Beberapa Hal Yang Dapat Dilakukan Saat Rindu Pada Orang Tua / Keluarga di Kampung Halaman

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Di antara Rekan-rekan saya di sini dipastikan sebagian besarnya adalah perantauan, terlebih bagi rekan-rekan guru yang sudah berstatus PNS meski melaksanakan tugas di tempat yang jauh dari kampung halaman alias tanah kelahirannya.

Bagi rekan-rekan yang tempat tugasnya tidak jauh dari kampung halaman, katakanlah hanya antar kabupaten/kota dalam satu provinsi mungkin tidak masalah jika harus Pulkam (pulang kampung) seminggu sekali atau satu bulan sekali kala liburan.

Akan tetapi beda halnya dengan Rekan yang bertugas jauh antar provinsi atau bahkan antar pulau seperti saya ini, pulang kampung pun belum tentu bisa dilakukan 1 tahun sekali, karena selain waktu perjalanan yang lama jika ditempuh dengan perjalanan darat juga karena alasan ekonomi jika melalui transportasi udara.

Namun di saat ini, adanya peran teknologi informasi, keinginan untuk bertemu dengan keluarga di kampung halaman insya Allah dapat diredam dengan beberapa tips lainya, selengkapnya sebagai berikut :

1.   Lakukan komunikasi yang lebih intens dengan orang tua dan saudara via telephon, video call, atau via media sosial (Medsos) seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.

2.  Jika di kampung halaman Anda terbatas akses telekomunikasi, silahkan kirimkan photo atau video mungkin video tentang Anda, keluarga, dan anak terlucu Anda misalnya agar dapat dilihat orang tua Anda, silahkan kirimkan filenya melalui CD atau DVD melalui Kantor Pos atau jasa pengiriman lainnya.

3. Kerinduan yang seringkali datang itu jadikan motivasi lebih untuk semakin meningkatkan kuantitas dan kualitas usaha dan kinerja Anda agar bisa semakin membanggakan bagi keluarga kita di kampung halaman.

4. Meningkatkan ibadah kepada Allah SWT serta selalu berdo’a akan kesehatan seluruh keluarga, panjang umur, dan diberikan kesempatan sekaligus rezeki agar kita bisa mengunjungi orang tua dan keluarga kita di kampung halaman pada liburan yang akan datang.

5. Positif dalam menyikapi kesendirian jauh dari keluarga di kampung halaman untuk meningkatkan daya kemandirian dan meraih sebanyak-banyaknya pengalaman hidup dari rantau.

Dan masih banyak hal lain yang tentunya dapat disyukuri seluruh hal-hal baru, anak-anak didik yang baru, teman baru, dan berbagai pengalaman-pengalaman baru di tempat Anda bertugas ataupun tempat tinggal sekarang.

Akhirnya, yakinklah selama pengalaman itu baik nantinya akan dapat juga bermanfaat baik ke depannya termasuk juga untuk modal penting ketika kita sudah kembali ke kampung halaman nantinya. Aamiin…

Demikian beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kerinduan yang luar biasa untuk pulang kampung halaman untuk bertemu dengan ibu, ayah, maupun saudara lainnya berdasarkan pengalaman pribadi ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Beberapa Hal Yang Dapat Dilakukan Saat Rindu Pada Orang Tua / Keluarga di Kampung Halaman"

Post a Comment