Batas Akhir Pengiriman Dapodikdas 2013 / 2014 Diperpanjang Lagi Atau Tidak ?

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Setelah memasuki minggu terakhir dari batas entry data yang telah dijadwalkan sebelumnya, namun ternyata hingga saat ini masih terdapat berbagai permasalahan yang terjadi akhir-akhir ini, beberapa kendala terkait aplikasi Dapodikdas 2013/2014 yang saya simpulkan dari komentar-komentar pengunjung pada situs www.dadangjsn.blogspot.com di antaranya :

1.   Proses sinkronisasi belum dapat dilakukan, padahal sudah tidak ada “invalid” pada validasi data.
2.      Proses registrasi aplikasi Dapodik 2013 belum dapat dilakukan oleh OPS (Operator Pendataan Sekolah), dikarenakan :
a.      Kesalahan teknis yang terjadi saat proses instalasi aplikasi, maupun penempatan prefill yang belum benar.
b.      Data prefilled / prefill memang belum dapat digunakan, dan biasanya kapasitas / ukuran file prefilled ini sebesar 1 kb saja.
3.   Adanya beberapa kesulitan secara teknis dari beberapa OPS dalam proses entry data serta terdapatnya beberapa fungsi dalam aplikasi yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.
4.      Dan lain sebagainya.

Dari berbagai kendala yang ada saat sekarang ini, apabila deadline dalam proses entri data-data baru maupun pemetaan pada aplikasi Dapodik 2013/2014 benar-benar akan terjadi pada akhir bulan ini (30 November 2013), maka dipastikan hanya beberapa sekolah saja yang akan terjaring dalam sistem pendataan update melalui aplikasi Dapodikdas 2013/2014 tahun ini.

Perpanjangan batas waktu akhir pengiriman Dapodikdas 2013/2014 berkemungkinan akan ditetapkan, mengingat jumlah keseluruhan sekolah pada tingkat Pendidikan Dasar secara nasional baik dari tingkat SD, SMP, maupun Sekolah Luar Biasa pada jenjang pendidikan dasar saat ini lebih dari 185.000 satuan pendidikan, dan jumlah sekolah yang status datanya sudah terkirim pada Direktori Simpul Pendataan Dapodik 2013 baru sekitar 5000 sekolah.

Oleh karena itu, melalui artikel sederhana ini, saya pribadi yang saat ini kebetulan mendapatkan tugas tambahan sebagai OPS pada sekolah di mana saya bertugas sekaligus mewakili Rekan-rekan OPS lainnya yang saat ini belum dapat menginput data-datanya karena beberapa hal di atas, tentu sangat berharap akan adanya kelonggaran waktu ataupun perpanjangan batas akhir dalam penyelesaian pengerjaan aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini.  

Sebagai OPS biasa, saya mengajak kepada segenap OPS Dikdas di Indonesia untuk senantiasa bersabar, tanpa terpancing adanya upaya-upaya provokasi yang ditujukan untuk menyalahkan satu pihak saja, karena sistem pendidikan ini tidak akan pernah berjalan baik tanpa adanya satu visi dan saling kerja sama yang baik antara seluruh elemen pendataan Dikdas itu sendiri khususnya.

Terkait dengan perpanjangan waktu batas akhir pengiriman Dapodikdas 2013, berikut saya share dari salah satu artikel di http://dapodikpenengahan.blogspot.com, yang berhubungan dengan informasi terupdate seputar batas akhir pengiriman aplikasi Dapodikdas 2013/2014 yang berkemungkinan besar akan diberikan batas waktu perpanjangan sesuai dengan pertimbangan, kebijaksanaan, serta kebijakan yang akan ada nantinya, Amiin… Berikut penjelasan dan kesimpulan pentingnya :

MUDAH-MUDAHAN BISA MENGURANGI KEGALAUAN OPERATOR DAPODIKDAS

Kesimpulan dari paparan yang disampaikan oleh narasumber pada saat sosialisasi Dapodikdas, Bapak Andien (Bagian P2TK Dikdas) dan Bapak Adam (Tim Pengembang Dapodikdas Pusat) :

1.     Semua Permasalahan yang terjadi pada Aplikasi Dapodikdas akan segera dicarikan solusi secepatnya seiring dengan akan dikeluarkannya Patch yang terbaru 2.0.4.

2.    Perihal data PD/PTK yang tidak masuk dalam Tabel Utama itu dikarenakan Sistem Sinkronisasi yang memang ada sebagian yang terkendala di server sehingga akan di berikan solusi di patch 2.0.4, dan tak perlu khawatir karena data pun sudah tersimpan di data server/penampungan sementara dalam aplikasi.

3.     Perihal Deadline 30 November 2013 itu dikarenakan adanya tuntutan Pusat agar data di terima per 1 Desember 2013, namun Pihak Dapodik pun tidak yakin untuk itu min 90% terlaksana dikarenakan sampai saat ini saja masih sekitar 2% data yang terkirim ke server pusat.

4.    Perihal Sinkronisasi yang banyak mengalami kesulitan, dapat dikatakan Tugas Operator pada dasarnya hanya mencakup sampai data 0 Invalidnya (dengan versi 2.0.3 ) sehingga jika nantinya keluar patch terbaru yaitu patch 2.0.4 diharapkan mampu meminimalisir masalah yang ada pada saat sinkronisasi. Meskipun pada saat ini sudah banyak yang dapat melakukan sinkronisasi dengan versi 2.0.3. (meski harus dengan cara merangkak dan terseret-seret)

5.     Sebisa mungkin bukan berarti kita sebagai Operator dapat sedikit santai meskipun pada dasarnya deadline 30 November itu menjadi acuan (tadi dikatakan yang penting data untuk semester I/II sudah beres sebelum 1 Februari 2014 ).

6.      Untuk Tunjangan Profesi yang belum turun juga Tahun Ajaran 2012/2013 (Triwulan 2-4) Sesegera mungkin diurus sebelum tanggal 1 Desember 2013, jika lewat dari itu maka Uang yang seharusnya dibayarkan untuk Tunjangan Profesi akan dikembalikan ke kas Negara lagi.

7.    Apabila ada Operator yang sudah mendapatkan patch versi 2.0.4 RC, jangan dulu dipergunakan karena dapat mengacaukan data anda yang ada pada aplikasi. Patch 2.0.4 secara resmi akan di luncurkan melalui : infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id

Kurang dan lebihnya itu yang dapat disampaikan. Bila ada kata serta pemahaman dari kalimat-kalimat di atas yang kurang dimengerti mohon dimaafkan. Sekedar Share hasil Sosialisasi Dapodikdas

Referensi sebagian artikel  :
Team Cyber Dapodik Kec. Penengahan Kab. Lampung Selatan

Info terbaru update 19 Desember 2013 : Batas akhir pengiriman entry data Dapodikdas 2013 diperpanjang kembali hingga pertengahan bulan Februari 2014. Artikel selengkapnya, silahkan klik di sini... Terimakasih...

9 Responses to "Batas Akhir Pengiriman Dapodikdas 2013 / 2014 Diperpanjang Lagi Atau Tidak ?"

  1. Trims. Smoga Allah SWT senantiasa memuliakan Pak Dadang JSN. Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin... Ya Allah Ya Robbal 'Alamiin... Terimakasih atas do'a baik dari Pak Ahmad Wiyadi, salam kenal, dan semoga senantiasa sehat dan sukses selalu di sana... Sekali lagi terimakasih...

      Delete
  2. Assalamualaikum.

    Berarti jika pada batas waktu 30 November ini blm selesai jg apa tidak apa? Saya sudah sangat stres sekali krn masih banyak yg invalid. Sementara selalin menjadi operator saya juga mengajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh... Kira-kira seperti itulah Pak... Terimakasih...

      Delete
  3. Gan, , instalasi patch 2.04 sudah berhasil diinstal, bisa login
    dengan sukses tanpa kendala.... setelah direstart kok expired
    lagi..... mohon bantuan/solusinya..... terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan di OK pak, klik kanan --> reload

      Delete
    2. Iya Pak Ikhsan, benar saran dari Bu Nurul tersebut, atau dapat juga dilakukan klik 1 x "F5" pada saat halaman "expired" tersebut muncul, dan tentunya jangan diklik "OK". Terimakasih...

      Delete
  4. pak, mohon bantuannya, ketika saya upload sinkronisasi offline kenapa selalu muncul tulisan 'tolong lengkapi isian anda'?
    sebelumnya terimakasih atas infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal saya sudah mengisi data dengan benar

      Delete