Panduan Cara / Solusi Mengatasi Gagal Login Aplikasi PMP 2016 Versi 1.3

Sahabat Operator Dapodikdasmen di tahun pelajaran 2016/2017 yang tetap berbahagia walaupun PR masih menumpuk... :)

Dalam kesempatan kali ini, saya akan share solusi / cara mengatasi masalah gagal login aplikasi PMP yang selama ini seringkali dipertanyakan oleh Rekan-rekan Operator Dapodik, eee Operator PMP juga... :) yakni saat aplikasi PMP sudah berhasil dilakukan update versi dari versi 1.2 ke versi terbaru aplikasi PMP versi 1.3 ehh malah gagal login yang penampakannya seperti pada gambar di bawah ini:

Whoops, looks like something went wrong.

1/1ContextErrorException: Warning: pg_connect(): Unable to connect to PostgreSQL server: FATAL: password authentication failed for user "dapodik_user" in C:\Program Files (x86)\PMP\dataweb\pmp\src\Admin\Preface.php line 0
in C:\Program Files (x86)\PMP\dataweb\pmp\src\Admin\Preface.php line 0
at ErrorHandler->handle('2', 'pg_connect(): Unable to connect to PostgreSQL server: FATAL: password authentication failed for user "dapodik_user"', 'C:\Program Files (x86)\PMP\dataweb\pmp\src\Admin\Preface.php', '0', array('tipe' => 'utama', 'dbms' => 'pgsql', 'str' => 'host=localhost port=54532 dbname=pendataan user=dapodik_user password=*AC67764462B6D4C373263062D60EDC6E462E674D*')) in C:\Program Files (x86)\PMP\dataweb\pmp\src\Admin\Preface.php line 0
at Preface::initdb() in C:\Program Files (x86)\PMP\dataweb\pmp\src\Admin\Preface.php line 0
at Preface::getDataByQuery() in C:\Program Files (x86)\PMP\dataweb\pmp\src\Admin\Auth.php line 0
at Auth->loginBaru(object(Request), object(Application))
at call_user_func_array(array(object(Auth), 'loginBaru'), array(object(Request), object(Application))) in C:\Program Files (x86)\PMP\dataweb\pmp\vendor\symfony\http-kernel\Symfony\Component\HttpKernel\HttpKernel.php line 117
at HttpKernel->handleRaw(object(Request), '1') in C:\Program Files (x86)\PMP\dataweb\pmp\vendor\symfony\http-kernel\Symfony\Component\HttpKernel\HttpKernel.php line 61
at HttpKernel->handle(object(Request), '1', true) in C:\Program Files (x86)\PMP\dataweb\pmp\vendor\silex\silex\src\Silex\Application.php line 504
at Application->handle(object(Request)) in C:\Program Files (x86)\PMP\dataweb\pmp\vendor\silex\silex\src\Silex\Application.php line 481
at Application->run() in C:\Program Files (x86)\PMP\dataweb\pmp\web\index.php line 4

Berhubung langkah-langkahnya lumayan panjang, maka jawabannya tidak saya publish secara lengkap dalam menjawab di media sosial akan tetapi saya posting melalui blog kesayangan kita semua ini... Amin...

Berikut panduan / cara lengkap sebagai solusi gagal login aplikasi PMP Tahun Pelajaran 2016/2017 yang mana pada saat ini berada pada versi terakhir 1.3 ini (lakukan secara teliti, berurutan, dan benar mulai nomor 1 s.d. 10), selengkapnya yakni:

1.  Pastikan Anda sudah sinkronisasi aplikasi Dapodik V.2016b. Sambil membaca terus postingan ini, ada beberapa file penting di bawah ini:
a.   File prefill Dapodik Anda saat ini.
b.   File installer aplikasi Dapodik V.2016b.
c.   File installer aplikasi PMP V.1.2.
d.   File updater aplikasi PMP V.1.3.
2.   Jika pada point nomor 1 di atas, sudah berhasil Anda unduh pada komputer Anda silahkan lakukan uninstall aplikasi PMP V.1.3 dan juga Aplikasi Dapodik V.2016b.
3.   Reboot / restart komputer Anda.
4.   Setelah itu pindahkan prefill Dapodik yang sudah Anda download pada point 1a di atas ke drive C pada folder prefill_dapodik (jika menghilang folder tersebut, silahkan dibuat lagi). Links generate dan unduh prefill terbaru silahkan klik di sini.
5.   Langkah selanjutnya, silahkan install komputer Anda menggunakan installer aplikasi Dapodik V.2016b (ingat, bukan dengan menggunakan file patch / updater V.2016B, tapi menggunakan installer full Aplikasi Dapodik V.2016 yang dapat diunduh pada links berikut).
6.   Kemudian lakukan registrasi kembali di Aplikasi Dapodikdasmen V.2016b secara offline, setelah berhasil, silahkan lakukan sinkronisasi menggunakan aplikasi Dapodik V.2016b secara online.
7.   Setelah sinkronisasi berhasil, silahkan install kembali Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) menggunakan installer Aplikasi PMP V. 1.2 yang dapat diunduh pada tautan berikut.
8.   Kemudian lakukan login ke aplikasi PMP V.1.2.
9.   Setelah tampilan gagal login muncul seperti ini. Tenang saja, jangan tutup halaman tersebut, minimize web browser Anda lalu install patch Aplikasi PMP ke versi 1.3 menggunakan file patch aplikasi PMP yang dapat diunduh pada tautan berikut.
10. Buka kembali halaman aplikasi PMP pada web browser Anda tadi pada http://localhost:1745/, lalu refresh / tekan tombol F5.


11. Selesai.

Demikian panduan singkat sebagai solusi gagal login aplikasi PMP Versi 1.3 pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 untuk jenjang SD, SMP, SLB, SMA, dan SMK. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam satu data berkualitas dan tuntas...!

0 Response to "Panduan Cara / Solusi Mengatasi Gagal Login Aplikasi PMP 2016 Versi 1.3 "

Post a Comment