Kunci Sukses Dalam Hidup

Sahabat Edukasi yang berbahagia...

Dalam perjalanan hidup yang terus maju ini, kata sukses seringkali menjadi obsesi bagi setiap orang. Sukses sendiri pun memiliki definisi yang cukup luas. Akan tetapi secara bahasa sukses memiliki 2 arti yang lebih spesifik yakni berhasil dan beruntung.

Kata berhasil dapat diartikan mendatangkan hasil, ada hasilnya, atau efektif (berhasil guna). Sedangkan kata beruntung dapat diartikan mendapat laba, bernasib baik, mujur, bahagia, berhasil (maksudnya, usahanya, tidak gagal).

Dan jika dikaji sebenarnya berhasil tak akan terwujud tanpa faktor keberuntungan, demikian juga, sesuatu tidak bisa dikatakan beruntung jika sesuatu itu tidak berhasil bukan?

Oleh karena itu, kita dapat mengambil kesimpulan bahwasannya faktor yang menyebabkan keberhasilah perlu juga didukung dengan keberuntungan yang datangnya dari Tuhan. 

Keberuntungan yang berasal dari Tuhan pun tidak sekonyong-konyong datang, akan tetapi perlu diusahakan dengan do’a serta iman (percaya) tanpa ada ragu-ragu, bahwasannya Tuhan akan memberikan keberuntungan bagi seseorang yang selalu mengedepankan kebaikan dalam setiap usaha sampai dengan tujuannya.

Jadi syarat untuk mendatangkan keberuntungan ini adalah kita harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas baik, berperilaku baik, berpikiran baik, berhati baik, hingga dapat melahirkan tujuan yang baik pula.

Untuk berhasil dalam setiap bidang, kita perlu memahami mekanismenya, ada ilmu, ada kemampuan, ada modal (tidak harus uang, seperti kepercayaan), dan sebagainya, semuanya dapat dicapai dengan pembelajaran yang terus menerus, pantang putus asa, dan juga terus mengasah kemampuan serta terus mengembangkan minat dan bakat yang telah ada pada setiap diri kita.

Ingat sobat, kesuksesan akan terjadi ketika telah ada kesempatan dan persiapan. Untuk menjelaskan hal ini, saya akan memberikan contoh kejadian nyatanya sebagai berikut :

Suatu ketika ada lowongan pekerjaan pada posisi yang strategis dan bergaji tinggi, dan syaratnya adalah S-1, bisa program komputer dan internet, bahasa Inggris aktif, dan sebagainya. Saat itu kita telah mendapatkan S-1 sekaligus bisa mengoperasikan komputer maupun internet, akan tetapi sayang, kita belum bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara aktif, tentu kesempatan ini kita belum memenuhi syarat, sehingga kesempatan akan lewat begitu saja karena kita kurang persiapan yakni kita tidak siap dalam komunikasi berbahasa Inggris tersebut.

Dan seandainya jauh hari kita telah mampu berbahasa Inggris aktif, maka kesempatan yang ada tersebut tentu saja berpeluang besar kita dapatkan bukan.

Dalam hal lainnya pun berlaku demikian, di mana kemampuan merupakan persiapan, perbanyak pengalaman Anda, maka setiap kesempatan yang akan datang niscaya akan selalu menjadi keberuntungan-keberuntungan bagi kita. Dan pada akhirnya kesuksesan-kesuksesan dalam hidup ini pun dapat kita raih. Aamiin...

Sahabat... Seorang anak yang dulunya memiliki cita-cita ingin jadi guru, dan ternyata di usiannya telah memasuki 25 tahun, ia pun benar-benar menjadi guru, tentu ini bisa dibilang anak tersebut berhasildalam tujuannya dalam mewujudkan cita-cita menjadi guru PNS karena syaratnya terpenuhi, lulus Sarjana Pendidikan, sehat jasmani dan rohaninya, serta lulus tes seleksi CPNS.

Dan tentu dalam berbahagai bidang lainnya pun, rumus ini pastinya berlaku di mana sesuatu yang sudah dipersiapkan adakalanya untuk sementara memang tidak berguna, akan tetapi pada suatu ketika, saat ada kesempatan (peluang) maka yang paling siap dipastikan yang paling beruntung.

Maka, marilah kita perbanyak persiapan-persiapan dalam hidup bukan hanya skill (keterampilan) ataupun wawasan ilmu pengetahuan namun juga pola pikir yang positif dan karakter baik mulai kita bangun sedikit demi sedikit, maka seluruh pemikiran baik serta sikap baik dalam hidup yang sudah terbangun tersebut akan dapat semakin memperkokoh konstruksi hidup kita masa depan yang lebih baik lagi, sehingga kesuksesan dalam hidup pun dapat kita raih. Aamiin… Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Sukses…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Kunci Sukses Dalam Hidup"

Post a Comment