Macam Jenis Cabang Lomba SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 Lengkap

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Di tahun 2018 ini, berbagai cabang yang diperlombakan dalam rangkaian kegiatan OSN, O2SN, FLS2N, OPSI, OLSN, Gala Siswa Indonesia SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 telah diinformasikan melalui laman Direktorat Pembinaan SMP selengkapnya sebagai berikut :

Dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia agar mampu bersaing pada percaturan regional dan internasional, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan berbagai peraturan turunannya, merupakan indikasi yang sangat nyata upaya Pemerintah Indonesia dalam peningkatan mutu sumber daya manusia agar mampu bersaing dalam era keterbukaan dan globalisasi. Peningkatan mutu itu diupayakan diantaranya melalui lomba-lomba yang dihelat oleh Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lomba-lomba ini diharapkan dapat mewadahi aneka bakat dan minat peserta didik sehingga mampu mengangkat potensi yang dimiliki oleh para siswa. Ada pun ragam lomba-lomba SMP Tingkat Nasional sebagai berikut:

1. Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP mengembangkan wahana kompetisi bagi siswa SMP, MTs atau bentuk lain yang sederajat di seluruh Indonesia dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS. Diharapkan melalui olimpiade ini dapat meningkatkan atmosfer kompetisi secara sehat dan jujur antarsekolah, sehingga sekolah berlomba-lomba mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS.

2. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)

Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) merupakan kelanjutan dari kegiatan pertandingan/perlombaan yang sudah dikenal dan merupakan salah satu kegiatan yang sering dilaksanakan oleh sekolah. Kegiatan ini merupakan suatu wahana bagi siswa untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kesehatan jasmani, dan daya kreativitas.

Terdapat 5 cabang yang diperlombakan pada O2SN 2018 yakni Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Karate, dan Pencak Silat.

3. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)

Dalam upaya pemberian ruang bagi kreativitas dan potensi siswa SMP di bidang seni, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memandang perlu untuk menyelenggarakan aktivitas kesenian untuk mewadahi ekspresi dan kreativitas siswa. Melalui arena berkesenian itu diharapkan dapat dibangkitkan potensi dan talenta siswa sebagai warga masyarakat yang memperlihatkan prestasi karya, sekaligus kebanggaan bagi dunia pendidikan khususnya dan bagi bangsa Indonesia pada umumnya. Untuk itulah tahun 2018 ini Direktorat Pembinaan SMP akan melanjutkan penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP.

Terdapat 5 cabang yang diperlombakan pada FLS2N 2018 yakni Musik Tradisional, Seni Tari, Nyanyi Solo, Gitar Solo, dan Desain Poster.

4. Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI)

OPSI merupakan suatu ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian siswa SMP/MTs/sederajat yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mewujudkan daya saing regional seperti yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019, mewujudkan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2025, yaitu menghasilkan insan Indonesia cerdas dan berkarakter, dan untuk memperkuat implementasi kurikulum 2013 guna meningkatkan mutu pendidikan nasional. Di samping itu kegiatan ini juga untuk memberikan ruang para siswa dalam KIR, guru dan sekolah untuk berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS).

Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) memperlombakan 3 bidang yakni IPA dan Lingkungan; IPS, Kemanusiaan, dan Seni; Ilmu Teknologi dan Rekayasa.

5. Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP

Tekad Indonesia ke pentas dunia bisa jadi langkahnya dipupuk melalui Liga Sepak Bola Siswa Indonesia Tingkat SMP (Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP). Seperti diketahui PSSI telah memancang target untuk mencapai semifinal Piala Dunia sebelum tahun 2045. Generasi emas sepak bola Indonesia tentu harus melalui pengelolaan dan pembinaan semenjak usia dini. Dan Gala Siswa SMP merupakan buah kerja sama dari Direktorat Pembinaan SMP, Dirjen Dikdasmen Kemdikbud dengan PSSI dan KONI. Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP mempertandingkan cabang olahraga sepak bola. Juara I Gala Siswa SMP akan mengikuti kejuaraan internasional.

6. Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN)

Kegiatan OLSN SMP ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas diri siswa dalam bidang seni dan sastra, sekaligus dapat berupaya menginternalisasikan nilai-nilai penumbuhan budi pekerti, memacu kreativitas seni untuk memperkuat pendidikan karakter melalui budaya dan sastra seperti kompetitif, jujur, sportif, dan lain-lain. Di saat yang sama, kegiatan OLSN mampu membangkitkan semangat siswa untuk menyosialisasikan seni dan sastra masing-masing daerah, sehingga antara siswa memiliki sikap menyu­kai, menghargai, dan mengapresiasi budaya lainnya.

Sebagai wujud nyata membentuk generasi literat, dihelatlah  Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) yang terdiri dari 4 cabang yakni Cipta Puisi, Cipta Cerpen Berbahasa Indonesia, Story Telling, Debat Berbahasa Indonesia.

Demikian informasi tentang berbagai macam cabang yang diperLombakan dalam OSN, O2SN, FLS2N, OPSI, OLSN, Gala Siswa Indonesia SMP Tingkat Nasional Tahun 2018. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Referensi artikel :  http://ditpsmp.kemdikbud.go.id

0 Response to "Macam Jenis Cabang Lomba SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 Lengkap"

Post a Comment