Buku Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2018 Untuk Guru Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Di awal tahun pelajaran tahun pelajaran 2020/2021 ini, saya akan share links download / unduh gratis Buku Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk Guru SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII Edisi Revisi 2018.

Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII untuk SMA/MA dan SMK/MAK ddikembangkan menjadi 2 buku yakni Buku Siswa dan Buku Guru. Buku siswa maupun guru dikembangkan dengan berdasar kepada asumsi bahwa belajar bahasa adalah bagaimana cara siswa membangun pengalaman baru di dalam kegiatan berbahasa dan bersastra berdasarkan pengalaman awalnya.

Asumsi ini menekankan kepada prinsip bahwa sumber belajar bahasa yang otentik adalah pengalaman. Siswa akan belajar bahasa dengan baik jika dipelajarinya terkait dengan apa yang telah diketahuinya. Piaget, misalnya melalui tema skemanya menjelaskan bahwa perkembangan intelektual anak muncul melalui proses penciptaan pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan awal si anak. Sulit dibayangkan bahwa kemampuan berbahasa dan bersastra siswa akan berkembang jika mereka tidak mengalami pengetahuan atau pengalaman barunya dengan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki siswa atau guru. Artinya, belajar berbahasa dan bersastra itu akan lebih bermakna jika para siswa mengalaminya, bukan hanya mengetahuinya. Pembelajaran yang demikian akan megnembangkan kemampuan memecahkan masalah dan membangun literasinya.


Buku teks pelajaran ini dirancang dengan berbasis teks dan pengalaman agar bahasa Indonesia semakin meningkatkan kemambuan berbahasa dan bersastra melalui beragam teks. Untuk mendukung capaian tersebut, buku ini juga dilengkapi dengan membiasakan siswa untuk membaca buku. Hal ini dimaksudkan agar literasi membaca tumbuh dengan baik. Para siswa harus tamat membaca buku paling sedikit 18 judul buku pengayaan (pengayaan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian), buku referensi, dan buku hasil penelitian.

Materi yang akan dipelajari di kelas XII SMA/MA dan SMK/MAK sederajat meliputi surat lamaran, novel, editorial, dan artikel jurnal atau media massa cetak. Di samping itu, materi berupa buku yang wajib dibaca siswa dan guru secara terprogram.

Adapun daftar isi utama dari Buku Kurikulum 2013 mata pelajaran / bidang studi Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII Edisi Revisi 2018 di antaranya adalah sebagai berikut:

Bab 1. Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Bab 2. Menikmati Cerita (Novel) Sejarah

Bab3. Memahami Isu Terkini Lewat Editorial

Bab 4. Menikmati Novel

Bab 5.  Menyajikan Gagasan Melalui Artikel

Bab 6. Menilai Karya Melalui Kritik dan Esai

Download/unduh Buku Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2018 untuk Guru SMA/MA dan SMK/MAK Kelas 12 (Dua Belas) untuk semester 1 dan semester 2 selengkapnya silahkan klik pada tautan yang tersedia di bawah ini:


0 Response to "Buku Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2018 Untuk Guru Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK"

Post a Comment