Cara / Solusi Mengatasi Gagal Sinkronisasi - "Success Insert Null Table (For Consistency Data), Data Uptodate" Aplikasi Dapodikdas 2013

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Bagi Rekan-rekan yang sudah menggunakan Aplikasi Dapodikdas 2013 versi 2.0.4 dan ketika melakukan sinkronisasi pada aplikasi Dapodikdas 2013 terdapat keterangan "SUCCESS INSERT NULL TABLE (FOR CONSISTENCY DATA), DATA UPTODATE".

Peringatan / warning di atas itu artinya proses sinkronisasi mengalami kegagalan karena adanya beberapa data yang masih salah dalam pengisiannya, coba lakukan hal-hal sebagai berikut :

1.    Periksa kembali kolom pengisian "Data Pribadi" siswa pada bagian Tab Peserta Didik, biasanya disana ada beberapa kolom yang seharusnya dikosongkan, tetapi terisi oleh angka 0 atau tanda "strip" ( - ), seperti pada kolom "Berkebutuhan khusus, Nomor Telepon, Nomor HP, Nama Wali" dan rincian lainnya.. bila benar ada isiannya hapus isian yang bersangkutan.

2.     Pada kolom "Data Rincian bagian Data Periodik" dalam hal pengisian jarak "kurang dari 1 km" meski jaraknya tidak diisi tapi waktu tempuh untuk kolom menitnya harap diisi.

3.  Pada Tab PTK periksa kembali kolom "penugasan" terutama dalam pencentangan Keaktifan PTK, Bulan yang dicentang harus sampai bulan "Nopember".

4.    Pada Tab PTK bagian "Ubah", periksa kembali seluruh pengisian pada bagian "Edit PTK terutama pada kolom NIP, biasanya masih suka ada ditemukan pengisian dari hasil data prefill yang pengisian NIP-nya menggunakan spasi sehingga data NIP hilang sebagian.

5.     Pada Tab PTK bagian "Data Rincian" periksa kembali dalam hal "Tugas Tambahan" dan INGAT teman2  buka saja riwayat ini------>"Rw. Jabatan Struktural"(Guru bukan termasuk di jabatan ini,jadi silahkan di cek dan hapus saja data yang terisi di dalamnya) kolom ini seharusnya bagi guru tidak terisi datanya (dikosongkan), tetapi utk beberapa kasus masih banyak kolom ini yang terisi datanya, bila terjadi seperti ini maka hapus data isiannya.

NB :
Kesalahan ini biasanya juga berpengaruh pada kesuksesan atau keberhasilan unduh "Profil Sekolah" dan "Absensi

Referensi utama artikel : 
Pencerahan tentang Masalah Dapodikdas - http://supiadi74.blogspot.com

7 Responses to "Cara / Solusi Mengatasi Gagal Sinkronisasi - "Success Insert Null Table (For Consistency Data), Data Uptodate" Aplikasi Dapodikdas 2013"

  1. saya sudah mengikuti petunjuk di atas tapi masih SUCCESS INSERT NULL TABLE(....) Bagaimana pak?

    ReplyDelete
  2. saya sudah coba petunjuk diatas, ada yang berhasil, ( saya ucapkan terima kasih ) tapi ada juga yang belum berhasil dengan komentar DATA TIDAK DITEMUKAN ...... ( Bagaimana solusinya pak, bisa saya dibantu!!!

    ReplyDelete
  3. Mas dadang Saya sudah berkali-kali coba sync, dan saya bolak-balik cek data sesuai petunjuk di atas tapi hasilnya tetap aja "Success Insert Null Tabel (For Consistency Data), Data UpToDate" gimana neh pak dadang apa data sekolah kami tidak dapat dikirim??? atau apa akibatnya jika hasil sinkronisasi terus seperti itu. mohon solusinya.

    ReplyDelete
  4. Mas dadang saya dari SDN Tumih, saya sudah pakai cara yang mas upload, tapi masih gagal singkon juga, dan sy jg sudah coba cara off line setelah push up jawabanya sekolah tidak di temukan mohon bantuannya dan ini emeil sekolahan saya sdntumih@gmail.com mohon balas ke emeil ya Tks

    ReplyDelete
  5. Udah saya coba semuanya udah OK, tapi tetp aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentang hal ini, semoga segera ada solusi dari pusat nantinya Pak....

      Delete
  6. Terima kasih atas pencerahannya ya pak, salam kenal

    ReplyDelete