Download Silabus OSN SMP Matematika, IPA, dan IPS Tahun 2018

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Berdasarkan pada Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018, bahwasannya Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tahun 2018 memuat kompetensi dan lingkup materi yang akan diujikan pada kegiatan OSN. Materi dalam silabus ini mengacu kurikulum yang berlaku dan silabus olimpiade internasional. Isi silabus ini terdiri atas tiga bidang yang dilombakan yaitu Matematika, IPA, dan IPS.

Diharapkan Silabus ini dapat menjadi panduan dan berfungsi menyatukan pemahaman dan menyamakan interpretasi para guru dan pembina dalam menyiapkan siswa untuk menghadapi Olimpiade Sains Nasional pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional, sekaligus memperjelas arah pembinaan Matematika, IPA, dan IPS.



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
BAB II KOMPETENSI DAN LINGKUP MATERI
A. Matematika
B. Ilmu Pengetahuan Alam
C. Ilmu Pengetahuan Sosial
BAB III PENUTUP

BAB I
PENDAHULUAN

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu program Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan terutama di bidang sains. Hal ini merupakan wadah bagi siswa untuk mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui sains dalam upaya mengembangkan wahana kompetisi bagi siswa SMP/MTS Negeri atau Swasta yang sederajat di seluruh Indonesia di bidang Matematika, IPA, dan IPS. Diharapkan melalui olimpiade ini dapat meningkatkan atmosfir kompetisi secara sehat dan jujur antar sekolah, sehingga sekolah berlomba-lomba mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran dalam mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS dan mengantarkan para siswa Indonesia mencintai sains.

Sejak OSN SMP dilaksanakan, banyak sekolah yang telah termotivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS. Hal tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari kegiatan OSN sudah tampak dan sudah menjadi gerakan nasional untuk mengembangkan pendidikan sains mulai skala sekolah, pembinaan kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Agar dampak positif tersebut dapat meluas dan tersebar di 34 provinsi, perlu dukungan informasi yang dapat membantu sekolah dalam rangka akselerasi program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS terutama dalam rangka Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi dan tingkat Nasional.

BAB II
KOMPETENSI DAN LINGKUP MATERI

Lingkup materi silabus OSN didasarkan kepada Kurikulum 2013 dan silabus olimpiade internasional. Dari ruang lingkup tersebut diperoleh materi-materi soal yang sesuai kebutuhan OSN, selanjutnya materi ini dituangkan dalam silabus OSN. Kompetensi yang diharapkan dari peserta OSN adalah keterampilan-keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills atau HOTS).

Lingkup materi yang tercantum dalam silabus ini merupakan bahan acuan untuk menyusun kisi-kisi soal OSN dan naskah soal OSN yang dapat diinterpretasikan ke dalam tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda. Tingkat kesulitan tersebut dibuat berjenjang, soal untuk tingkat provinsi relatif lebih sulit dibandingkan tingkat kabupten/kota, dan soal tingkat nasional relatif lebih sulit dibandingkan dengan tingkat provinsi. Dengan demikian kompetensi ruang lingkup materi dalam OSN adalah sebagai berikut :


Demikian informasi mengenai Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

0 Response to "Download Silabus OSN SMP Matematika, IPA, dan IPS Tahun 2018"

Post a Comment