Panduan Cara Verval PD 2014 Pada Menu Residu ; Klik Match Atau Not Match (Sesuai / Tidak Sesuai)

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam kesempatan yang baik ini, saya akan kembali share panduan cara verval PD 2014 pada menu residu ; klik match atau not match (sesuai / tidak sesuai) selengkapnya sebagai berikut:


MENU AWAL (HOME)

Menampilkan diagram lingkaran (pie chart) yang menunjukkan persentase perbandingan data referensi yaitu siswa yang sudah sesuai (warna biru) dan residu yaitu siswa yang belum sesuai (warna hijau), serta progress harian validasi siswa yang telah dilakukan oleh operator sekolah.

MENU REFERENSI

Menampilkan data siswa yang sudah sesuai antara di DAPODIK dengan di PDSP. Data Referensi dapat dilihat perwilayah baik provinsi, kabupaten kota, kecamatan, maupun sekolah, sesuai dengan yang diinginkan.

MENU RESIDU

Menampilkan data siswa yang harus diperbaiki karena belum sesuai antara data di DAPODIK dengan data di PDSP. Untuk melihat data tertentu, bisa dilakukan filter (pemilihan) sesuai dengan data yang ingin dicari berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MELAKUKAN VALIDASI PADA MENU RESIDU ADALAH:

A. Contoh untuk data yang langsung Sesuai (Match)

1.   Klik menu Residu, akan muncul tabel atas (data DAPODIK) berisi nama-nama siswa.
2.   Klik salah satu siswa yang akan divalidasi misal Devangga Restu Agusta.
3.   Klik Search Next untuk melakukan pencarian data yang ke-1, akan muncul tabel bawah (data PDSP) berisi Defangga Restu Agusta.
4.   Klik di sebelah kiri Defangga Restu Agusta di tabel bawah (data PDSP) karena Devangga Restu Agusta di tabel atas (data DAPODIK). merupakan orang yang sama dengan Defangga Restu Agusta di tabel bawah (PDSP) meski berbeda penulisan v dengan f.
5.   Klik Match. Maka nama Devangga Restu Agusta yang telah divalidasi akan hilang dari Residu dan masuk ke dalam Referensi dengan nama Devangga Restu Agusta (hal ini bisa di cek di menu Referensi).

B. Contoh untuk data yang Tidak Sesuai (Not Match)

1.   Klik Residu, akan muncul tabel atas (data DAPODIK) berisi nama-nama siswa.
2.   Klik salah satu siswa yang akan divalidasi misal Muhamad Asrof Al Baqi.
3.   Klik Search Next untuk melakukan pencarian data yang ke-1, akan muncul tabel bawah (data PDSP) berisi Muhamad AI Fian (nama yang berbeda dengan Muhamad Asrof Al Baqi).
4.   Klik Search Next untuk melakukan pencarian data yang ke-2, pada pencarian data yang ke-2 tidak ditemukan Muhamad Asrof Al Baqi sampai pencarian yang ke-5 (ke-lima) juga tidak ditemukan Muhamad Asrof Al Baqi.
5.   Maka klik Tidak Sesuai (Not Match). Secara otomatis Muhamad Asrof Al Baqi akan muncul di Referensi dengan NISN baru yaitu 9994727518 (hal ini bisa di cek di menu Referensi).

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Panduan Cara Verval PD 2014 Pada Menu Residu ; Klik Match Atau Not Match (Sesuai / Tidak Sesuai)"

Post a Comment