Memaknai Implementasi Nilai BerAKHLAK dan Tata Nilai TIDAR di UNTIDAR oleh Ipung Hananto, M.Pd, Latsar CPNS Kementerian Perhubungan, Gelombang I, Angkatan 4 – Kelompok 2 Tahun 2022

Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional merupakan ASN yang berkarakter dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Di samping itu juga memiliki nilai-nilai dalam implementasinya di lapangan. Dalam hal ini, pemerintah telah memberikan arahan supaya Instansi Pemerintah dan Daerah dapat menerapkan nilai dasar (core value) ASN BerAKHLAK melalui Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN. Terkait hal tersebut, Lembaga Administrasi Negara (LAN) telah menetapkan nilai-nilai Dasar ASN BerAKHLAK yang dijadikan sebagai materi wajib dipelajari oleh setiap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ketika mengikuti pelatihan dasar (latsar) pada saat masa percobaan dalam satu tahun. Nilai-nilai Dasar ASN BerAKHLAK, merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

BerAKHLAK menjadi dasar sebagai panduan perilaku bagi ASN. Nilai dasar tersebut hendaknya dijalankan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab, serta dapat menjadi fondasi maupun budaya kerja bagi ASN yang profesional. Selain itu juga diharapkan menjadi titik tonggak dalam penguatan etos kerja, sebagaimana amanat dari Bapak Presiden Joko Widodo, “ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama.”



Terdapat tujuh nilai-nilai dasar BerAKHLAK yang dapat dimaknai Berorientasi Pelayanan, yaitu komitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat; Akuntabel, yaitu bertanggung jawab terhadap kepercayaan yang diberikan; Kompeten, yaitu sikap untuk terus belajar dan mengembangkan kapabilitas diri; Harmonis, yaitu peduli dan menghargai perbedaan; Loyal, yaitu memiliki dedikasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara; Adaptif, yaitu terus berinovasi dan antusias dalam menghadapi perubahan; dan Kolaboratif, yaitu menjalin kerja sama yang sinergis. Bersamaan dengan pencanangan core values ASN BerAKHLAK, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga mencetuskan employer branding #BanggaMelayaniBangsa. Branding tersebut menunjukkan bahwasanya ASN merupakan profesi yang bangga dalam melayani bangsa, dengan kebanggaan tersebut diharapkan ASN mampu menyeimbangkan harapan dan ekspektasi organisasi ataupun masyarakat terhadap dirinya. Dengan terbangunnya pemahaman yang baik dan benar tentang Core Values dan Employer Branding ASN maka dapat terwujud ASN profesional yang berfungsi dengan baik sebagai pelayan publik, pelaksana kebijakan publik, serta sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Menyambung hal di atas, dalam rangka penguatan budaya kerja sebagai salah satu strategi transformasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi menuju tata kelola Perguruan Tinggi yang lebih maju, maka telah ditetapkan tata nilai (core values) pegawai Universitas Tidar (UNTIDAR) yang telah tercantum dalam Keputusan Rektor UNTIDAR Nomor 2274/UN57/K/HK.02/2021 tanggal 1 September 2021 tentang Peta Jalan Reformasi Birokrasi Universitas Tidar Tahun 2020 – 2024. Core values yang harus diterapkan oleh seluruh pegawai di lingkungan UNTIDAR adalah TIDAR, merupakan akronim dari Tangguh, Integratif, Dedikatif, Aktif, Responsif.

Terdapat lima core values TIDAR yang dapat dimaknai sebagai berikut, Tangguh adalah nilai yang mengandung makna sukar dikalahkan, kuat, dan handal. Dalam melaksanakan kegiatannya sivitas akademika dan tenaga kependidikan mempunyai tekad yang kuat untuk menjalankan prinsip-prinsip organisasi yang sehat, mandiri (independent), memiliki otonomi (autonomous), dan mampu mengarahkan dirinya (self-directed) agar mampu meningkatkan kesejahteraan serta daya saing Perguruan Tinggi; Integratif adalah nilai yang mengandung makna jujur, objektif, berani, konsisten, dan konsekuen.

Nilai Perguruan Tinggi selain bergantung pada kompetensi sivitas akademika juga sangat dipengaruhi oleh integratif atau keinginan keras untuk melakukan sesuatu. Integratif adalah itikad untuk mengkombinasikan dan mempertahankan prinsip, etika profesionalisme, dan konsistensi dalam menjaga konsekuensi pada pelaksanaan tugas, dan kemampuan untuk bertanggung jawab yang dilandasi dengan sifat jujur, objektif, dan berani. Oleh karena itu integrative merupakan hal yang paling fundamental dan akan mempengaruhi keseluruhan perilaku individu dan kelompok dalam melaksanakan kewajiban dan memberikan tanggung jawab atas tugas-tugas yang diembankan kepadanya; Dedikatif adalah nilai yang mengandung makna kata yang bersifat pengabdian. Nilai dedikatif ini mengantarkan insan cendekia UNTIDAR untuk memiliki daya pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negara pada umumnya dan lembaga pada khususnya. 

Pengabdian yang dilakukan sivitas akademika diharapkan dapat melahirkan nilai-nilai perilaku yang mencerminkan tata nilai yang dianut oleh UNTIDAR. Implementasi tata nilai pengabdian tersebut dapat dilakukan oleh sivitas akademika yang masih aktif dalam kegiatan di lingkungan Universitas Tidar maupun sivitas akademika yang telah menjadi alumni; Aktif adalah nilai yang mengandung unsur giat, dinamis, dan bertenaga. Nilai aktif yang dikaitkan dengan akal seseorang yang dipercaya merupakan komponen dari proses good governance. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik serta public trust dan menciptakan iklim manajemen yang efektif dan efisien; Responsif adalah nilai yang mengandung unsur cepat (suka) merespons, bersifat menanggapi, tergugah hati, dan bersifat memberi tanggapan (tidak masa bodoh). Nilai responsif ini dikaitkan dengan rasa yang beretika, dimana Perguruan Tinggi menerapkan etika untuk peraturan dan efisiensi kinerja. Tata nilai atau core values tersebut menjadi dasar penguatan budaya kerja di UNTIDAR untuk mendukung pencapaian kinerja individu dan tujuan organisasi.

Dikirimkan oleh : Ipung Hananto, M.Pd (Email : hananto2655@gmail.com). Latsar CPNS Kementerian Perhubungan, Gelombang I, Angkatan 4 – Kelompok 2 Tahun 2022.

Mau..? Karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com GRATIS seperti ini,  silakan klik di sini.

0 Response to "Memaknai Implementasi Nilai BerAKHLAK dan Tata Nilai TIDAR di UNTIDAR oleh Ipung Hananto, M.Pd, Latsar CPNS Kementerian Perhubungan, Gelombang I, Angkatan 4 – Kelompok 2 Tahun 2022"

Post a Comment