Penerimaan Seleksi Rekruitmen Calon ASN Tahun 2024 Dibuka Juga Untuk Lulusan Baru (Fresh Graduate)

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Di tahun 2024, pemerintah dipastikan akan membuka peluang rekruitmen calon ASN (Aparatur Sipil Negara) baik CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) bagi lulusan baru (fresh graduate) maupun PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Informasi terkait akan adanya rekruitmen CPNS dan PPPK tahun 2024 ini berdasarkan pengumuman pemerintah yang disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Jokowi melalui media sosial instagram beliau pada hari Jum'at, 5 Januari 2024 terkait dengan kepastian akan adanya rekruitmen ASN tahun 2024 ini. 

Presiden menyampaikan dalam menghadapi distrupsi teknologi yang sangat pesat, pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi dan mendorong peningkatan kinerja serta akuntabilitas pemerintah. Pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru (fresh graduate) dengan membuka formasi CPNS tahun 2024 sebanyak 690.000 orang yang tersebar di instansi pusat sebanyak 207.000 dan di instansi daerah sebanyak 483.000.


Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan pengangkatan ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN di mana tahun 2024 ini dilakukan rekruitmen sebanyak 1.600.000 formasi yang belum diangkat sebagai PPPK. Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan serta serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan.  Sehingga tahun ini kita akan membuka rekrutmen ASN sebanyak 2.300.000 formasi.

Melalui kesempatan ini, Presiden Jokowi mengundang saudara-saudara talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik. Demikian informasi ini disampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Edukasi!

0 Response to "Penerimaan Seleksi Rekruitmen Calon ASN Tahun 2024 Dibuka Juga Untuk Lulusan Baru (Fresh Graduate)"

Post a Comment