Cara Sinkronisasi Dapodikdas Offline - Tanpa Terhubung Dengan Jaringan Internet - Solusi Alternatif Gagal Sinkron Aplikasi Dapodikdas 2013 – 2014

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Rekan-rekan OPS semuanya, kembali saya mencoba share info terkait proses sinkronisasi pada patch v.2.0.4 sekaligus untuk melengkapi ataupun sebagai kelanjutan dari share artikel-artikel online saya sebelumya tentang sinkronisasi dari aplikasi Dapodikdas 2013, yakni Cara Sinkronisasi Offline Dapodikdas 2013 maupun Cara Sinkronisasi Manual Dapodikdas 2013 yang telah terposting di blog ini juga pada bulan lalu. 

Terimakasih kepada seluruh pengunjung www.dadangjsn.blogspot.com yang tetap sabar untuk terus menemukan solusi-solusi demi rangkaian proses panjang dan melelahkan bagi Sahabat-sahabat OPS semuanya. Keep spirit and never give up all…!!! :)

Kita semua tahu, versi demi versi telah berhasil mengupdate aplikasi Dapodikdas 2013 hingga pada versi 2.0.4 saat ini, namun jika masih ditemukan hal-hal yang sebenarnya sangat tidak kita semua harapkan, namun alangkah baiknya, jika kita tetap menerima dengan baik hasil upaya dan kerja keras dari seluruh Tim Pengembang Aplikasi Dapodikdas 2013 dalam upaya memperbaiki performa aplikasi Dapodikdas 2013 hingga pada v.2.0.4.  

Sehubungan dengan proses sinkronisasi, untuk sementara ini memang masih agak sulit dan bahkan perlu dilakukan berulang-ulang dikarenakan server Dapodik Ditjen Dikdas Kemdikbud yang sering overload dikarenakan banyaknya akses baik cek sinkronisasi maupun banyaknya proses sinkronisasi yang terus meningkat kapasitasnya.

Terkait dengan hal ini, Tim Dapodikdas menyarankan melalui kiriman tersemat dalam grup FB Info Pendataan Dikdas pada hari ini, disampaikan oleh Sdr. Ragil Indaryanto, sebagai berikut:

Bagi Rekan-rekan yangg sudah selesai editing data serta berhasil syncron, kalau blm lakukan penambahan data yang signifikan mohon untuk nggak terlalu sering lakukan syncron ulang, untuk memberi kesempatan temen-temen lain yg belum berhasil agar server nggak terlalu overload, terimakasih…

Selanjutnya informasi senada juga telah disampaikan melalui grup yang sama, yang disampaikan oleh Sdr. Dadan Hamdani, sebagai berikut :

Sekedar informasi untuk yang mengalami SYNKRONISASI GAGAL
Pemberitahuan dari kang Yusuf Rokmat pukul 13:17 hari ini, 1/12/2013 langsung dari SOLO
Sistem belum sempurna, tunggu saja mudah-mudahan minggu ini beres. Tidak usah terburu-buru ingin sync, toh akhir pengiriman/ sync diperpanjang hingga 31 Desember 2013.

Jadi untuk sekarang silahkan cek data dan perbaiki kekurangannya, kalaupun sudah beres tinggal istirahat saja. Terimakasih…

Khusus mengenai cara sinkronisasi Dapodikdas offline (tanpa terhubung dengan jaringan internet) kali ini terdiri dari 3 tahapan yang  saya kutip dari sumber yang tentunya terpercaya juga, yakni dari Sdr. Darda A. Manaf yang telah terpublikasi melalui Grup FB Info Pendataan Ditjen Dikdas ini juga, sebagai berikut :

Ada beberapa keluhan dari operator dapodik yang telah selesai, namun tidak tahu bagaimana cara sinkronisasi dengan offline (tanpa terhubung dengan jaringan internet). Berikut beberapa tahapan yang harus dilakukan :

Tahap Pertama:

1.      Buka alamat: http://localhost:6969/index_standalone.php
2.    Login dengan user/email, Koreg, dan password yg sesuai dengan aplikasi anda
3.      Jika berhasil login dan ada menu sinkronisasi, klik menu tersebut
4.      Tunggu beberapa detik sampai ada keterangan sinkronisasi berhasil
5.      Jika berhasil ada keterangan ada file yang harus diunduh
6.   Unduh file tsb.. kemudian buka explorer folder download, cari file "Data_Send_to_Sync.syc"
7.      Copy file tsb ke FD (jika mau lewat FD) selesai tuk tahap pertama

Tahap kedua:

1.      Cari komputer yang terhubung dengan akses internet
2.      Buka alamat: http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/upload
3.      Masukkan datanya dan browse file Data_Send_to_Sync.syc
4.      Klik upload
5.      Jika upload berhasil ada keterangan file yang harus diunduh
6.     Unduh file tersebut nama filenya: KOREGMASING2_Receive_to_Sync.syc
7.      Copy file tersebut, lalu masukkan ke FD (jika memakai FD).

Tahap ketiga:

1.    Buka alamat http://localhost:6969/index_standalone.php di komputer yang terinstal Dapodikdas tadi.
2.      Login seperti tahap pertama.
3.      Tampilan di alamat tersebut akan beda yang tadi ada menu sinkronisasi sekarang menjadi "Push Up".
4.      Klik “Browse” : cari file "KOREDMASING2_Receive_to_Sync.syc".
5.      Klik “Push up”.
6.      Tunggu beberapa detik.
7.  Buka aplikasi Dapodikdas anda, lihat di beranda kolom update log sinkronisasi akan ada keterangan tanggal dan waktu mulai sinkron dan selesai sinkron.

Maka file hasil sinkronisasi tahap pertama juga tersimpan di drive C:/Program Files/Dapodikdas/dataweb/synch/listfile - buka folder terupdate - Data_Send_to_Sync.syc

Demikian dahulu share tentang info terbaru sinkronisasi data aplikasi Dapodikdas 2013. Semoga bermanfaat bagi Rekan-rekan OPS semuanya, terimakasih atas segala kesabaran yang telah pengunjung tampilkan melalui komentar-komentar Anda semuanya pada setiap artikel-artikel kami. 

Ucapan terimakasih dari kami juga untuk Rekan-rekan OPS yang sudi memberikan masukan, saran positif, serta share pengalaman suksesnya di sini. Sekali lagi terimakasih semuanya dan semoga sukses selalu untuk Anda semuanya… Amiin… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

15 Komentar di "Cara Sinkronisasi Dapodikdas Offline - Tanpa Terhubung Dengan Jaringan Internet - Solusi Alternatif Gagal Sinkron Aplikasi Dapodikdas 2013 – 2014"

  1. Tahap 2, langkah 2, error connect.
    Bagaimana itu Kang?

    ReplyDelete
  2. Inilah adanya yang saya share dari ahlinya... Mohon bersabar Sahabat untuk menemukan solusi selanjutnya... Terimakasih...

    ReplyDelete
  3. Kalo ditahap 1,yang tampil langsung "push data",
    gimana itu kang?

    ReplyDelete
  4. “Tidak usah terburu-buru ingin sync, toh akhir pengiriman/ sync diperpanjang hingga 31 Des. 2013” (Hamdani, dlm Dadang)
    Saya belum bisa mengiyakannya!
    Saya sdh empat puluhan kali melakukan sync, tak pernah berhasil. Saya akan terus-terus melakukan sync sebelum hasil update data saya tercover pada progress pengiriman di situs resmi dapodik. Sesunggauhnya, apa yang saya sedang alami mungkin sama seperti teman-teman lainnya: “untuk membuktikan kolaborasi laptop/computer dgn aplikasi dapodik cocok/berhasil”.

    ReplyDelete
  5. Dapodikdas 2013 telah berhasil menyebarkan kegamangan bagi saya selaku OPS.

    ReplyDelete
  6. pengecekan tabel kosong...maksudnya apa ya kang...Tq

    ReplyDelete
  7. saya bingung pak. data saya pas mau d sinkron jadi berubah dan bertamabah, contoh PD d aplikasinya 145 tapi d layar sebelum sinkron jadi 334 gmn ini solusinya pak . trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkait hal ini, server masih dalam perbaikan Pak... Terimakasih...

      Delete
  8. data send to sync sdh diambil & receive to sync jg sdh.. tp wktu dipush-up kok gagal terus ya Pak.. sy ragunya ukuran file receivenya kok cm 1kb/32bytes?? apa ada yg salah ya Pak.. trimksih sbelumnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Upayakan dengan menggunakan sinkronisasi online saja Pak/Bu..., bila perlu cari lokasi lain yang tersedia jaringan internet stabil dan sudah ada Rekan OPS lain berhasil melakukan sync online dari tempat tempat tersebut...

      Delete
  9. setelah di push up muncul tulisan sekolah tidak ditemukan gimaqna solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban saya, sama dengan di atas Pak/Bu... Terimakasih...

      Delete
  10. pak, klo kita lupa kode registrasinya bagaimana solusinya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan diminta kode registrasi kembali ke KK-Datadik Disdik Kabupaten/Kota setempat Pak Rendy..

      Delete