Solusi Gagal Insert NISN Ke Dalam Aplikasi Dapodikdas Dapodikdas 2014 Terbaru

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Entah mengapa, saya pun belum begitu memahami kenapa push sync dari beberapa Rekan Operator Sekolah ada yang belum berhasil memasukkan / insert NISN ke aplikasi Dapodikdas 2014 melalui mekanisme sync. Padahal saya sendiri telah berhasil mencobanya untuk 2 sekolah dengan 2 laptop yang berbeda, keduanya berhasil terinsert NISN semuanya.

Namun sebelum saya paparkan solusi lain insert NISN selain mekanisme sync, kembali saya ingatkan ada beberapa syarat yang harus terpenuhi agar NISN baru tersebut dapat diinsertkan ke aplikasi Dapodikdas 2014 :

1.   NISN PD harus sudah tidak ada lagi dalam tab “Konfirmasi Data” atau dengan kata lain NISN PD sudah ada pada tab “Referensi” di laman VerVal PD.

2.   NISN PD sudah muncul di bagian Peserta Didik dalam progress pengiriman server Dapodikdas 2014 dengan input Kode Registrasi untuk melihat hasil sync baik antara aplikasi Dapodikdas 2014 dengan server Dapodik maupun dengan server PDSP sendiri.

Setelah kedua hal di atas sudah terpenuhi, maka dapat dipastikan NISN akan dapat terinsert ke dalam aplikasi Dapodikdas 2014 dengan cara sync online seperti biasa. Namun apabila ternyata masih gagal, maka silahkan lakukan cara sebagai berikut :

1.   Download prefill terbaru dari laman ini dengan terlebih dahulu dilakukan generate prefill secara mandiri oleh Operator Sekolah menggunakan Kode Registrasi ataupun NPSN sekolahnya.
2.   Pindahkan prefill hasil unduhan tersebut ke dalam folder “prefill_dapodik” pada drive local C laptop / computer Anda.
3.   Uninstall aplikasi Dapodikdas 2014 melalui “Control Panel”.
4.   Install kembali aplikasi Dapodikdas 2014 v.3.0.0.
5.   Registrasi kembali dengan menggunakan Username dan Password yang sama dengan sebelumnya.
6.   Login ke aplikasi Dapodikdas 2014.
7.   Reload atau tekan F5 1 x pada keyboard, lalu cek pada tab “Peserta Didik”.

8.   Selesai.

Demikian solusi gagal insert NISN dengan mekanisme sync menggunakan instalasi baru dengan prefill terbaru Dapodikdas 2014. Semoga berhasil… Terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

0 Response to "Solusi Gagal Insert NISN Ke Dalam Aplikasi Dapodikdas Dapodikdas 2014 Terbaru"

Post a Comment