Motto UN Tahun 2016 Adalah Ujian Nasional Jujur dan Berprestasi “Prestasi Ya, Jujur Harus”

Sahabat Edukasi yang berbahagia...

Ujian Nasional tahun pelajaran 2015/2016 akan digelar mulai pada tanggal 4-6 April 2016 untuk jenjang SMA, 4-7 April 2016 untuk jenjang SMK, serta 9-12 Mei 2016 untuk jenjang SMP sederajat, lihat jadwal selengkapnya mulai dari UN Utama, UN Susulan, UNBK Utama, dan UNBK Susulan untuk seluruh jenjang pendidikan pada links artikel berikut.

Adapun motto UN tahun pelajaran 2015/2016 ini adalah Ujian Nasional Jujur dan Berprestasi (“Prestasi Ya, Jujur Harus”).

Selanjutnya, tujuan penyelenggaraan UN yang mana UN merupakan amanah Undang Undang Nomor 20 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Selain itu, UN diadakan dalam melaksanakan amanah PP 19/2015 yang direvisi menjadi PP 32/2014 dan PP 13/2015. UN sebagai sub-sistem penilaian dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP) menjadi salah satu tolak ukur pencapaian SNP dalam rangka penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan.

Oleh karena itu, seluruh siswa wajib mengikuti UN untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan siswa secara nasional

Beberapa manfaat UN (Ujian Nasional) tahun pelajaran 2015/2016, di antaranya hasil UN akan digunakan untuk:

1.   pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan,

2.   pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya, dan

3. dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

Terdapat juga beberapa manfaat UN bagi Pemerintah Daerah yang mana dengan adanya Ujian Nasional, maka Pemerintah Daerah dapat memanfaatkan hasil UN tersebut untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah. Pemetaan ini dapat digunakan untuk menyusun program pembinaan untuk satuan pendidikan dan wilayah.

Demikian informasi mengenai motto serta tujuan dan manfaat UN Tahun Pelajaran 2015/2016. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

0 Response to "Motto UN Tahun 2016 Adalah Ujian Nasional Jujur dan Berprestasi “Prestasi Ya, Jujur Harus”"

Post a Comment