Pengalaman Adalah Guru Terbaik Kehidupan

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Setahu saya orang yang maju itu adalah orang yang selalu bergerak, orang yang selalu aktif, dan selalu punya inisiatif. 

Banyak hal yang sebelumnya tidak seseorang ketahui, namun karena ada keberanian untuk mau mencoba melakukan dengan serius yakni “bekerja sambil belajar”. Maka sedikit demi sedikit akan biasa dan akhirnya menjadi bisa.

Bisa karena sudah terbiasa, mampu karena sering mengampu, dan hebat karena sering terlibat menjadi kunci dari sebuah pengalaman.

Banyak ahli dalam suatu bidang disebut berpengalaman bukan karena tinggi ijazah ataupun pendidikannya, akan tetapi dari track record (rekam jejak) mereka di mana mereka mengalami sendiri dengan intensif proses demi proses, detil demi detil mulai dari yang kecil hingga yang terbesar, dan dari awal sampai akhir.

Kita pun demikian pula, di kala kesibukan yang cukup padat, di sela-sela tugas yang tak lagi sempat bermain-main dengan hobi. Di saat itulah kesempatan untuk menambah pengalaman baru sedang terbuka.

Dan tentunya dikarenakan kita menerima beberapa tugas dari pimpinan dalam suatu lingkungan kerja, maka fisik kita pun akan kurang istirahat, namun dengan inilah memang kita akan menjadi orang yang berpengalaman bukan hanya dalam 1 bidang tertentu, namun pastinya juga semakin bertambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman serta lambat laun semakin bertambah pula kedewasaan.

Sampai pada saatnya kelak, jika kita diamanatkan menjadi seorang pemimpin, maka kita pun bisa menampilkan jiwa kepemimpinan yang jempolan karena memiliki kompetensi dan juga wawasan yang tak lagi dipertanyakan sekaligus memiliki jiwa kebijaksanaan.

Maka, banyak kerja banyak tahu, banyak tahu, banyak ilmu, dan banyak ilmu semakin maju. Hal ini tentu dalam hal-hal yang positif dan konstruktif. 

Dan benarlah kiranya kalimat bijak “Guru terbaik adalah Pengalaman”. Selamat berkarya Sahabat…! Semoga sukses selalu… Salam Edukasi…!

0 Response to "Pengalaman Adalah Guru Terbaik Kehidupan"

Post a Comment