Manfaat Positif Bagi Guru Yang Mempunyai Hobi Ngeblog

Sahabat Edukasi yang berbahagia…. 

Di era kemajuan teknologi yang semakin pesat ini, tak ayal lagi blog yang dulunya diperuntukkan hanya untuk mengutarakan keseharian kehidupan seseorang secara pribadi, kumpulan karya-karya pribadi, namun saat ini fungsi dan manfaat blog sudah ikut berkembang pula.

Seperti halnya blog pribadi saya ini, yang dulunya saya dedikasikan seputar hal yang saya sendiri alami, kemudian seiring dengan adanya tugas tambahan dalam bidang manajemen pendidikan tertentu yang diberikan baik oleh sekolah maupun stake holder pendidikan di wilayah tempat tugas saya. Maka saat ini pun isi dari blog ini pun terus mengalami perluasan konten yakni untuk umum namun masih dalam zona pendidikan tentunya.

Kembali ke tema sahabat… Lalu siapa saja yang boleh ngeblog (memiliki blog)? Ya tentu saja semua pengguna internet mempunyai hak untuk memiliki blog, tak terkecuali guru. Blog pun tidak harus berbayar, layanan Google pun telah menyediakan blogspot-nya seperti halnya yang saya gunakan pada blog ini.

Mengelola blog pun bukan merupakan hal sulit, ketika sepulang dari sekolah, apalagi di hari libur seperti hari Minggu ini, ngeblog bisa dijadikan aktivitas pilihan tentunya.

Berikut beberapa kegunaan ataupun manfaat positif bagi guru yang memiliki hobi blog berdasarkan riset pribadi pada diri sendiri maupun pada blogger-blogger lain yang kebetulan berprofesi sebagai guru, sebagai berikut :

1.   Mengasah Ketelitian

Menulis artikel pada blog sebenarnya memang tidak sulit alias mudah, asal pemilik blog telah menguasai bidang apa yang akan ia tulisnya tersebut, seperti halnya guru dalam mengajar, ia akan dapat mudah menyampaikan materi sehingga peserta didik pun dapat memahami apa yang bapak/ibu guru sampaikan juga dikarenakan adanya penguasaan materi pelajaran oleh guru.

Namun dalam dunia blogging ini, pembacanya bukan semata siswa saja, akan tetapi sesama guru yang sebaya, guru senior, dosen, dan dari berbagai kalangan pembaca. Oleh karena itu kualitas penulisan artikel menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru yang terbiasa ngeblog, dan proses ini tentu saja berawal dari beberapa kesalahan yang segera diperbaiki secara terus-menerus dengan penuh keseriusan dan kehati-hatian.

2.   Memperluas Wawasan

Apa yang ditulis seseorang sebagian besar adalah karena adanya pengalaman, buku yang dibaca, maupun sumber informasi lain yang telah didapatkan sebelumnya. Dengan adanya hobi ngeblog ini, guru akan memiliki motivasi tersendiri untuk senantiasa meningkatkan wawasan yang bahkan tidak hanya pada lingkup bidang studi (mata pelajaran) yang diampunya saja, melainkan juga meluas ke bidang-bidang lain yang tentu saja akan menunjang dalam kualitas serta efektifitas pembelajaran di sekolah.

3.   Mengembangkan Jaringan dan Teman

Kita sudah ngeblog artinya kita siap untuk dilihat oleh seluruh pengguna internet, jika ada yang memiliki latar belakang sama, baik asal daerah yang sama atau sesama guru dapat diawali perkenalan melalui kunjungan antar blog. Dan selanjutnya tidak menutup kemungkinan di beberapa kesempatan nantinya dapat bertemu langsung dan ini dapat menambah jaringan dan teman.

4.   Sebagai Referensi Belajar Bagi Siswa Yang Sinkron Dengan Pembelajaran

Seringkali sebagai guru, peserta didik kita haruskan mencari sumber referensi di internet. Dengan adanya blog, maka peserta didik kita akan dapat menjadikan blog gurunya sebagai salah satu referensi dan bahkan dapat menjadi inspirasi untuk berkarya bagi mereka kelak.

Dan selain hal-hal positif sebagai manfaat ngeblog bagi guru, tentu saja masih ada beberapa hal lainnya yang insya Allaah akan saya publikasikan pada kesempatan selanjutnya. Sekian dulu Sahabat… Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Manfaat Positif Bagi Guru Yang Mempunyai Hobi Ngeblog"

Post a Comment