1 Sekolah – 1 Aplikasi Dapodikdas – 1 Laptop / PC - Aplikasi Dapodikdas 2013-2014 Disarankan Menggunakan 1 Komputer Untuk 1 Sekolah

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Setelah memasuki tahun 2014 ini dengan versi aplikasi yang baru pada periode bulan ini yakni v.2.0.6, sistem database aplikasi Dapodikdas 2013 masih sama dengan versi-versi sebelumnya. 

Mengingat database aplikasi Dapodikdas 2013 saat ini terdapat hanya dalam 1 folder yang sama (walaupun lebih dari 1 sekolah), ini berbeda dengan aplikasi pendataan tahun 2012 lalu, dan ternyata apabila mungkin akan digunakan untuk 2 sekolah dalam 1 komputer / laptop yang sama, maka kita harus backup dan restore yang berulang-ulang.

Misalnya, apabila dalam 1 laptop/PC kita digunakan untuk pengerjaan aplikasi Dapodikdas 2013 – 2014 untuk 2 sekolah, katakanlah sekolah A dan sekolah B, maka kita harus restore dahulu database sekolah A apabila akan login ke sekolah A, selanjutnya, apabila kita akan login ke sekolah B maka kita harus backup dulu database aplikasi Dapodikdas itu pada drive lainnya, selanjutnya restore sekolah B agar aplikasi aktif Dapodikdas 2013 tentunya sekolah B, begitu seterusnya.

Menggunakan cara ini (menggunakan 1 komputer untuk 2 aplikasi Dapodidas 2013) selama ini, cara ini tentunya teknis ini sangat tidak efisien dan ribet bukan? Oleh karena hal inilah, saat ini saya sendiripun menggunakan 1 laptop untuk 1 sekolah. berdasarkan pengalaman saya sendiri setelah memasuki semester 2 cukup rentan apabila terjadi kerusakan maka hampir dapat dipastikan data-data dari seluruh sekolah dalam 1 komputer tersebut akan kacau atau bahkan rusak dan mungkin juga hal ini akan berpengaruh negatif pada hasil sinkronisasi pada server Dapodikdas 2013.

Akhirnya, hal ini kita lakukan (menggunakan satu komputer untuk 1 aplikasi Dapodikdas satu sekolah saja) memiliki beberapa tujuan-tujuan penting, selain untuk efisiensi dalam proses pengerjaan aplikasi Dapodikdas, tentunya demi kualitas data, keamanan data-data, kenyamanan dalam proses input dan pemetaan data, termasuk juga demi stabilitas dan performa optimal dari aplikasi Dapodikdas 2013 – 2014 ini sendiri. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

0 Response to "1 Sekolah – 1 Aplikasi Dapodikdas – 1 Laptop / PC - Aplikasi Dapodikdas 2013-2014 Disarankan Menggunakan 1 Komputer Untuk 1 Sekolah"

Post a Comment