Cara Cek / Mengetahui NUPTK Padamu Negeri 2015

Sahabat PTK yang berbahagia… 

NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) merupakan kode identitas unik yang diberikan kepada seluruh Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Staf) di seluruh satuan pendidikan (Sekolah) di Indonesia. NUPTK dibangun oleh Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas tahun 2006.

Seiring dengan program Reformasi Birokrasi, NUPTK sejak tahun 2011 dikelola oleh Sekretariat Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPKPMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam perkembangannya, NUPTK menjadi syarat utama seluruh PTK untuk dapat mengikuti program-program Kementerian lainnya, antara lain:

1.   Sertifikasi PTK
2.   Uji Kompetensi PTK
3.   Diklat PTK, dan
4.   Aneka Tunjangan PTK

Hasil pencarian NUPTK ini menghasilkan unduh formulir yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi dan validasi NUPTK. Terdapat 4 formulir bagi PTK, yaitu :

1.  Formulir A01 : bagi PTK yang sekolahnya terdaftar dan masih aktif pada sekolah tersebut
2.  Formulir A02 : bagi PTK yang datanya masih terdaftar pada sekolah sebelumnya, sehingga harus dikoreksi sekolah tersebut menjadi sekolah tempat bertugas saat ini
3.   Formulir A03 : bagi PTK yang keberadaannya pada sekolah belum diverifikasi, sehingga harus ditempatkan pada sekolah tempat bertugas saat ini
4.   Formulir A04 : bagi PTK yang menjadi Pengawas Sekolah.

Langkah pencarian dapat dilakukan sebagai berikut :

1.   Kunjungi website http://padamu.kemdikbud.go.id.

2.  Isikan salah satu dari Nama/NUPTK dan Kota Lokasi Sekolah Induk, kemudian klik CARI DATA.

3.   Dari data hasil pencarian lakukan klik UNDUH pada data yang sesuai, untuk mendapatkan formulir sesuai dengan diri Anda.

4.   Tentukan status anda, kemudian UNDUH FORMULIR yang ditampilkan

5.   Cetak formulir tersebut kemudian lakukan pengisian dan lengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Bawa formulir dan persyaratan ke bagian terkait untuk dilakukan verval.

Demikian panduan/cara mencari dan menemukan NUPTK Padamu Negeri 2015 yang admin share dari Kitab Panduan Padamu Negeri tahun pelajaran 2014/2015 yang dapat diunduh dari laman http://bantuan.siap-online.com. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

0 Response to "Cara Cek / Mengetahui NUPTK Padamu Negeri 2015"

Post a Comment