Info Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2014 – Total Hadiah 31 Juta dan Medali Emas Terbaik Dari UPU (Universal Postal Union)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Dalam kesempatan kali ini saya akan share informasi mengenai lomba / kompetisi terbaru di awal tahun 2014 bagi anak didik kita dalam bidang menulis yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika melalui publikasi brosur sebagai berikut ini.

Dalam rangka partisipasi Indonesia pada International Letter-Writing Competition for Young  People 2014 dengan tema ”Write a letter describing how music can touch lives” yang dilaksanakan oleh Universal Postal Union (Perhimpunan Pos Sedunia), Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, akan menyelenggarakan Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2014 pada 28 Januari s.d. 28 Februari 2014.


TEMA

Tema kegiatan Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2014 disesuaikan dengan tema International Letter-Writing Competition for Young People 2014 :

Tulislah sebuah surat yang menceritakan bagaimana musik dapat menyentuh kehidupan

Sebagai sumber inspirasi penulisan atau referensi, peserta dapat membuka website, buku-buku, atau mewawancarai para tokoh musik.

KETENTUAN LOMBA

1.     Persyaratan Peserta

a.   Remaja yang berusia maksimal 15 (lima belas) tahun terhitung sampai dengan 30 April 2014.
b.   Warga negara Indonesia
c.   Peserta belum pernah menjadi Pemenang I, II,dan III pada Lomba Menulis Surat Remaja Nasional Tahun 2012 dan 2013.
d.   Setiap peserta hanya boleh mengajukan satu surat (karangan).

2.   Persyaratan Surat

a.   Isi surat sesuai dengan tema yang telah ditetapkan.
b.   Surat yang ditulis terdiri atas antara 500 s.d. 800 kata.
c.   Surat ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku.
d.   Asli, bukan terjemahan/saduran,dan belum pernah dilombakan/ dipublikasikan.
e.   Penulisan surat dapat menggunakan mesin tik, komputer, atau dengan tulis tangan.
f.    Peserta tunanetra mengirimkan hasil karyanya dalam huruf Braille dengan menyertakan transkrip huruf latin.
g.   Bentuk dan teknik penyajian surat dilakukan sesuai dengan tata penulisan surat pada umumnya, misalnya pencantuman tempat dan tanggal pengiriman,alamat surat yang ditu]u, salam pembuka/penutup, dan tanda tangan pengirim surat.
h.   Surat dapat ditujukan kepada seseorang/tokoh atau benda tertentu sesuai dengan imajinasi peserta, contoh : Guru musikku yang kubanggakan, Biolaku yang kusayang, atau yang lainnya).
i.    Isi surat yang bercerita tentang musik (musik tradisional, nasional, atau internasional) yang dapat menyentuh kehidupan.

3.   Pengiriman surat

a.   Pengiriman surat (naskah karangan) sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, yakni batas akhir pengiriman tanggal 28 Februari 2014 (cap pos).
b.   Peserta wajib menyertakan fotokopi identitas diri (misalnya kartu pelajar,surat pengantar/keterangan dari yang berwenang) yang sah dan mencantumkan data diri lainnya sebagaimana disebutkan dalam formulir terlampir, yang dapat diunduh (download) melalui laman (website) Kementerian Komunikasi dan Informatika (www.kominfo.go.id), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (www.kemdikbud.go.id), dan PT Pos Indonesia (www.posindonesia.co.id).
c.   Surat (naskah karangan) dikirimkan kepada:
Panitia Lomba Menulis Surat Remaja Nasional Tahun 2014
d.a. Direktorat Pos
Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Gedung Sapta Pesona, Lantai 6
Jalan Medan Merdeka Barat No. 17
Jakarta 10110
atau
PO BOX 888 Jakarta Pusat

4.   Mekanisme Penilaian

a.   Surat yang masuk akan dinilai oleh Dewan Juri yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika.
b.   Penilaian dilakukan berdasarkan criteria : aspek bentuk dan kerapian, penerapan kaidah bahasa, kesesuaian isi dengan tema, serta gaya penyajian.
c.   Penilaian tahap pertama akan dilakukan pada 18 – 19 Maret 2014 dan pengumuman nominasi pemenang pada 20 Maret 2014. Peserta yang masuk nominasi akan mengikuti pengujian tahap berikutnya pada 27 – 28 Maret 2014.
d.   Dewan Juri akan melakukan validasi keabsahan karya nominasi pemenang lomba melalui tanya jawab atau wawancara.
e.   Peserta nominasi akan mendapat pembekalan (tutorial, pencerahan) dari narasumber mengenai teknik, bahasa, dan penulisan surat.
f.    Setelah mendapat pembekalan, peserta nominasi diminta kembali membuat/menulis surat (pengujian
g.   langsung) untuk menetapkan tiga surat/peserta terbaik, yaitu Pemenang I, II, dan III. Pengumuman nama Pemenang I, II,. dan III akan dilakukan pada tanggal 29 Maret 2014 dan dapat dilihat melalui website Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, atau PT Pos Indonesia.
h.   Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.

5.   Penghargaan

a.   Para pemenang lomba akan diberi penghargaan berupa trofi, sertifikat, dan kompensasi hak cipta penulisan dalam bentuk uang tunai dengan perincian sebagai berikut:
  • Pemenang I : sebesar Rp. 12.000.000,00
  • Pemenang II : sebesar Rp. 10.000.000,00
  • Pemenang III : sebesar Rp. 9.000.000,00

b.   Kompensasi tersebut akan dikenai pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

6.  Tindak Lanjut

Surat terbaik (pemenang) pertama akan dikirimkan ke International Bureau Universal Postal Union (UPU) untuk diikutsertakan dalam International Letter~Writing Competition for Young People 2014.
Penghargaan yang disediakan oleh UPU berupa :
  • medali emas bagi Pemenang I.
  • medali perak bagi Pemenang ll, dan
  • medali perunggu bagi Pemenang III,serta sertifikat dan hadiah lainnya.

Penyerahan penghargaan dan hadiah tersebut direncanakan akan dilakukan pada Hari Pos Sedunia, 9 Oktober 2014.

7.   Penyelenggara

Panitia penyelenggara Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2014 adalah Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika. Panitia ini mempunyai hak tidak terbatas dan berkesinambungan terhadap karya cipta surat-surat yang dilombakan untuk mengedit, mendisribusikan, mempublikasikan, mereproduksi, dan/atau menerjemahkannya ke dalam bahasa lain.

Alamat Panitia Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2014 :
Direktorat Pos
Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Jalan Medan Merdeka Barat No. 17, Jakarta 10110
Telp. 0213835927, Faks. 02138362870

Referensi artikel : Pos Indonesia

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Info Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2014 – Total Hadiah 31 Juta dan Medali Emas Terbaik Dari UPU (Universal Postal Union)"

Post a Comment