Profil Pelajar Pancasila sebagai Identitas Bangsa Oleh Endang Mursita Rahma

Profil Pelajar Pancasila atau biasa disebut dengan P3 merupakan perwujudan dari etintas dan identitas Bangsa Indonesia sebagai karakter dan identitas Bangsa Indonesia. Profil pelajar pancasila sebagai muara pendidikan Nasional karena mengandung nilai-nilai luhur yang menjadi akar pendidikan sebagai nilai penghayatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan Bangsa Infonesia. Profil Pelajar Pancasila sebagai metode untuk menanamkan nilai-nilai karakter bangsa yang dapat dilakukan di lingkup sekolah, mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Harapan dari adanya Profil Pelajar Pancasila dapat menjadikan manusia yang memanusiakan manusia sesuai dengan ajaran Ki Hadjar Dewantara bahwa mendidik dan mengajar merupakan proses memanusiakan manusia dengan memerdekakan segala aspek baik fisik, mental, jasmani dan rohani. Kegiatan pembelajaran dilakukan tanpa paksaan dan mengedepankan minat serta bakat peserta didik dalam pembelajarannya.

 

Pendidikan akan membawa seseorang untuk memiliki nilai-nila positif dalam melakukan aktivitas dalam kehidupan hal ini tertuang dalam 6 aspek Profil Pelajar Pancasila yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, mandiri, gotong royong, berwawasan global, kreatif, bernalar kritis, dan berkebinekaan. Keenam aspek tersebut selalu mengajak untuk berbuat baik dan positif dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat bahkan hingga lingkup terkecil yaitu lingkup keluarga. Sejatinya keluarga merupakan salah satu komponen utama sebagai pelaku pendidikan, sesuai dengan ajaran Ki Hadjar Dewantara yaitu Tripusat Pendidikan (Sekolah, masyarakat, dan keluarga). Pendidikan karakter dapat dioptimalkan dengan memaksimalkan Tripusat pendidikan (lingkungan sekolah, masyarakat, dan keluarga) sebagai sarana tumbuh kembang seorang anak.


 

Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran yang berpihak pada peserta didik dalam pendidikan Abad 21 berupa melakukan pembelajaran yang mengakomodasikan peseta didik untuk dapat berfikir secara kritis, aktif, dan kreatif. Kegiatan pembelajaran tersebut dapat dituangkan melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan PjBL (Project Based Learning).

 

Problem based learning adalah model pembelajaran yang mengutamakan seberapa aktif peserta didik dalam selalu berpikir kritis dan selalu terampil ketika dihadapkan pada penyelesaian suatu permasalahan. Proses dari alur bagaimana peserta didik belajar ini tergantung dari seberapa kompleks permasalahan yang dihadapinya. Project based learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai subjek atau pusat pembelajaran, menitikberatkan proses belajar yang memiliki hasil akhir berupa produk. Artinya, peserta didik diberi kebebasan untuk menentukan aktivitas belajarnya sendiri, mengerjakan proyek pembelajaran secara kolaboratif sampai diperoleh hasil berupa suatu produk. Itulah mengapa kesuksesan pembelajaran ini sangat dipengaruhi oleh keaktifan peserta didik.

 

Kedua model pembelajaran tersebut mengajak/menuntut siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran melalui aktivitas mengamati, menalar, menanya, mencoba, mengomunikasikan dan menalar (5M). Hal tersebut dapat dilakukan dengan kegiatan berdiskusi kelompok. Peserta didik dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil secara heterogen untuk menanamkan sikap persatuan dan tidak membeda-bedakan teman. Kegiatan berdiskusi dapat membantu peserta didik untuk saling menghargai terhadap pendapat orang lain. Berdiskusi juga dapat mencerminkan sikap  untuk saling tolong menolong degan sesama teman. Implementasi penerapan Profil Pelajar Pancasila di sekolah dapat dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler, intrakurikuler dan budaya sekolah. Contoh penerapannya seperti membiasakan sikap saling menyapa, membantu dan menolong di lingkungan sekolah. Sekolah sebagai agen utama dalam penerapan karakter peserta didik sehingga Profil Pelajar Pancasila dapat diterapkan di lingkungan sekolah secara maksimal.

Pengirim : Endang Mursita Rahma Email : endangmursita@gmail.com

Ingin karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com GRATIS,  info lebih lanjut silahkan klik di sini.

0 Response to "Profil Pelajar Pancasila sebagai Identitas Bangsa Oleh Endang Mursita Rahma"

Post a Comment