Hal-Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sinkronisasi V.2.0.7 Aplikasi Dapodikdas 2013 Dilakukan - Berlaku Sampai Dengan Akhir Bulan Mei 2014

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasannya perbaikan-perbaikan data-data yang kebetulan belum valid pada lembar cek info PTK 2014 saat ini hanya bisa dikirim via sinkronisasi dari versi terbaru aplikasi Dapodikdas v.2.0.7 yang masa berlaku versi aplikasi ini selama 2 bulan, yakni dari awal bulan April sampai dengan akhir bulan Mei 2014.

Oleh karena itu, pada kesempatan di malam hari ini, saya akan share tentang poin-poin penting yang harus diperhatikan sebelum sinkronisasi aplikasi Dapodikas 2013 dengan versi 2.0.7 dilakukan, sebagai berikut :

1.  Pastikan menggunakan versi aplikasi sudah v.2.0.7.

2.   Input data update terkait dengan PTK, PD, Sarpras, dan lain-lain (bila diperlukan).

3.   Pengaturan waktu ke sekarang (Indonesia).

4.   Cecklist / centang keaktifan PTK aktif pada “Penugasan” sampai dengan bulan April (apabila sinkron dilakukan pada bulan April 2014), dan bila sinkron dilakukan pada bulan Mei 2014, maka cecklist pada bagian ini sampai dengan bulan Mei juga dalam hal update data terkait keaktifan PTK ini.

5.   Kemudian, cek kembali kebenaran data sekolah induk / bukan induk dari PTK aktif tersebut.

6.   Cek pada "Jenis PTK” (untuk SD : Guru Kelas & Guru Mata Pelajaran), sedangkan SMP “Guru Mata Pelajaran & Guru Bimbingan Konseling”.

7.   Lihat kembali hasil cek validasi data per-individu PTK yang sudah kita simpan dari hasil cek pada lembar info PTK 2014 dalam format Pdf. Kemudian, pastikan kembali seluruh data-data yang invalid (berwarna merah) telah kita perbaiki semua,

Dan tentu saja, bukan hanya validasi dari data-data yang berwarna merah saja, yang berwarna hitam dan biru pun perlu kita cek kembali, salah satunya pada TMT PNS maupun pangkat terakhir yang akan mempengaruhi jumlah penerimaan tunjangan profesi bagi guru bersangkutan nantinya.

8.   Unduh “Profil Sekolah” dari aplikasi v.2.0.7, cermati dan teliti kembali, khususnya data-data pokok PTK, jenis sertifikasi, JJM, dan lain-lain.

9.   Backup / copy paste ke media penyimpanan Anda, bisa di flash disc atau pada drive “D”, yakni 1 (satu) folder “database” dari folder “Dapodikdas” pada “Program Files” di drive C Anda (upaya antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan).

Saran saya, untuk mempermudah identifikasi data backup Anda, silahkan “database” tersebut disimpan dalam folder baru dengan nama folder “Backup ............( isi dengan tanggal backup data tersebut)”, misalnya, backup data dilakukan pada tanggal 12 April 2014, maka nama folder adalah “Backup 12-04-2014”.

10. Jika sudah dirasa update / perbaikan data pada PTK bersertifikat pendidik sudah optimal dan copy paste “database” pun sudah dilakukan, silahkan lakukan sinkronisasi online via aplikasi Dapodikdas v.2.0.7 dengan jaringan internet “super cepat” Anda.

Setelah sinkronisasi berhasil, kurang lebih 1 jam kemudian, silahkan cek pada progress pengiriman sekolah Anda dengan input kode registrasi Dapodikdas sekolah seperti biasanya. Khusus untuk melihat perubahan data update pada lembar info PTK 2014, mohon bersabar, untuk cek kembali pada links-links cek lembar info PTK selang 1 s.d. 2 minggu ke depan (terhitung dari waktu sinkronisasi berhasil).

Demikian share singkat mengenai hal-hal penting yang perlu kita perhatikan sebelum sinkronisasi v.2.0.7 aplikasi Dapodikdas 2013 pada bulan April 2014 kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam satu data berkualitas...!

3 Responses to "Hal-Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sinkronisasi V.2.0.7 Aplikasi Dapodikdas 2013 Dilakukan - Berlaku Sampai Dengan Akhir Bulan Mei 2014"

  1. pak mau nanya apakah ada hubungan antara status keaktifan pada lembar info ptk dengan pembayaran tunjangan profesi .seperti perivikasi kepala sekolah saya ditriwulan ke 2 0 bulan mohon penjelasannya pak makasih....

    ReplyDelete
  2. betul pa, kasusnya sama. ini TW 3 dan 4 msh 0 padahal keaktifan sdh dicentah semua. apa ada pengaruhnya trhadap pembyaran tunjangan?

    ReplyDelete
  3. saya sudah syncron pake 2.0.7 normal dan sudah ada tanggal selesai synkronisasinya tapi sudah 2 minggu lebih di info PTKnya kok belum berubah

    ReplyDelete