Panduan Penilaian PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) SD dan SMP

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Panduan Penilaian Keberhasilan Penguatan Pendidikan Karakter merupakan sebuah instrumen untuk menilai keberhasilan program Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah. Panduan penilaian ini merupakan pedoman umum yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai alat untuk membantu sekolah mengevaluasi program dan kegiatan PPK. Sebagai pedoman umum, indikator-indikator dalam panduan penilaian memberikan gambaran umum tentang apa yang perlu dinilai. Sekolah diharapkan dapat menyusun pedoman penilaian tersendiri yang lebih kaya dengan indikator lebih khusus sesuai dengan kebutuhan khas sekolah.

Ciri utama praksis pendidikan karakter adalah adanya otonomi moral yang didukung oleh motivasi internal individu dalam melaksanakan nilai-nilai moral. Dengan demikian, yang menjadi penilai adalah diri-sendiri berhadapan dengan nilai-nilai moral kemanusiaan universal yang terpapar di hadapan individu. Karena itu, seseorang akan keliru menilai kualitas pembentukan karakter seseorang bila hanya melihat dimensi luarnya saja. Ketika pendekatan ini diterapkan dalam sebuah lembaga pendidikan, lembaga pendidikan sebagai tempat pembentukan karakter perlu memiliki otonomi moral kelembagaan, yang tampil dalam diri para pelaku pendidikan. Otonomi moral dalam proses penilaian PPK yang dimaksud adalah bahwa sekolah menilai diri sendiri sejauh mana keberhasilan program PPK yang telah mereka lakukan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pendidikan (guru, siswa, orang tua, dan komite sekolah).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan kepercayaan dan ruang yang luas bagi sekolah untuk jujur dan objektif menilai sendiri keberhasilan program PPK di sekolahnya. Metode koreksi diri, mampu menilai diri sendiri secara jujur dan objektif, merupakan bagian dari revolusi mental kelembagaan yang diharapkan dapat melahirkan praksis pendidikan yang memiliki kualitas moral lebih kokoh. Karena itu, otonomi sekolah untuk menilai keberhasilan PPK lebih diutamakan daripada penilaian oleh instansi atau pelaku lain di luar sekolah, seperti pengawas dari Dinas Pendidikan atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Penilaian program PPK dilakukan di unit sekolah dilakukan secara berkesinambungan, komprehensif, objektif, jujur dan transparan, serta melibatkan para pemangku kepentingan pendidikan yang relevan. Secara berkesinambungan berarti proses penilaian dilakukan secara rutin, reguler, dan terencana dengan baik. Objektif berarti proses penilaian dilakukan sesuai dengan data dan fakta. Jujur berarti proses penilaian dilakukan dengan mengutamakan nilai-nilai kebenaran, tidak memanipulasi data dan fakta. Transparan berarti proses penilaian dapat diverifikasi oleh pihak-pihak lain dan dilaporkan kepada seluruh pemangku kepentingan pendidikan.

Indikator keberhasilan penilaian PPK dilakukan dengan mengacu pada kriteria pengembangan pendidikan karakter utuh dan menyeluruh berdasarkan proses pengembangan dari tahap awal sampai evaluasi. Karena itu, pada tahap awal, sekolah diminta membuat penilaian awal (asesmen awal) pada tahap persiapan untuk menilai titik awal kondisi lembaga pendidikan sebelum diadakan PPK. Kondisi awal ini perlu dipetakan untuk melihat perkembangan-perkembangan yang ada setelah program PPK diterapkan.

Penilaian keberhasilan PPK dilakukan secara internal yang melibatkan pemangku kepentingan (kepala sekolah, guru, wali murid, dan komite sekolah) dan secara eksternal dapat dilakukan oleh pihak-pihak dari luar sekolah yang memiliki kepentingan bersama untuk menyukseskan pelaksanaan Gerakan PPK di sekolah, misalnya tim penilai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayan, Dinas Pendidikan, dan pengawas.

Penilaian dilakukan dengan mendasarkan diri pada Panduan Penilaian PPK. Panduan Penilaian PPK merupakan indikator minimal yang merepresentasikan tata cara pengelolaan dan implementasi PPK sesuai dengan prinsip-prinsip implementasi PPK. Panduan Penilaian PPK dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai acuan untuk mengembangkan penilaian PPK di sekolah.

Download/unduh selengkapnya Panduan Penilaian PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dapat diunduh pada tautan yang tersedia di bawah daftar ini berikut:

Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
PENDAHULUAN
A. Tujuan Asesmen
B. Asesmen Awal
C. Prinsip-prinsip Penilaian
D. Metode Penilaian
E. Penilai PPK
F. Instrumen Penilaian PPK
G. Cara Menghitung Skor PP
H. Cara Membaca Skor Penilaian PPK
DAFTAR ISI
PENUTUP

0 Response to "Panduan Penilaian PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) SD dan SMP "

Post a comment