertahan stay at home dengan stay work menjadi hal yang menarik. Pengawas sekolah, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik tetap sehat akan tetapi Pendidikan tetap berjalan mencapai tujuan dan visinya. Jika sinergi ini tetap berjalan dan pandemi ini berakhir, maka akan dihasilkan Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik Era Baru yang terbiasa dengan era digital.

Tujuan : Memberikan panduan kepada Pengawas Sekolah Penggerak agar tetap sehat, tetap aman dan terus bekerja. Indikator : Pengawas Sekolah Penggerak tetap sehat, tetap aman dan tetap bekerja.

Tuntutan : Permendiknas No. 12/ 2007 : Standar Pengawas Sekolah / Madrasah. Kompetensi Pengawas Sekolah: Kepribadian, Supervisi Manajerial, Supervisi Akademik, Evaluasi Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Permendiknas No. 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah, Khusus Lampiran III Menyusun program, melaksanakan pembinaan, memantau pelaksanaan SNP, melaksanakan PKG dan PKS,melaksanakan evaluasi, menyusun program dan melaksanakan dan evaluasibimlat, membimbing pengawas sekolah muda dan madya (untuk pengawas utama).


Strategi Daring :

1. Pendampingan Individual

Beberapa aplikasi dapat digunakan oleh Pengawas Sekolah dalam melakukan pendampingan kepada Kepala Sekolah atau Guru : WhatsApp, Telephone, SMS, Google Form, Microsoft Teams, Zoom, Google
Meet, Webex, dll

2. Pendampingan Kelompok

Beberapa aplikasi dapat digunakan dalam melakukan pengawasan secara kelompok di antaranya : WhatsApp (video call 8 orang), Google Form. Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Webex, dll

Download/unduh selengkapnya Buku Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020/2021 pada tautan yang tersedia pada tampilan di bawah ini:



0 Response to "Buku Panduan Kerja di Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020/2021 Untuk Pengawas Sekolah"

Post a comment