Panduan dan Langkah-Langkah Bagi Blogger Agar Situs Blog / Website-Nya Sukses

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Bagaimana cara / langkah-langkah menjadi blogger yang sukses? Pertanyaan senada seperti inilah yang seringkali saya terima dari Rekan-rekan yang kebetulan memiliki blog kepada saya yang masih juga dalam tahap belajar ini. 

Oleh karena itu untuk menjawab pertanyaan yang singkat namun tentunya memerlukan jawaban yang tidak singkat tersebut akan saya coba jawab secara lebih detil melalui update artikel terbaru ini.

Dalam profesi dalam bidang apapun, kesuksesan dalam kinerja akan selalu menjadi salah satu tujuan setiap individu sehingga akan berimplikasi positif juga pada kesuksesan hasil kinerja itu sendiri baik secara finansial maupun kepuasan bathin.

Sebagai seorang blogger pun, dipastikan juga akan mengoptimasi blognya dengan berbagai cara yang masih diizinkan oleh vendornya masing-masing dalam mencapai tujuan yang diinginkan. 

Namun ada beberapa tips di mana seorang blogger dipastikan akan sukses, bukan hanya semakin bertambah jaringan silaturahminya dengan semakin banyak dikenal oleh pengunjung situsnya, akan tetapi juga bertambah pula kredibilitas secara nyata dalam kehidupan sehari-hari, serta adanya peningkatan pendapatan yang mungkin dapat diperoleh dari aktivitas blogger itu sendiri (jika blognya di-monetize).

Berikut beberapa tips bagi rekan-rekan blogger agar mendapatkan sukses dari blog / website-nya dan tentu saja versi dari penulis alias pengalaman pribadi, di antaranya :

1. Membuat situs dengan URL nama pribadi atau setidaknya nama perusahaan, organisasi, maupun komunitas dari pengelola situs (blog / website). Ini penting untuk meraih kepercayaan dari pengunjung bahwasannya pengelola / pemilik situs adalah bertanggung jawab terhadap konten situsnya dengan memberikan informasi yang sebenarnya mengenai siapa pengelola di balik situs yang ia kunjungi. Tak kenal maka tak sayang, dan kejujuran adalah politik terbaik yang akan berbuah kemujuran.

2.   Menulis artikel original (asli) dari pihak pengelola situs, jikapun copy paste dari situs lain, maka tak segan mencantumkan sumber artikel / referensi tulisan berikut links aktif ke sumber aslinya pada halaman posting konten tersebut. Ini penting dalam rangka menjunjung tinggi etika blogger yang baik yakni dengan saling menghormati akan adanya hak cipta blogger lainnya.

3.   Tidak putus asa meskipun isi / konten situs di copy paste oleh situs lain. Daripada menghabiskan waktu untuk mengurusi blog lain yang copas bahkan tanpa mencantumkan links balik ke blog / situs kita, lebih baik buat artikel baru, pastinya mesin pencari akan lebih adil dalam menentukan rating hasil pencariannya. Dan tentunya kesabaran akan berbuah manis di masa-masa mendatang Sobat...!.

4. Sebisa mungkin membalas komentar di situs untuk mempererat tali silaturahmi dengan pengunjung. Ini memang yang paling berat karena untuk situs-situs tertentu yang memiliki kunjungan relatif tinggi mustahil memang dapat memberikan jawaban secara satu-persatu di situsnya. Oleh karena itu untuk beberapa pertanyaan-pertanyaan yang senada dapat dijawab dalam satu artikel update sehingga pengunjung pun tidak bosan untuk kembali mengunjungi situs kita. Salah satu contohnya adalah artikel ini yang saya tujukan khusus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang maksunya senada yakni bagaimana cara menjadi blogger yang sukses itu?

5.   Konten situs selalu diupdate setidaknya dalam 1 minggu ditambah 1 artikel fresh (baru dan original).

6.   Sekali-kali buat postingan (artikel) yang terkait dengan kehidupan pribadi, agar ikatan bathin antara pemilik / pengelola situs dapat lebih mendalam. Semakin kenal secara baik, insya Allaah semakin sayang pula bila pengunjung tidak kembali. J

7. Setiap membuat artikel terbaru, dipastikan benar akurasi datanya, kebenaran ejaan / tulisannya secara umum, maupun tatanan konten lain yang rapi, minim kesalahan (syukur kalau 100 % sempurna) dan jika perlu jangan segan pula untuk memperbaiki konten artikel yang telah lalu jika ternyata ditemukan adanya kesalahan ataupun kelalaian. Perbaikan akan selalu penting untuk menjaring pengunjung baru di situs kita. Manusia yang baik adalah manusia yang selalu mau memperbaiki kesalahan maupun kelalaiannya.

8.   Membangun komunikasi dengan blogger lain, saling membantu, dan saling berbagi pengalaman untuk senantiasa menciptakan suasana perbloggeran yang kondusif dan untuk meningkatkan kompetensi kita dalam merajut karya yang positif melalui internet. Dengan terus menambah dan mempererat silaturahmi, insya Allaah rezeki pun akan semakin bertambah.

9.   Selalu mau belajar kapanpun, di manapun, dan dari manapun, asal bernilai / berkualitas, konstruktif, dan tentu saja baik dan benar secara umum sehingga pengalaman, wawasan, dan juga seluruh hasil dari pembelajan itu akan melahirkan peningkatan kualitas SDM kita yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas kinerja maupun hasil karya kita di lingkungan manapun tak terkecuali dalam rangka share informasi melalui dunia maya / internet yang memiliki jumlah pembaca tak terbatas ini.

Demikian beberapa tips untuk menjadi blogger yang sukses, dan untuk poin-poin tertentu misalnya untuk optimasi iklan, SEO, dan lain sebagainya, insya Allaah akan admin share di kesempatan yang baik berikutnya. Semoga bermanfaat, mohon maaf apabila ada suatu kalimat atau kata yang kurang berkenan bagi Sahabat blogger semua. 

4 Responses to "Panduan dan Langkah-Langkah Bagi Blogger Agar Situs Blog / Website-Nya Sukses"