Tips / Cara Berkomunikasi Efektif Untuk Mendapatkan Kepercayaan dan Kesuksesan

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Arti kata / definisi dari komunikasi berdasarkan KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Selain itu komunikasi juga berarti hubungan / kontak.

Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi ini pada hakikatnya tidak hanya hal yang saling melakukan aksi, berhubungan, mempengaruhi, antarhubungan (interaksi) antara 2 orang atau lebih, akan tetapi juga pada 1 orang pun dapat terjadi hubungan komunikasi, dan tentu saja komunikasi ini tidak melibatkan orang lain, akan tetapi melibatkan potensi ataupun sumber daya yang ada pada seseorang tersebut.

Komunikasi pada diri seseorang salah satu contohnya adalah ketika aktivitas evaluasi diri ataupun introspeksi diri yang merupakan komunikasi internal dengan diri sendiri dilakukan. Komunikasi pada diri seseorang tersebut melibatkan indera, hati dan pikirannya, misalnya seperti halnya ketika adanya seseorang telah merasa berdosa yang dilandasi atas dasar iman, secara logika ada suatu hal yang masih diijinkan akan tetapi bagi hati, suatu hal tersebut tidak sesuai dengan kehendak Tuhan yang dapat diketahui oleh seseorang melalui “suara hati” dari dalam sanubarinya sendiri.

Dan selanjutnya, dalam komunikasi internal ini akan melahirkan keputusan ataupun bahkan modal dalam berkomunikasi dengan orang lainnya, mana kalimat yang yang baik lagi benar, sopan, tidak menyakitkan, dan sebagainya, karena simulasi pikiran sekaligus rasa telah diolah dalam komunikasi dengan dirinya sendiri sebelumnya sehingga semua rasa termasuk juga respon dan reaksi dalam sebuah sesi komunikasi tersebut seakan telah dapat dirasakan dalam diri seseorang saat evaluasi diri berhasil / efektif tentunya.

Keahlian seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lainnya akan sangat berdampak besar bagi seseorang tersebut, karena secara umum apa yang dikatakan, gerak-gerik, serta apa yang ia lakukan akan menjadi bahan kesimpulan bagi orang lainnya dalam menilai orang lainnya, sehingga dari kemampuan komunikasi inilah akan terbentuk citra, reputasi, hingga pada kesimpulan siapa kita.

Dalam kehidupan sehari-hari, konsistensi dalam komunikasi pun seringkali saya temukan dalam berbagai bentuk, sampai pada kesimpulan seseorang telah menganggap bahwasannya seseorang tersebut tidak konsisten. Contoh, dalam suatu ketika, seseorang ibu (sebut saja Bu A) memanggil tetangganya yang bernama “B” dengan sebutan “Bu B”, akan tetapi di lain tempat dan suasana Bu A tersebut memanggil Bu B dengan disebutkan langsung namanya yakni “B”. Tentu saja ini menjadi sebuah penilaian bagi Bu B dalam menilai Bu A, bahwasannya Bu A ada indikasi tidak konsisten.

Oleh karena itu, dalam berkomunikasi pun ada yang namanya seni komunikasi, di mana komunikasi itu unik, harus bisa menyesuaikan dengan siapa kita berbicara, tema komunikasi yang harus tepat dengan suasana dan keadaan yang sedang terjadi, serta disampaikan dengan tutur bahasa yang sekiranya tetap konsisten, basa-basi yang tidak basi, komunikasi yang diselipi humor tanpa melecehkan, dan berkomunikasi yang bernilai.

Kepercayaan seseorang kepada seseorang lainnya pun seringkali diawali dari komunikasi, komunikasi yang konsisten, apa adanya, dan tentunya disimpulkan oleh fikiran masuk akal dan nilai-nilainya dapat pula diterima di hati. Melalui sarana komunikasi yang baik dan efektif, selain adanya kepercayaan diri juga di sanalah akan ada pula potensi besar untuk mendapat kepercayaan dari orang maupun pihak lainnya untuk melibatkan Anda dalam meraih kesuksesan bersama.

Sehingga dapat disimpulkan di bidang apapun, dengan siapapun, komunikasi selalu menjadi awal yang baik untuk memberikan gambaran siapa kita dari awalnya, dan dengan mematangkan ilmu komunikasi, insya Allah kesuksesan hidup pun akan semakin mudah di raih di manapun kita berada. Aamiin… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips / Cara Berkomunikasi Efektif Untuk Mendapatkan Kepercayaan dan Kesuksesan"

Post a Comment